KHUSUS UNTUK TRAVELER : Peran Media Dalam Pariwisata Indonesia

Peran jurnalistik dalam dunia pariwisata Indonesia

Bagi anda pecinta petualangan dan perjalanan, tentu tidak asing dengan yang namanya publikasi bukan. Yah…bagaimana mungkin anda melupakan publikasi sementara anda sedang berada di suatu tempat yang sangat indah nan menawan?? Tentu kamu akan segera ingin mengabadikan momen tersebut bukan? Selain itu kamu akan memiliki kenangan tersendiri yang akan bisa kamu ingat dan bisa juga dipamerkan kepada orang lain.

Kali ini saya juga akan membahas seberapa besar peranan dari Pers atau Jurnalis dalam mendapatkan informasi yang akurat dan alami agar informasi yang disiarkan atau diberitakan mudah diminati orang, tentunya banyak faktor yang  akan melibatkan sumbernya, objeknya, orang-orangnya dan masih banyak lagi.

Peran Media Dalam Pariwisata Indonesia :

1. Publikasi Tempat Wisata Ke Dunia Luar

Sudah tidak diragukan lagi dengan era keterbukaan informasi yang sangat bebas ini, memungkinkan Media menyebarkan informasi baik berupa foto, gambar, video atau Suara ke seluruh penjuru dunia. Dengan publikasi yang luar biasa ini, maka dunia luar akan melihat bahwa Indonesia memiliki keindahan yang luar biasa serta LAYAK untuk dikunjungi para wisatawan asing.

2. Ajang Tukar Informasi

Media juga bisa sebagai ajang tukar informasi yang sangat mudah dan cepat. Jika kita menilik 10tahun atau 20tahun ke belakang, maka kita lihat bagaimana sulitnya kita mempromosikan keindahan alam Pariwisata Indonesia ke seluruh dunia. Tapi dengan media yang ada saat ini kita dengan mudah berkomunikasi dengan orang luar. Mereka bisa memberikan informasi yang sangat akurat tentang daerah mereka demikian juga kita.

3. Expose Tempat Baru

Dahulu mungkin sangat sulit untuk memajukan beberapa tempat wisata di Indonesia, akan tetapi saat ini peran media dalam pariwisata Indonesia sangat FITAL. Bisa dibayangkan jika ada suatu tempat dan daerah yang memiliki potensi pariwisata besar akhirnya tidak bisa diberitakan, maka pemerintah tidak akan meliriknya. Dengan munculnya Media, maka kita semua baik Pers maupun masyarakat Indonesia bisa ikut mempublikasikanya, sehingga pemerintah mengetahui daerah tersebut dan akhirnya dikembangkan.

Seperti artikel yang saya tulis saat ini, maka dengan mudah anda mendapatkan informasi tetnang dunia pariwisata serta SEMINAR yang akan Diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) OPINI dari Universitas Diponegoro, acara bertempat di Ruang Auditorium, Gedung A, FISIP UNDIP, pada pukul 08.00-15.00 WIB, Sabtu, 23 Mei 2015.

“Seminar Nasional dan Talkshow Peran Travel Journalism Terhadap Pengembangan Pariwisata Indonesia” akan menghadirkan Fitraya Ramadhanny (Redaktur Pelaksana Detik Travel), Muhammad Syukron Makmun (Community Traveller Kaskus) dan Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.(Menteri Pariwisata Republik Indonesia)*. Mereka akan berbagi pandangan, pengetahuan dan pengalaman selama ini bergelut dengan pariwisata dalam lingkup mikro dan makro.

Dengan adanya Seminar seperti ini maka kita bisa mendapatkan informasi yang jelas dan pasti tentang dunia pariwisata di Indonesia kedepanya bagaimana.

Jadi tunggu apalagi, Jika dikatakan…siapakah Travel Jurnalism? Maka jawabanya adalah anda dan saya. Mari kita sebarkan informasi tentang pariwisata indonesia sebanyak-banyaknya, agar Indonesia ini tidak selalu dinomor duakan atau bahkan kurang dipandang di mata dunia. Indonesia bisa menjadi icon dunia dalam hal pariwisata dan keindahan alam karena banyak hal unik di alam Indonesia ini.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda