Ketika Backlink Akan Menjadi Sampah Maka Peringkat akan Anjlok

backlink spamPernah dengar Backlink? Bagi teman-teman yang suka dan bermain di SEO, keyword yang satu ini yaitu “backlink” adalah makanan sehari-hari. Pasalnya jika anda ingin peringkat website frends berada di halaman terdepan google, maka website mu harus memiliki tingkat kepercayaan yang bagus dari setiap pencari.

Misal saja begini, sebuah website tentang pejualan sepatu bola. Penjualnya sih terpercaya, dan tidak pernah ada kasus penipuan atau apapun namanya. Tetapi ketika di cari pada mesin pencari google, maka website anda berada di peringkat 50-an atau page 6. Secara PSIKOLOGIS, itu menandakan kepada pengunjung (mereka akan berfikir secara awam) bahwa website anda tidak atau kurang bisa dipercaya. Buktinya peringkat di googlenya berada di page 6.

Biasanya rata-rata tingkat kepercayaan orang terhadap sebuah website akan menurun seiring dengan “page” atau halaman berapa dia menemukan informasi tersebut dari google.

Kita lanjutkan… Jadi si pebisnis online tadi, yang memiliki website akan sulit mendapatkan penjualan, dikarenakan peringkat tersebut, dan kurangnya kepercayaan dari pengunjung. Oleh karena itulah salah satu caranya menggunakan backlink.

Backlink ini sejatinya bukan hal yang UTAMA dalam penentuan peringkat google. Tetapi ikut berperan.

Sekarang bandingkan seperti ini, kita memiliki sebuah website toko online, kemudian kita membuat backlink. Yang artinya, website kita terhubung kebeberapa website orang lain. Secara logika, tentu oang akan dengan mudah bertanya, mengapa website kita bisa memiliki link di website orang lain. Inilah Teknik backlink. Intinya adalah mencari kepercayaan dari orang lain.

Kalau website kita sampai di referrer oleh website orang lain, berarti orang lain percaya tentang sesuatu di dalam website kita. Nah ini lah yang namanya tingkat kepercayaan orang terhadap website kita. Dengan demikian, BERARTI website kita menjadi lebih terpercaya karena di Referrer website orang. perhatikan bagan berikut:

backlink yang baikDari gambar tersebut kita melihat ada link pada website seperti yahoo, twitter, wordpress, dan masih banyak yang lainya termasuk juga forum. Dengan demikian itu artinya website-website tersebut mempercayai apa yang ada di dalam website kita. Sehingga jika kita memiliki sebuah website toko online, dengan tingkat kepercayaan yang baik seperti lazada, blibli, elevenia, tokopedia dan bukalapak, maka dengan mudah kita temukan mereka di mesin pencari google.

Mari kita lihat mengapa backlink bisa menjadi link sampah

Ketika Backlink Akan Menjadi Sampah Maka Peringkat akan Anjlok. Ini sudah pasti. Beberapa waktu yang lalu, banyak orang bertanya kepada saya, bagaimana cara menentukan atau membuat link yang bagus dan berkualitas??

Baca Juga : Tempat membangun dan membuat backlink berkualitas

Pada dasarnya membangun backlink adalah harus, seperti yang sudah saya katakan bahwa backlink akan meningkatkan kepercayaan. Tetapi dari artikel saya yang sebelumnya saja ada menjelaskan sedikit bagaimana membuat backlink berkualitas.

Intinya seperti ini Frends, bangunlah backlink secara natural, karena hal yang natural itu sangat disukai google. oleh karena itu pastikan dan usahakan jangan membangun backlink dari kolom komentar. tetapi dari konten atau isi sebuah website.

Hal inilah yang tidak mudah, dan membutuhkan waktu yang lama. persoalanya jika anda membangun backlink dari kolom komentar, apalagi dengan kalimat seadanya saja misal “bagus gan”, “pertamax gan”, “ijin nyimak gan”, “bookmark dulu yah gan”, “terimaksih”, “sangat bermanfaat” itu termasuk spam atau sampah. Tidak berkualitas dan cenderung untuk menurunkan peringkat adna di mesin pencari google.

backlink berkualitasBelum lagi kalau link kita berada pada blog atau website yang tidak terurus, maka itu juga akan mendatangkan nilai yang kurang baik. Alasanya, bagaimana mungkin sebuah blog atau website mati bisa membuat link kita di websitenya.

Semua yang saya tuliskan di sini masih perlu diuji kebenaranya. Ini hanya anggapan saya sebagai manusia yang awam berfikir. Oleh karena itu bangunlah backlink yang baik terutama dengan website-wesite terpercaya misalnya kompasiana, blogdetik, bersosial, website sosial media yang tingkat kepercayaanya tinggi, termasuk youtube dan masih banyak lagi.

Nah… untuk menghindari hal semacam ini, saya berikan beberapa tips cara agar backlink tidak menjadi spam :

1. Hindari komentar pendek bahkan sangat pendek

2. Beri komentar yang sifatnya menjelaskan

3. Minta ijin kepada pembuat website untuk posting sebuah artikel di website mereka.

4. Minta review (review berbayar) Seperti yang saya lakukan pada website shopious.com (Silahkan cari di artikel saya lainya dengan judul shopious tempat belanja online terpercaya

5. Pasang Feeds di website orang lain.

Masih banyak cara lainya, silahkan anda pilih dan cari. Kosepnya bisa anda tiru penjelasan di atas, jangan dilanggar, maka website frends akan mendapat peringkat bagus. Syukur kalau bisa peringkat pertama dalam waktu dekat.

Sebagai pengalaman, saya membuat baklink dari website dengan pengunjung tinggi seperti kaskus, blogdetik dan kompasiana. Frends semua bisa juga mencobanya.

Saran saya, tidak usah membayar orang untuk membangun backlink, anda juga bisa melakukanya sendiri. lebih baik uang anda anda belikan artikel yang lebih bermanfaat. Semoga sukses usaha anda 😀
DMCA.com Protection Status

Related Posts

About The Author

4 Comments

Add Comment

Pesan Anda