Kiat Jitu Memulai Ecommerse Dengan WordPress – Bagian 1

Kiat Jitu Memulai Ecommerse dengan WordPress – Bagian 1

Kiat Jitu Memulai Ecommerse dengan WordPress – Bagian 1

Setiap orang mempunyai pendekatan dan pengetahuan yang berbeda untuk memahami apa yang terpenting pada situs web eCommerse yang sukses, oleh karena itu banyak orang merasa “bingung” saat mulai membuatnya.

Mereka berjuang untuk menjaga keseimbangan antara tampilan situs web dan navigasi, dan belum bisa meyakini yang paling penting dari keduanya.

Pada saat yang sama, mereka memilih untuk gunakan platform yang handal dan berusaha mengoptimalkan fitur apapun yang bisa ditawarkan oleh WordPress.

Berikut akan uraikan beberapa tuntunan dan langkah langkah praktis penting untuk membangun eCommerse dengan WordPress :

1# Gunakan Gambar Berkualitas

Dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih gambar yang terbaik untuk toko online Anda, selain menggunakan gambar atau foto yang berkualitas, mengkondisikan agar gambar atau foto tersebut dapat dengan mudah di-zoom pada berbagai sudut pandang adalah hal yang paling diimpikan oleh pembeli.

Karena sudah banyak keluhan dari pembeli yang menyatakan kekesalan mereka saat tidak mudah atau bahkan tidak bisa melihat gambar atau foto suatu produk yang akan dibeli. Jadi pastikan Anda tidak mendapatkan keluhan tersebut dan mendapat kiriman balik produk yang ditolak.

2# Dekripsi Rincian Produk

Bukan saja deskripsi rincian dari fisik produk yang diinginkan oleh pembeli, tapi Anda juga diharapkan mendeskripsikannya dengan pendekatan yang menarik minat pengunjung untuk segera membeli. Sebenarnya, deskripsi produk yang ideal merupakan deskripsi yang singkat tapi penuh informasi dengan bahasa yang menyenangkan, bukan membosankan.

3# Nama Dan Judul Berbau SEO

Saat memikirkan suatu judul, pertimbangkan sesuatu yang memicu keingintahuan pengunjung untuk mengetahui lebih dalam. Jadi toko online Anda bisa mendapat urutan yang lebih baik dalam mesin pencarian dan pada akhirnya menambah potensi terjadinya transaksi.

Ada banyak plugin WordPress yang bisa membuat hal tersebut mudah dilakukan, misalnya saja Yoast. Dengan memberikan katakunci penting untuk setiap produk, dan menyusun cara agar informasi produk Anda dapat tampil pada berbagai mesin pencari.

4# Beri Prioritas Bagi Penjualan Tertinggi

Usahakan produk terbaik Anda tetap berada dalam pusat perhatian, khususnya untuk produk yang paling banyak di klik dan produk yang menghasilkan untung paling banyak. Mungkin akan terdengar terlalu pilih pilih produk, tapi secara praktis, hal inilah yang nantinya menuntun Anda kepada keuntungan yang lebih besar.

5# Pertimbangkan Semua Pilihan

Selalu cermati setiap ada platform, plugin dan tambahan tambahan baru. Usahakan untuk mengetahui lebih dalam jika ada update dari WordPress. Produk produk luarbiasa dikeluarkan setiap harinya, dan ada kemungkinan satu diantaranya cocok dan tepat untuk toko Anda.

Buatlah daftar solusi untuk masalah atau hambatan yang Anda hadapi, setidaknya pilih 3 diantaranya untuk Anda selami lebih dalam. Tapi bukan berarti bahwa Anda harus menggunaan plugin yang populer dan kemudian mengikuti tren di luar sana, sebalikny carilah sesuatu atau beberapa hal yang dapat membuat pengalaman Anda online menjadi lebih baik.

Baca Juga: 15 Tips Ampuh Ecommerse Laris Manis – Bagian 1

6# Amankan Toko Online Dengan SSL

Sertifikat SSL merupakan bagian penting dalam setiap toko online. Fasilitas ini akan memberikan jalur aman yang menghubungkan server dengan setiap pengguna browser. Penggunaan SSL ini akan jelas terlihat pada bagian URL dimana alamatnya di awali dengan “https://”.

Fasilitas ini dapat dengan mudah diimplementasikan, misalnya dengan menggunakan Bluehost atau WPEngine yang memberikan addons premium.

7# Promosikan Toko Online Di Media Sosial

Media sosial sebenarnya dapat membantu toko online Anda untuk membagikan produk Anda dan dengan media ini pula Anda dapat berinteraksi dengan potensial pembeli. Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan memberikan ikon berbagi pada halaman produk, walau itu bukanlah satu satunya keuntungan menggunakan media sosial.

Sebagai contoh, Anda dapat memberikan penghargaan pada setiap pengunjung yang membagikan konten Anda untuk jaringan tertentu, yang merupakan cara terbaik agar dapat diekspos di depan pengguna media sosial.

8# Tambahkan Blog Pada Toko

Atau lakukan beberapa pemasaran konten. Memperkaya situs web Anda dengan menggunakan blog merupakan suatu bukti bahwa Anda bersedia untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda dan memberikan mereka konten cuma cuma, dan akan terlihat nantinya trafik yang menunjukkan mereka menghargai semua itu.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda