Kiat Jitu Memulai Ecommerse Dengan WordPress – Bagian 2

Kiat Jitu Memulai Ecommerse Dengan WordPress – Bagian 2

Kiat Jitu Memulai Ecommerse Dengan WordPress – Bagian 2

Setiap orang mempunyai pendekatan dan pengetahuan yang berbeda untuk memahami apa yang terpenting pada situs web eCommerse yang sukses, oleh karena itu banyak orang merasa “bingung” saat mulai membuatnya.

Baca Juga: Kiat Jitu Memulai Ecommerse Dengan WordPress – Bagian 1

9# Usahakan Transaksi Sesederhana Mungkin

Bagian paling penting dalam toko online anda adalah saat transaksi dilakukan, saat dimana proses yang diharapkan bisa sederhana dan bisa dipercaya. Semua hal yang membingungkan dan tidak memberi kenyamanan sama sekali tidak diharapkan berada di dalamnya, karena saat pelanggan merasa frustasi maka kemungkinan besar akan menunda pembelian sebelum menyelesaikan transaksi.

Sudah harus menjadi pertimbangan anda sejak awal bahwa pasti ada pelanggan yang masih belum memiliki pengalaman dalam bertransaksi online dan diharapkan toko online anda memberikan kemudahan bertransaksi juga bagi mereka.

10# Selalu Transparan

Semua orang yang memiliki toko pasti mengharapkan mendapat kepercayaan dari pelanggan pelangannya. Kepercayaan ini sebenarnya muncul saat anda bisa memberikan landasan dan kebijakan usaha yang jelas terlihat, terbaca dan relatif ramah untuk setiap pelanggan anda.

Mereka perlu tahu bahwa setiap pesanan dan transaksi ditangani dengan penuh tanggungjawab, dan jika tidak demikian, mereka tidak akan berbisnis dengan anda.

11# Perhatikan Lama Waktu Loading  

Berdasarkan hasil pemantauan dari Kissmetrics, satu digit detik waktu yang diperlukan untuk loading mengakibatkan penurunan hingga 7% dari tingkat conversi situs toko online anda. sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa kecepatan akses suatu situs web toko online menjadi begitu penting untuk mensukseskan transaksi. Dan kabar gembiranya adalah ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk menjaga waktu loading di bawah ambang batas kewajaran. Tim dari ThemeFuse telah menyusun suatu ebook gratis yang mengungkap cara dan tips agar anda bisa mempercepat situs web toko online anda.

Ada berbagai pilihan yang bisa anda lakukan untuk memulainya, misalkan saja mempercepat akses gambar. Anda bisa mencoba mulai dengan mengatur hosting lebih baik dan menggunakan Content Delivery Networks (CDN). Dengan teknologi, tidak ada lagi alasan bagi delay akses untuk situs web anda.

12# Manfaat Pemasaran Dengan Email

Walau email pemasaran adalah strategi yang sudah lama ada di dunia maya, tapi jalan ini bisa menjadi cara yang terbaik untuk menggiring orang untuk datang ke toko online anda. Menggunakan basis data daftar kontak personal bisa banyak manfaat untuk anda, sepanjang anda juga serius meluangkan waktu untuk selalu menjaganya agar tetap update dan menambahkan setiap pendatang baru. Oleh sebab itu, sejak awal anda harus sudah memulai membuat daftar ini, meskipun anda belum mengharapkan ada banyak traffik terjadi waktu itu.

13# Gunakan Shopping Cart Yang Selalu Sama

Seperti yang anda tahu dari pengalaman pribadi, beberapa pengunjung tidak langsung datang dan membeli produk anda, tapi mereka biasanya akan meletakkan beberapa barang ke dalam shopping cart sehingga tidak perlu mencari lagi kemudian hari. Dan peran anda di sini adalah bagaimana membuat toko online anda tetap mengingat setiap pelanggan tersebut, dan tetap mencatat isi cart hingga pelanggan kembali.

14# Update Secara Berkala

Update toko online anda secara berkala, khususnya saat anda menggunakan plugin WordPress, misalnya saja Simple PayPal Shopping Cart. Yang harus selalu anda ingat, bahwa apapun produk yang anda unduh, pastikan selalu memeriksanya untuk update terbaru, karena hal ini sangat berpengaruh dengan keamanan dari situs web toko online anda.

Memang akan menjadi tantangan yang terasa melelahkan saat menjalankan situs web WordPress, karena versi yang lebih baik bisa dipastikan keluar hanya dalam hitungan hari. Dan anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangannya sehingga ekosistem usaha toko online anda bisa lebih terjaga dari penyusup, hacker dan bugs.

15# Ramah Perangkat Mobile

Sudah menjadi hal yang aneh saat ini jika anda tidak memperhitungkan pengunjung yang mengakses situs web anda dengan perangkat mobile, karena sudah begitu besar potensi yang bisa anda dapatkan disaat begitu masifnya pertumbuhan kepemilikan perangkat mobile di Indonesia.

Dan kenyataanya, hanya dalam hitungan bulan untuk sebuah situs web toko online yang tidak ramah mobile untuk menghilang dari peredaran dan anda tak akan menginginkan terjadi pada toko online anda.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda