Konsultan Pajak adalah Peluang Usaha Karena Adanya Tax Amnesty

konsultan pajak jadi peluang usaha terbaik

Konsultan pajak | ilustrasi

Konsultan Pajak adalah Peluang Usaha Terbaik

Kok bisa? mungkin itu pertanyaan yang ditanyakan kebanyakan orang. Mengapa bukan misalnya waralaba atau bisnis batu bara, atau mungkin usaha makanan? Mari kita bahas secara mendetail.

Sebelum bergulirnya atau dibuatnya aturan Tax Amnesty oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Jokowi, Sebenarnya sudah ada usaha atau bermunculan peluang usaha sebagai konsultan pajak. Tapi tidak sebooming saat ini.

Hal ini disebabkan karena para pembayar pajak atau wajib pajak termasuk perusahaan-perusahaan masih merasa bisa dan dapat tidak membayar pajaknya, atau bahkan membayar pajak tapi tidak semuanya. Saya pribadi juga dulunya agak terkejut, bahwa pajak bisa dibayarkan tidak semuanya (FULL). Tapi itu yah dulu yah.

info grafik tax amnesti-konsultan pajak

Info grafis tax amnesti | Ilustrasi

Dengan adanya aturan Tax Amnesty, yang diartikan sebagai pengampunan pajak, maka diwajibkan kepada seluruh wajib pajak untuk membayarkan pajaknya dengan mekanisme yang ada.

Sebenarnya Tax Amnesty ini berlaku buat mereka yang kaya, dimana mereka menyipan hartanya baik di dalam negeri ataupun di luar negeri, sehingga harta atau uang tersebut tidak dikenakan pajak. Dengan adanya kebijakan Tax Amnesty, maka diharapkan orang-orang kaya mengambil uangnya yang ada di luar negeri, kemudian memasukkannya di bank di Indoensia atau membuat usaha, sehingga perputaran uang di Indonesia semakin besar untuk pembangunan dan pembukaan lapangan pekerjaan.

Tax Amnesty ini diharapkan akan menjadi pemicu yang baik untuk orang-orang kaya dengan adanya pengampunan pajak yang diberlakukan. Artinya jika seharusnya wajib pajak tersebut membayar pajak misalnya 1 Miliar, maka dengan mengikuti program Tax Amnesty atau pengampunan pajak, maka pajaknya diampuni dan hannya dibayarkan sesuai dengan aturan yang sudah dibuat. Aturan pengampunan pajak tersebut dibuat secara bertahap mulai dari 2% sampai 5%. Berikut persentase pengampunan pajak sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah:

TARIF DAN CARA MENGHITUNG UANG TEBUSAN

Pasal 4

  1. Tarif Uang Tebusan atas Harta yang berada di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Harta yang berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dialihkan ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan diinvestasikan di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam jangka waktu paling singkat 3 (tiga) tahun terhitung sejak dialihkan, adalah sebesar:

a. 2% (dua persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan pada bulan pertama sampai dengan akhir bulan ketiga terhitung sejak Undang-Undang ini mulai berlaku;

b. 3% (tiga persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan pada bulan keempat terhitung sejak Undang-Undang ini mulai berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2016; dan

c. 5% (lima persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan tanggal 31 Maret 2017.

2. Tarif Uang Tebusan atas Harta yang berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia  dan tidak dialihkan ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebesar:

a. 4% (empat persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan pada bulan pertama sampai dengan akhir bulan ketiga terhitung sejak Undang-Undang ini mulai berlaku;

b. 6% (enam persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan pada bulan keempat terhitung sejak Undang-Undang ini mulai berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2016; dan

c. 10% (sepuluh persen) untuk periode penyampaian Surat Pernyataan terhitung sejak tanggal 1 Januari 2017 sampai dengan tanggal 31 Maret 2017.

3. Tarif Uang Tebusan bagi Wajib Pajak yang peredaran usahanya sampai dengan Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah) pada Tahun Pajak Terakhir adalah sebesar:

a. 0,5% (nol koma lima persen) bagi Wajib Pajak yang mengungkapkan nilai Harta sampai dengan Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah) dalam Surat Pernyataan; atau

b. 2% (dua persen) bagi Wajib Pajak yang mengungkapkan nilai Harta lebih dari Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah) dalam Surat Pernyataan,

untuk periode penyampaian Surat Pernyataan pada bulan pertama sejak Undang-Undang ini mulai berlaku sampai dengan tanggal 31 Maret 2017.

Munculnya Peluang Usaha Baru

Dengan adanya peraturan tersebut dari pemerintah, maka banyak orang melihat ini sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Mengapa? karena tidak semua orang bisa menghitung pajak perusahaannya termasuk pajak pendapatannya dan pajak semua hartanya.

Disamping itu, dengan tingkat kesibukan yang sangat tinggi, tidak mungkin lagi seseorang mengurus pajaknya hannya sendiri. Belum lagi jika perhitungannya cukup besar. Maka muncullah konsultan pajak.

Konsultan pajak bekerja secara profesional menurut peraturan-peraturan yang berlaku sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah. Dengan begitu, kita bisa mempercayakan penghitungan pajak harta maupun benda yang kita miliki kepada konsultan pajak yang sudah dapat dipercaya.

Untuk mencari konsultan pajak yang terpercaya, silahkan cari di Google, dengan beberapa ciri adalah dengan melihat portofolio atau client yang pernah mereka tangani. Jangan sembarangan mempercayakan penghitungan pajak anda kepada konsultan yang belum memiliki track record atau pengalaman yang baik dibidangnya.

Menjadi Konsultan Pajak

Untuk menjadi konsultan pajak tidaklah mudah. Ada aturan yang HARUS diikuti untuk menjadi konsultan pajak terpercaya sesuai dengan undang-undang yang berlaku:

Sertifikat Konsultan Pajak adalah surat keterangan tingkat keahlian sebagai Konsultan Pajak. (Pasal 1 angka 4 PMK-111/PMK.03/2014)

Jadi untuk menjadi sebuah badan usaha konsultan pajak, HARUSLAH memiliki sertifikat konsultan pajak yang sudah diatur dalam undang-undang.

Untuk lengkapnya mengenai surat atau sertifikat konsultan pajak ini, silahkan anda baca selengkap-lengkapnya di website universitas Binus “Sertifikat konsultan pajak“.

Untuk informasi selengkapnya mengenai peluang usaha menjadi konsultan pajak, silahkan anda berikan komentar atau pertanyaan sepurat konsultan pajak di kolom komentar. Nanti kami akan memberikan rekomendasi yang dapat dipercaya agar anda menjadi konsultan pajak terkemuka dan dapat dipercaya.

About The Author

Reply

Pesan Anda