Kumpulan Komplit Usaha Modal Kecil beserta Ulasannya secara Lengkap

usaha modal kecil paling untung tahunan

Ilustrasi | Usaha modal kecil

Halo pembaca setia marketingjoss.com, kali ini saya akan menuliskan sedikit artikel yang agak berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Kalau biasanya saya menuliskan pengantar pada sebuah artikel, kali ini saya akan langsun memberikan contoh konkrit dan bermutu tentang “Kumpulan Komplit Usaha Modal Kecil beserta Ulasannya”

Sebagai gambaran saja, bahwa sampai saat ini, data dari Google mencatatkan bahwa pencarian menggunakan kata kunci “Kumpulan Komplit Usaha Modal Kecil” menempati pencarian terbanyak. Oleh karena itu kita harus melihat bahwa ini peluang bagus.

Intinya adalah bahwa Kumpulan Komplit Usaha Modal Kecil itu sangatlah mudah. Yang penting ada kemauan, kerja keras dan tekun, maka kita akan berhasil. Yuk kita mulai langsung ke contoh-contoh Usaha Modal Kecil dengan ulasan lengkapnya.

Contoh Komplit Usaha Modal Kecil

Berikut adalah beberapa contoh Usaha Modal Kecil beserta dengan ulasannya yang sangat komplit:

I BISNIS ONLINE

1# Membuat website

membuat website

Ilustrasi

Saat ini lagi banyak dan booming bisnis online. Dengan begitu peluang untuk usaha modal kecil ini juga terbuka sangat lebar. Dalam hal membuat website sebenarnya prospeknya sangat tinggi, karena kebanyakan para UKM tidak bisa membuat website. Sehingga mereka akan mencari orang yang bisa membuat website.

Saran saya: kamu asah kemampuan membuat website mu, lalu kamu “jual diri” kamu bahwa kamu bisa membuat website toko online.

Modal untuk memulai bisnis ini sangat minim cukup membeli domain dan hosting saja sebesar Rp 180.000 di cloud hosting terpercaya, maka kamu sudah bisa membuat webite promosi kamu sendiri seperti www.rahasiatravel.com

Buatlah website kamu benar-benar menarik agar kelihatan profesional. Dengan begitu kamu akan dipercaya membuat website toko online.

Baca: 10 Jenis usaha modal ringan cocok untuk pemula

2# Menjadi penulis artikel

menjadi penulis handal sangat mudah

Ada banyak penulis artikel yang berhasil dan mampu mengumpulkan uang lebih banyak daripada pekerja kantoran. Ini menjadi peluang bisnis modal kecil yang sangat mantab. Untuk modalnya juga tidak perlu terlalu besar.

Saran saya: Silahkan kamu cari bahan-bahan dari Google, kemudian kamu kumpulkan untuk bahan tulisan artikel kamu. Caranya sangat mudah kok, cukup dengan koneksi internet saja dan komputer tentunya, maka kamu sudah bisa menjadi penulis handal.

Untuk modal usaha seperti ini tidak besar. Koneksi internet sekitar 100.000 sebulan dan komputer atau laptop standaard sekitar 3.500.000 hingga 4.500.000 (komputer tersebut biasanya sudah sangat bagus jka dipakai untuk online dan menulis artikel). Jika kamu masih bingung memulainya, silahkan beri komentar pada kolom di bawah ini.

3# Bisnis Afiliasi

cara mendapatkan uang dari android aplikasi lazada

Terus terang, orang masih sebelah mata memandang bisnis afiliasi ini. Padahal jika ditekuni, maka ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya kita tidak perlu memiliki kantor, tempat, barang bahkan kita tidak sibuk mengurusi orderan pembeli. Bingung yah?

Baca: Kaya dari bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi pada intinya adalah menjadikan kita sebagai “SALES” tapi secara online. Sales tidak pernah mempunya produk. Produk yang dijual mereka adalah produk perusahaan. Sales hannya menjual dan ketika target penjualannya tercapai, maka mereka akan mendapatkan bonus yang lebih besar.

Bisnis afiliasi juga mirip seperti itu. Hannya saja ini dikerjakan secara online. Jadi kita membutuhkan media online seperti blog atau website sendiri. Pada blog itulah kita berpromosi.

Bahkan kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan lebih besar, ada baiknya kamu menjalankan program afiliasi milik Amazon. Tantangannya adalah kamu harus bisa bahasa inggris untuk mengulas produk-produk mereka. Dengan begitu, kamu akan dipercaya dan orang-orang akan membeli barang di Amazon melalui website kamu.

Saran saya: Jika kamu bisa bahasa inggris, silahkan ikuti program afiliasi dari luar negeri. Tapi kalau kamu hannya bisa berbahasa Indonesia, kamu bisa mengikuti program afiliasi dari Indonesia. Beberapa diantaranya kamu baca pada artikel afiliasi saya.

Baca: Bisnis afiliasi menjadi incaran

4# Jualan di Toko online

bisnis online terpercaya tokopedia

Ini lagi booming di Indoensia saat ini. Beberapa toko online terkenal yaitu tokopedia, bukalapak, blibli, lazada, elevenia, mataharimall dan masih banyak lagi sedang gencar-gencarnya saling berebut pangsa pasar. Ini peluang yang sangat baik.

Bagi kamu yang modalnya terbatas, bisa mengikuti toko online ini. Caranya kamu tinggal daftar menjadi penjual di toko online tersebut. Setiap toko online memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu lihat sendiri mana yang paling cocok buat bisnsi mu.

Saran saya: Pilihlah toko online yang terpercaya, beberapa diataranya sudah saya sebutkan di atas. Selain itu kamu lihat juga komisi (Fee) yang kecil. Sebagai bocoran bahwa untuk tokopedia tidak ada fee atau pembayaran apapun untuk berjualan di tokopedia. Untuk cara-cara memulai jualan di tokopedia, kamu bisa langsung ke website tokopedianya.

5# Periklanan Google Adsense

Google Adsense indonesia

Untuk kamu yang sudah kenal dengan Google Adsense, bisa juga fokus pada Google Adsense. Caranya memang agak sulit untuk diterima oleh Google, karena Harus membuat Blog atau YouTube atau Aplikasi. Jika kamu suka menulis, ada baiknya kamu memilih menjadi penulis blog. Kalau kamu suka video, maka buatlah video dan upload ke YouTube. Tapi kalau kamu seorang programmer, ada baiknya kamu fokus membuat aplikasi Android.

Kalau kamu sudah memiliki blog, Youtube ataupun Aplikasi, silahkan daftarkan di Google Adsense. Nah, ketika pengajuan inilah yang biasanya memakan waktu lama dan bisa tidolak beberapa kali.

Saran saya: Ada baiknya kamu mengikuti kursus online tentang Google Adsense agar kamu bisa belajar secara ber-urutan tentang bagaimana cara mudah diterima Google Adsense. Selain itu, ketika kamu belajar pada kursus Online Google Adsense ini, kamu juga bisa bertanya kepada pengajarnya.

Carilah kursus online tentang Google Adsense yang mudah dimengerti, pembahasannya terstruktur, serta materinya lengkap. Silahkan kamu cek pada kursus Google Adsense.

II BISNIS OFFLINE

1# Usaha Semi Privat

belajar

Membuat usaha semi privat adalah sangat menguntungkan. Berbeda dengan privat biasa, kalau privat biasa boleh dikatakan bukan bisnis, tetapi self employ. Tapi kalau bisnis memang kita kerjakan dengan tujuan bisnis.

Usaha semi privat sebenarnya tidak sulit. Usaha semi privat adalah peningkatan dari privat. Caranyapun mudah kok dilakukan. Kamu hannya perlu menyediakan tempat yang aman, nyaman serta kondusif, maka kamu bisa mulai menjalankannya.

Saran saya: Kamu cari sebuah tempat, lalu kamu bisa menyewa tempat tersebut. Tempatnya boleh ruko, kios atau rumah petak. Tidak perlu terlalu luas, cukup 2 atau 3 kamar saja. Nantinya kamu bisa mengajar di kamar atau ruangan tersebut.

Untuk biayanya sudah pasti lebih murah dari privat. kalau les privat mungkin kamu bisa dibayar hingga Rp 300.000,- hingga Rp 450.000,- maka kalau semi privat mungkin cukup dengan 200.000 per orang. Dengan biaya perorangnya menjadi lebih ringan sementara sekali belajar mungkin bisa hingga maksimal 5 orang. Jika di jumlahkan jauh lebih besar.

Kalau kamu dapat 1 orang privat hannya 400.000 maka untuk semi privat bisa 200.000 X 5 orang = 1.000.000,- per satu kali pertemuan. Jauh lebih menguntungkan dan lebih efisien dalam mengajar.

2# Usaha bubur ayam

usaha bubur ayam

Jangan pernah berfikir kamu mengerjakan usaha atau bisnis bubur ayam ini dengan sendirian. Maksud saya jangan kamu yang mengerjakannya, apalagi kamu adalah anak kuliahan. Baiknya kamu sebagai owner sekaligus managernya.

Maksud saya begini, bicara bisnis maka ada baiknya kamu posisikan diri kamu sebagai pebisnis. Kalau kamu mengerjakan atau menjual bubur tersebut, maka kamu adalah pekerja dan ini pasti “menyiksa” kamu dan akan sulit maju.

Saran saya: Kumpulkan modal untuk membuat beberapa gerobak bubur ayam, kemudian kamu cari penjual sekaligus yang bisa memasak bubur ayam yang enak.

Misal kamu membuat 5 gerobak bubur ayam, maka kamu mencari 5 orang pekerja di gerobak dan 1 oang khusus untuk memasak buburnya. Tujuannya agar rasa, bumbu, dan enaknya sama semua. Jangan dibeda-bedakan. Tujuan lain membuat sama adalah supaya orang lebih mudah mendapatkan bubur ayam milik mu.

Untuk pembagian atau feee atau gaji karyawan, ada baiknya kamu menggunakan sistem bagi hasil bukan gaji. Jika kamu tertarik, kamu bisa menggunakan perbandingan 40:60 atau 50:50 Maksudnya begini, bagian kecil adalah menjadi bagian kamu sebagai pebisnisnya. Semntara bagian yang lebih besar adalah untuk penjualnya.

Lho kok begitu? BENAR

Setiap orang yang bekerja lebih banyak, lebih keras, lebih capek dan letih ada baiknya mendapatkan lebih banyak bagian. Dengan begini, usaha mu akan lancar terus menerus dan disukai para pekerja mu.

Untuk yang sesuai dengan bisnis ini antaralain: nasi goreng, gorengan pinggir jalan, Cilok, bakso, roti bakar dan lain sebagainya.

3# Membuka kedai kopi

kedai kopi

Orang Indonesia adalah penggemar kopi. Apalagi banyak sekali jenis-jenis kopi yang beredar saat ini. Hal tersebut memicu cara meminum kopi masyarakat Indonesia mulai mengalami perubahan.

Saran saya: Ini adalah salah satu peluang usaha modal kecil yang sangat prospek. Tingginya minat orang Indonesia terhadap kopi telah menjadikan peluang besar bagi para penjual kopi.

Kamu cukup menyewa tempat kecil, kemudian memperlengkapi peralatan minum kopi, lalu jangan lupa sediakan berbagai jenis kopi di etalase kamu. Dengan begitu orang atau pengunjung akan senantiasa ingin mencoba kopi dengan merk atau jenis tertentu.

4# Cuci motor

cucian motor

Beberapa orang menganggap bahwa bisnis pencucian sepeda motor membutuhkan modal yang sangat besar. Padahal ternyata tidak demikian. Cukup bermodal 10juta saja kamu sudah bisa membuka bisnis cucian motor.

Untuk tempatnya kamu bisa menyewa lapangan atau rumah kosong di pinggir jalan, sementara untuk perlengkapannya cari yang harga murah dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Tujuannya menghemap pembiayaan.

Saran saya: Pakai peralatan pencuci motornya yang kecil saja. Teman saya ada membuka bisnis cucian motor dengan kompresor yang kecil. Hasilnya cukup memuaskan.

Bayangkan ketika sehari dapat mencuci motor 10 motor, kalikan dengan sekali cuci adalah 12.000, kama sehari bisa dapat 120.000 kotor. Bersihnya mungkin bisa sekitar 80.000 hingga 100.000 Lumayan bukan?

5# Pangkas rambut

peluang usaha pangkas rambut

Bisnis modal kecil yang satu ini memang benar-benar dibutuhkan. Tidak ada orang yang bisa memangkas rambutnya sendiri dengan baik. Mungkin kalau di botak-in, bisa saja, tapi apakah semua orang mau botak? tentu tidak.

Perlengkapan yang dibutuhkan hannya Gunting, mesin potong rambur, sisir, bedak, sabun, pisau cukur yang pada intinya biayanya TIDAK MAHAL. Yang paling mahal adalah sewa tempatnya. Untuk sewa tempat, tidak perlu terlalu besar tapi nyaman. Kamu bisa mendesain tempatnya lebih bagus.

Baca: 10 Jenis usaha modal ringan cocok untuk pemula

Saran saya: Carilah orang yang sudah berpengalaman memotong rambut, jangan yang masih baru bisa. Usahakan dapat membuat model pangkasan terbaru saat ini. Dengan begitu menjadikan bisnis pangkas rambut mu terlihat memiliki inovasi.

Berikan juga promo-promo menarik misalnya: Jika membawa teman ikut berpangkas, maka akan mendapatkan diskon 50% atau mungkin 10 kali pangkas gratis 1 kali pangkas di kemudian hari. Buatlah promo semenarik mungkin.

Nah kamu lihat, ternyata banyak sekali usaha atau bisnis modal kecil yang bisa kita kerjakan. Jadi tidak ada lagi kata-kata yang dapat menghambat kamu dalam berbisnis hannya karena modal. Ternyata banyak bisnis modalnya tidak besar alias kecil.

10 Jenis usaha modal ringan cocok untuk pemula (Terbukti)

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda