Kolektor Barang Antik Adalah Bisnis dengan Pesaing Rendah

kolektor barang antik

Ilustrasi | marketingjoss

Bisnis agaknya tidak akan pernah sepi dari kompetitor atau persaingan. Jika bisnis sepi dari persaingan, maka bisnis itu adalah bisnis yang kemungkinan besar tidak terlalu memiliki prospek, memiliki prospek tapi kelas tinggi, atau memang orang sudah melihat bahwa bisnis tersebut tidak akan pernah menjanjikan.

Tapi tahukan Anda bahwa ada bisnis yang tidak banyak kompetitor atau pesaingnya, tidak juga bisnis yang tinggi, tapi tetap berjaya atau tetap ada sampai kapanpun. Ya… itu adalah bisnis kolektor barang antik. Barang antik tidak akan pernah musnah dari bumi ini.

Sederhananya saja, jika sebuah barang sudah menjadi sangat lama, dan masih ada sampai sekarang, atau bahkan waktu yang akan datang, maka barang tersebut akan disebut sebagai barang antik. Dan tahukah Anda bahwa kolektor barang antik ternyata tidak banyak. Yuk kita bahas.

Persaingan tinggi, gagal berbisnis

Tahukah kamu bahwa hampir semua orang yang gagal berbisnis itu kebanyakan gagal atau bangkrutnya disebabkan seleksi alam. Dan tahukan Anda bahwa seleksi alam yang dimaksud adalah kompetisi. Kompetisi ini sudah ada sejak jaman dahulu.

Ketidak mampuan seorang pebisnis dalam mengantisipasi pesaingnya, maka suatu saat dia akan kalah dari pesaing itu, dan dengan sendirinya bisnisnya akan tutup. Ini sudah dibuktikan banyak pebisnis dan sampai sekarang bahkan sampai kapanpun akan tetap berlaku.

Apakah semua bisnis memiliki kompetitor?

Pertanyaan di atas sangat klasik. Artinya pertanyaan yang sebenarnya sudah tidak perlu dijawab lagi. Sudah dapat kita pastikan bahwa bisnis akan memiliki pesaing. Tidak ada satu bisnis apapun yang tidak memiliki pesaing. Itulah sebabnya kita sebagai orang yang ingin memulai berbisnis HARUS dengan baik melihat para pesaing yang akan muncul nantinya ketika usaha yang kita bangun sudah mulai berkembang.

Tapi tenang saja, ternyata walaupun semua usaha dan bisnis itu memiliki pesaing, tapi persaingan tersebut bisa kita minimalkan dengan memilih jenis bisnis yang akan kita jalankan.

Misal contoh sederhananya begini, kamu ingin membuat sebuah usaha menjual Cendol. Nah, tentu kamu akan menilai, seberapa mudah usaha tersebut di tiru orang, seberapa besar modalnya (semakin kecil modal, maka semakin mudah ditiru orang) dan masih banyak lagi cara menganalisa persaingan usaha.

Baca : 5 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan (SEGERA)

Dari hal di atas, maka kita bisa memilih usaha atau bisnis yang kompetitornya sedikit, peminat produknya banyak, tidak akan habis dimakan waktu, bisa dijual kemanapun bahkan keseluruh dunia, bukan barang busuk, tidak membutuhkan modal mahal tapi tidak mudah ditiru orang, itu adalah bisnis kolektor barang antik.

Keunggulan bisnis kolektor barang antik

Kolektor Barang Antik Adalah Bisnis dengan Pesaing Rendah. Pasalnya tidak semua orang mau menjual baang antik, tapi banyak loh peminat barang antik. Menjual barang antik seolah memiliki kesan tersendiri terhadap masa lalu.

Siapa sih yang tidak tergerak memikirkan masa lalu ketika dia melihat sebuah barang antik yang ketika kecil, barang tersebut menemaninya dalam hidup sehari-hari. Coba kamu lihat beberapa barang berikut ini:

This slideshow requires JavaScript.

Mungkin tidak semua orang mengenal barang tersebut, tapi bagi yang mengenalnya, pasti akan berfikir ke masalalunya ketika dia masih menggunakan barang-barang tersebut. Dan itu akan membuat dia tertarik dengan barang tersebut, lalu membelinya sekalipun harganya mahal. Inilah keuntungan sebagai pengusaha Kolektor Barang Antik.

Dari situ kita mengetahui bahwa tidak semua orang yagn suka barang antik. Artinya menjadi kolektor barang antik adalah usaha yang tidak mudah ditiru orang. Karena butuh passion dan kesenangan sendiri dalam mengerjakannya.

Ketika ada orang yang benar-benar merasakan bahwa barang tersebut sangat mengingatkan masa lalunya dan apalagi masa lalu yang baik, maka dengan harga tinggipun biasanya mereka mau merogoh kocek sangat dalam untuk mendapatkan barang tersebut.

Peluang usaha menjadi kolektor barang antik ini tentunya akan sangat baik, jika kita bisa memanfaatkan peluangnya. Apalagi jika barang barang antik yang kita pasarkan sangat lengkap.

Beberapa contoh barang antik yang sering dijual

Berikut ini adalah beberapa contoh barang antik yang sering dan paling laku dijual:

  1. Jam tangan lama
  2. Gembok lama
  3. Pajangan kayu
  4. Pajangan keramik
  5. Jam tik-tok
  6. Cangkir lama
  7. Piring Cina
  8. Kendi
  9. Keris
  10. Foto lama
  11. Koin bolong
  12. Uang kertas lama
  13. Buku lama
  14. Raket kayu
  15. Cermin lama
  16. Guci
  17. Piring anti rasa pedas
  18. Piring antibasi
  19. Batu akik

Masih banyak lagi barang antik yang bisa kamu jual dengan harga tinggi. Silahkan cari barang-banrang yang kamu anggap antik. Kamu beli dengan harga yang paling murah, kemudian jual kembali dengan harga yang mahal.

Kesimpulannya bahwa menjadi kolektor barang antik tidak mudah, demikian juga pembelinya dan pesaingnya. Tapi sekalinya ada yang membeli, barang antik bisa berharga puluhan bahkan ratusan juta atau bahkan miliaran rupiah. Serukan berbisnis barang antik?

Baca: 6 Cara kaya dari hobi

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda