Kiat Cerdas Memilih Nama Domain

Kiat Cerdas Memilih Nama Domain

Kiat Cerdas Memilih Nama Domain

Setelah Anda mulai mencoba membuat situs web e-commerse, waktunya sekarang Anda menggunakan atau membeli nama domain. Karena dengan nama domain tersebut, Anda akan menjadi lebih mudah untuk meningkatkan citra dan mempromosikan merek Anda.

Berikut beberapa keuntungan  yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan nama domain Anda sendiri :

1# Alamat Online Yang Konsisten

Karena nama domain ini adalah milik Anda sendiri, maka bisa dipastikan Anda dapat terus menggunakannya dan orang lebih mudah menemukan alamat online yang tetap untuk bisnis online Anda, bagaimanapun kondisi usaha Anda saat itu, saat Anda mengubah host, mendesain ulang merek atau perubahan model usaha.

2# Keberadaan Merek

Tanpa sebuah nama domain untuk suatu merek, akan menjadi begitu sulit bagi usaha Anda untuk menonjol.

3# Kepercayaan Dan Kredibilitas

Mengeluarkan sedikit uang untuk meregistrasi nama domain Anda sendiri merupakan pertanda bahwa usaha yang Anda miliki legitimasi. Sebenarnya hal ini tidak saja bisa menambah kepercayaan dan konversi pengunjung dengan pendapatan, tapi juga dapat menambah daya tarik usaha Anda bagi usaha lain yang ingin berkolaborasi begitu juga pihak media masa akan tegoda untuk mengulasnya.

Dengan begitu banyak situs web di luar sana, Anda perlu lebih kreatif untuk memilih atau menemukan nama domain yang belum dipakai. Berikut beberapa kiat cerdas jika Anda akan memilih nama domain untuk usaha Anda :

1# Terpenting

Pilih nama yang singkat, menarik dan gampang diingat. Buat nama domain Anda mudah di eja dan di baca.

2# Aturan Tak Tertulis

Hindari menggunakan nama domain yang hampir sama atau nyaris sama dengan nama domain pesaing Anda. Tapi juga pastikan nama domain tersebut tidak melanggar trademark orang.

Baca Juga: Domain GRATIS dari Cloud Hosting Terbaik dan Termurah di Indonesia

3# Dot Com

Nama domain menggunakan .com merupakan yang paling populer. Dan memang akan lebih susah menemukan satu nama yang belum digunakan orang lain. Walaupun begitu, usahakan Anda menggunakan nama domain .com, kecuali jika Anda memang berencana untuk menjual produk Anda secara khusus untuk negara tertentu, Anda dapat menggunakan nama domain khusus untuk negara tersebut.

4# Layak Menjadi Merek

Mempunyai nama merk yang mempunyai kesan kuat adalah suatu hal yang penting. Meskipun Anda hanya menjual satu produk saat ini, Anda bisa saja menambah produk baru nantinya. Pilihlah nama domain yang bisa beri Anda kesempatan terus berkembang di dalamnya, bahkan meski ada perubahan dalam situs web atau usaha Anda.

5# Kreatiflah

Kebanyakan orang hanya menggunakan satu kata untuk membuat domain, tapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa menggunakan daya kreatif Anda untuk menyusun frase kata domain. Cobalah untuk meracik dua kata seperti Youtube misalnya atau menggabungkan dua kata menjadi satu seperti Microsoft, mengutakatik suatu kata misalnya Flickr, menambah satu kata dengan awalan atau akhiran seperti Shopify atau bisa juga membuat nama unik seperti Odeo.

Tak perlu terlalu dipaksakan, memang ada saatnya Anda merasa tidak ada ide bagus untuk memilih nama domain terbaik. Tapi jangan juga berhenti mencari, berikut ini ada beberapa alat bantu mencari nama domain terbaik untuk Anda :

  • Business Name Generator
  • GoSpaces
  • NameStation
  • Domaintyper
  • Domain Pigeon
  • Domainr

Kemungkinan besar Anda memang tidak mendapatkan nama terbaik di awal mencoba alat tersebut. Tetap lah mencari, Anda akan mendapatkan nama domain terbaik yang bisa mewakili merek toko Anda.

Setelah memutuskan nama domain pilihan Anda, saatnya Anda membeli dan lakukan registrasi. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa bantu Anda untuk melakukannya :

1# Pilih Domain Registrar

Ada begitu banyak registrar di luar sana yang akan mendaftarkan nama domain Anda. tanyakan kepada teman atau rekan Anda untuk mendapatkan rekomendasi dan pastikan Anda memilih sebuah perusahaan registrar yang sudah berpengalaman.

2# Whois

Saat Anda melakukan register sebuah nama domain, Anda diharuskan memberikan detil informasi seperti nama, nomor telepon dan alamat. Dan informasi tersebut akan dipublikasikan walaupun ada pilihan berbayar untuk menyembunyikannya. Memang ada beberapa registrar yang memberikan fasilitas menyembunyikan informasi tersebut tanpa memungut bayaran, tapi meskipun demikian penyembunyian tersebut akan menurunkan kesan tingkat bisa dipercaya untuk mesinpencari dan pengunjung situs web.

Jika Anda memang lebih cenderung menjaga privasi, Anda dapat menggunakan nama usaha dan informasi kontaknya daripada menggunakan informasi personal.

3# Hosting

Setelah Anda mendaftarkan nama domain Anda, mulailah membangun host untuk situs web Anda.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda