Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Virtual Credit Card

VCC adalah kependekan dari Virtual Credit Card. Sebagai salah satu alat pembayaran untuk melakukan transaksi online, pada mulanya VCC hanya dibuat dan digunakan untuk transaksi pembayaran online yang bersifat sementara. Namun demikian, di era digital ini, sudah banyak orang yang melakukan pelayanan transaksi online dengan menggunakan VCC.

Para blogger, businessman maupun para peselancar internet yang berkecimpung di media online sangat menyukai layanan VCC. Layanan ini cepat, aman dan sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis online. Mulanya sistem pembayaran yang biasanya digunakan oleh masyarakat adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Namun, banyaknya pengguna kartu kredit yang terjun di bisnis online maka banyak pengguna kartu kredit yang melakukan transaksi secara online pula. Hal tersebut mendorong munculnya VCC sebagai jasa pembayaran transaksi secara online.

Dalam bentuk virtual, VCC dibuat dengan tujuan utama melindungi kartu kredit utama Anda sehingga Anda sebagai pemilik kartu kredit dapat menyembunyikan identitas sebenarnya saat melakukan transaksi secara online.

Selain itu, sistem pembayaran menggunakan VCC juga dianggap lebih praktis, cepat dan aman dari pembobolan kode kartu kredit yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

#Fungsi Virtual Credit Card

  • VCC dapat digunakan untuk melakukan transaksi belanja online. Melakukan pembelian domain, software dan pembelian barang-barang lainnya.
  • Melakukan verifikasi akun online Anda. VCC dapat memudahkan Anda melakukan verifikasi secara online. Beberapa situs web yang melakukan verivikasi anggotanya dengan VCC adalah Loffer, Google Adwords, Paypal Etsy, Cqout, Amazon dan Payza.

#Jenis- Jenis Virtual Credit Card

  • VCC Instant

VCC Instant merupakan aplikasi kartu kredit virtual yang proses pembuatannya sangat cepat dan mudah. Digunakan untuk transaksi pembayaran online tanpa verifikasi, VCC Instant juga dapat digunakan untuk transaksi melalui Google Wallet yaitu pembelian Aplikasi Android/Iphone.

  • VCC AVS

VCC AVS merupakan kartu kredit virtual yang sangat disarankan bagi Anda. VCC AVS adalah kependekan dari Address Verification System. VCC jenis ini sangat aman digunakan untuk melakukan verifikasi akun Paypal dan akun online lainnya.

Terdiri dari 2 macam yaitu Mastercard dan Visa, VCC AVS disebut aman karena penggunaan VCC ini tidak memiliki resiko limit dari akun online manapun. Harga VCC ini sekitar Rp 80.000 – Rp 200.000. Anda akan mengisi form atau aplikasi penjual VCC sesuai dengan data KTP Anda saat melakukan pembelian.

  • VCC Ebay

VCC Ebay berfungsi melakukan verifikasi akun Anda saat membeli atau berjualan di Ebay. Saat pembelian VCC Ebay, Anda akan mendapatkan data berupa:

  • Expired date (masa berlaku)
  • 3 digit nomor CVV
  • 16 digit nomor VCC

#Apa keunggulan Virtual Credit Card?

Kelebihan VCC adalah tidak adanya beban biaya administrasi per bulan. Hal tersebut dapat mempermudah pengguna dalam bertransaksi secara online. Selain itu, bertransaksi secara aman juga dirasakan para pengguna VCC. Kode nomer yang tersembunyi pada VCC berfungsi mencegah adanya pembobolan kartu kredit oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagi Anda yang ingin menggunakan VCC sebagai jasa pembayaran transaksi online. Ada tidak perlu khawatir. VCC ini mudah dalam proses pembuatannya dan dapat digunakan oleh semua kalangan. Jika Anda memiliki akun paypal dan akan melakukan verifikasi,  VCC adalah solusi tepat yang dapat membantu Anda. VCC dapat digunakan sebagai langkah melakukan verifikasi akun paypal Anda.

#Apa kelemahan Virtual Credit Card?

Selain beberapa manfaat yang kita dapatkan dari penggunaan VCC, ada pula hal-hal yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan kekurangan yang dimiliki VCC. Kekurangan tersebut terletak pada jangka waktu penggunaan VCC yang hanya bisa digunakan sekali saja.

Transaksi secara online dengan menggunakan VCC hanya bisa dilakukan sekali saja dala satu periode. Selain itu, VCC juga memiliki nominal exchange rate saldo yang lebih besar jika dibandingkan dengan pertukaran mata uang asing bank.

Anda perlu berhati-hati dalam memasukkan data nomer kartu VCC. Jika terjadi kesalahan saat memasukkan data nomer kartu VCC dapat berakibat fatal yaitu nomer kartu tidak dapat berfungsi kembali.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dicermati dalam penggunaan VCC:

  • Belilah VCC dari perusahaan yang terpercaya. Pastikan Anda membeli VCC pada perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi. Ini sangat penting sebagai antisipasi apabila terjadi masalah dengan VCC saat melakukan verifikasi.
  • Pastikan dan selalu cermati setiap transaksi yang Anda lakukan apakah sudah benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal tersebut untuk mencehag terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak dapat dipungkiri transaksi secara online sangat rawan terhadap tindakan penipuan.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan,kekurangan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan VCC. Semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda