Kiat Menemukan Topik Blog yang Dahsyat

 

Ilustrasi- Kiat Menemukan Topik Blog Dahsyat

Ilustrasi- Kiat Menemukan Topik Blog Dahsyat

Proses pencarian topik adalah bagian penting dalam menulis konten yang berkualitas. Anda membutuhkan fakta, statistik, figur dan contoh untuk apapun materi konten yang Anda gunakan. Tapi melakukan analisa dan penelitian memang cukup menghabiskan waktu jika Anda belum tahu pasti apa yang Anda cari dan bagaimana mencarinya.

Berikut ini Anda akan mendapat beberapa langkah proses penelitian untuk konten blog Anda. langkah tersebut akan menuntun Anda memantapkan ide ide blog yang Anda cari, isi posting Anda dengan hal hal yang menarik dan konten yang sesuai serta menambah peluang pembaca cocok dengan Anda. Setelah Anda mencoba proses ini dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, tidak akan lebih dari satu jam untuk melakukan penelitian/analisa untuk setiap posting blog.

Baca Juga: 5 Tips Bangun Blog yang Mendatangkan Uang

Silahkan Anda selami satu per satu :

1# Buat Suatu Sistem Penangkap Catatan

Jarang orang menyadarinya, begitu penting membuat suatu sistem yang mendokumentasikan penelitian Anda. Hal ini dilakukan untuk menata proses penelitian itu sendiri. Sistem ini akan menyimpan beberapa hal bagian penting seperti :

  • Link ke konten
  • Judul konten
  • Kata kunci yang akan digunakan dan beberapa hal menarik yang bisa di jelajahi nanti
  • Kata kunci yang berhubungan
  • Jumlah komentar atau sharing
  • Backlink dari situs lain terhadap konten

Bisa semua bagian Anda gunakan tapi tidak salah juga jika Anda memilih beberapa bagian yang lebih tepat untuk kebutuhan Anda. mulailah dengan menggunakaan Excel untuk mencacat semua hal tersebut, atau mungkin bisa juga menggunakan alat yang sudah didesain untuk menangkap catatan seperti Evernote misalnya.

2# Pilih Katakunci

Pemantapan katakunci yang Anda pilih adalah penting terhadap kesuksesan penelitian ini. idealnya Anda tinggal memilih beberapa katakunci tentang blog yang akan Anda tulis, lalu ambil dua atau tiga katakunci lainnya yang akan dimasukkan ke dalam bodi blog. Kata kata tersebut merupakan penuntun Anda.

Jika Anda sudah menemukan beberapa katakunci, berikut beberapa taktik menemukan kalimat terbaik :

  • HubSpot Keyword Tool

Jika Anda adalah pelanggan HubSpot, gunakan Keyword Tool untuk menghemat waktu dan menemukan katakunci berdasarkan beberapa faktor yang berbeda.

  • com

Merupakan alat pencari katakunci daring dan menemukan berbagai frase panjang yang berkaitan dengannya. Melalui alat ini Anda juga dapat mengetahui konten apa yang saat ini mendapatkan urutan teratas untuk kata kunci yang Anda berikan. Informasi yang begitu berharga tersebut penting digunakan saat Anda perlu memastikan ide Anda apakah dapat melangkah ke proses pembuatan konten berikutnya atau tidak.

  • Pencarian Google

Saat suatu kata kunci dimasukkan ke mesin pencarian google, di sebelah bawah halaman pertama akan terlihat beberapa bentuk frase pencarian yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan. Dan jika Anda memasukkan beberapa bentuk frase tersebut kedalam badan konten blog Anda, maka akan menarik lebih banyak trafik berdasar katakunci yang tadi dimasukkan.

Sebagai catatan, bentuk frase pencarian google tersebut berbeda dengan apa yang tadi disarankan oleh KWFinder.com, dan akan lebih baik jika Anda menggunakan kedua sumber tersebut.

frase panjang dari kata kunci merupakan cara yang efektif untuk menarik trafik ke situs web Anda tapi Anda harus hati hati jika menggunakannya dengan sembarangan, akan dimungkinkan terkena hukuman, maka pastikan penggunaannya masih berkaitan dengan konten dan memberikan penekanan pada artikel.

3# Uji Ide Anda

Proses ini sebenarnya hanya akan melakukan validasi terhadap ide ide yang Anda miliki sehingga Anda bisa yakin akan mendapat perhatian dari orang  lain. Proses ini hampir pasti akan berdampak terhadap minat orang terhadap konten yang Anda unggah.

Cari konten di bawah ini dengan kata kunci yang Anda pilih seperti pada langkah kedua di atas, dan ingat setiap informasi pada langakah pertama. Kemudian perhatikan hal hal berikut :

  • Blog pesaing yang mempunyai topik yang sama
  • Konten populer yang dibuat orang lain
  • Perbincangan perbincangan yang berkaitan dengan konten

4# Sumber Informasi Untuk Konten

Nah, sekarang waktunya buat konten blog yang menonjol dibanding yang blog setopik yang lain. Cara terbaik melakukannya adalah menambahkan banyak nilai lebih kepada pembaca dibanding yang lain. Mungkin Anda bisa memperpanjang konten, tambahkan detil detil dan menambah variasi tipe konten.

 

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda