Kumpulan Peluang Usaha Sampingan Terbaru Tahun Ini

peluang usaha modal kecil paling baru

Ilustrasi

Bingung mencari Peluang Usaha Sampingan Terbaru? Galau karena bisnis ditahun ini penuh dengan tantangan dan daya beli masyarakat yang sangat rendah? Jangan takut. Masih banyak peluang usaha sampingan yang bisa kita kerjakan sekalipun usaha utama kita melemah dari segi pendapatannya.

Ada pepatah bijak yang mengatakan “Jangan letakkan telur pada satu keranjang”. Mungkin ini sering di bicarakan dalam sebuah investasi. Tapi tahukah kamu bahwa ini juga berlaku dalam dunia usaha dikarenakan, usaha memerlukan investasi.

Tidak ada yang kebal, tidak ada yang tahan goncangan krisis, tidak ada yang mampu bertahan disaat semuanya goncang, termasuk usaha yang sedang Anda bangun. TAPI, bagaimana cara agar usaha kita dan pendapatan kita tetap berjalan, inilah yang HARUS dipikirkan senantiasa.

“Cara terbaiknya adalah dengan membuka beberapa usaha dengan jenis atau kategori yang berbeda”

Quote di atas harus kita ingat mulai hari ini. Dengan mengedepankan prinsip “jangan membuat investasi anda kedalam satu usaha saja”, marilah kita bijak menyikapi usaha saat ini yang akan kita bangun.

Sebelum saya jelaskan secara rinci, perlu saya berikan sedikit pandangan dan alasan mengapa kita harus membuat usaha lain setelah usaha yang satu berjalan. Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Mengapa kita harus membuat usaha yang lain

Seperti yang sudah saya sebut kan tadi di atas, bahwa pada akhirnya semua usaha akan terkena dampak krisis. Ini bukan hal yang tidak di prediksi dan bukan hal baru.

Indonesia telah mengalaminya dalam 20 tahun terakhir, dan itu berulang kali terjadi. Kita ingat kembali ketika dimulainya revormasi tahun 1998, maka sudah ada beberapa kali kebangkitan perekonomian Indonesia, dan ada beberapa kali mengalami krisis kembali. Itu bukti bahwa yang namanya krisis akan kembali dan berulang. Hannya saja kita tidak tahu waktunya kapan. Bagian kita adalah MEMPERSIAPKAN agar ketika krisis tersebut datang, kita bisa tetap hidup tenang.

Itulah fakta yang selalu berulang dan terus menerus akan terjadi. Lalu apa yang menjadi bagian kita? Bagian kita adalah mengantisipasi. Yuk kita lihat bagaimana cara mengantisipasi jika kita sudah tahu suatu masalah akan datang.

Sama seperti Tsunami yang datang menerjang Aceh pada Desember tahun 2005, tidak ada antisipasi apapun dan tidak ada pemberitahuan apapun. Kamu ingat berapa banyak korbannya?

Korbannya sangat banyak bahkan sampai ke beberapa negara tetangga. Terbayangkah Anda kalau-kalau ada yang meberikan peringatan dan antisipasi, maka korban tersebut tidak akan terjadi sedemikian banyak.

Gelombang krisis juga demikian, terjadinya krisis tahun 1998 telah menelan banyak korban pengusaha dan masyarakat. Mereka yang tidak siap akan kena hantaman bahkan hantaman paling buruk adalah bangkrutnya banyak perusahaan dan toko-toko tutup karena penjarahan dan tidak mampu membuat bisnis baru karena tidak punya modal.

Kalau mau dijabarkan lebih panjang, intinya kita harus segera membangun usaha dan bisnis tidak pada satu sektor saja. Agar ketika satu sektor tersebut goncang dan mengalami krisis, maka usaha kita yang lainnya bisa menghasilkan dan menghidupi kebutuhan kita.

Apa Peluang Usaha Sampingan yang menguntungkan

Berikut akan saya bagikan beberapa peluang usaha sampingan yang bisa kita buat selain usaha utama kita:

1# Les Privat

Saya selalu menempatkan Peluang Usaha Sampingan les privat ini menjadi yang pertama. Alasannya sangat kuat loh. Semua anak akan membutuhkan sekolah, dan ketika anak-anak sekolah tersebut kesulitan dalam belajar, mereka akan mencari bimbingan les atau les privat. Jadi artinya orang tua akan memberikan les tambahan kepada anaknya. Jadi les privat bisa kamu kerjakan disela kerjaan dan usaha utama kamu. Jam kerjanya bisa kamu buat di malam hari mulai pukul 18.00 hingga 21.00

2# Jualan Online

Jualan online ini biasanya saya buat menjadi 2 bagian saja yaitu Memiliki produk atau tidak memiliki produk. Kalau kamu memiliki produk, maka kamu bisa menjual produk itu dari Facebook, Twitter, Google Plus atau sosial media lainnya, Termasuk juga bisa emnggunakan sosial Chatt.

Baca: 5 Aplikasi Chatt terpopuler di Indoensia

Tapi jika kamu tidak memiliki produk, maka kamu bisa jualan online dengan prinsip afiliasi (Affiliate) yaitu, kamu tawarkan barang orang lain, jika barang tersebut laku, maka kamu mendapatkan komisi.

Ini masih sangat jarang di lirik orang Indonesia, padahal ini mudah dan sangat mudah dilakukan loh. Kita tidak perlu keluar uang untuk modal, cukup langsung promosikan saja. Prinsip ini mirip seperti Dropship, tapi bedanya dia menggunakan Link afiliasi.

Saya melihat, afiliasi ini lebih mudah dikerjakan. Karena kita hannya promosi link produk saja. Berbeda dengan dropship dimana kita harus cari foto, kemudian promosi sana-sini dan lebih ribet. Kamu baca beberapa artikel mengenai afiliasi berikut ini:

Baca: Kaya dari bisnis afiliasi

Baca: Bisnis afiliasi menjadi incaran penjual online

3# Desain

Kamu mungkin bekerja menjadi salah satu karyawan swasta dan jam kerja kamu mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Pergi berangkat kerja jam 07.00 lalu begitu pulang kerja mungkin sampai rumah sudah jam 19.00 atau jam 7 malam. Sudah pasti kamu langsung ingin istirahat bukan?

Sekarang ada peluang bagi kamu yang suka mendesain. Apakah desain website, desain poudk, desain rumah, desain interior dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu kembangkan dan terus asah kemampuan kamu, lalu desain mu itu kamu jual saja. Toh untuk mendesain tidak dibutuhkan waktu khusus dan lama. Kalaupun waktunya butuh lama, kamu juga bisa melakukannya setelah pulang kantor. Asal mau dan bekerja keras, pasti kamu juga bisa berhasil.

4# Servis HP

Dulu saya sepele dengan paluang usaha sampingan ini. Sampai pada akhirnya saya melihat teman kontrakan saya, setelah pulang kerja dimalam hari, dia menservis Smartphone teman-temannya.

Saya bertanya “berapa ongkos jasa servis tersebut?” dia mengatakan bervariasi, bahkan ada yang satu handphone bisa mencapai Rp 300.000,- jasa servisnya. Sementara itu Sparepart yang diganti hannya bermodal 50.000 saja. Keuntungan yang tidak sedikit, padahal hannya dikerjakan setelah pulang kerja.

5# Membuat Website

Mungkin ini tidak semua orang bisa melakukannya, dikarenakan untuk membuat sebuah website dibutuhkan keahlian khusus.

Bagi kamu yang ada pemahaman atau basic mengoprek atau mengerjakan dan membangun website, silahkan kamu cari kerjaan dan projek di www.sribulancer.com disana banyak sekali proyek pembuatan website. Kamu bisa mendaftar dan mendapatkan penawaran bagus.

Baca: Booming kerja online – Kerja dari rumah dengan hasil menggiurkan

Baca: Pusat Lowongan Kerja Part Time Secara Online

6# Guru musik

Kalau kamu memiliki keahlian musik, gunakan untuk mencari peluang usaha sampingan seperti menjadi tutor atau guru les musik. Yang paling mudah adalah menjadi guru kursus musik gitar atau piano.

Mungkin kalau gitar dan piano sudah banyak, tapi tahukah kamu bahwa sekarang banyak yang mencari guru untuk bisa bermain keyboard? Bermain piano dengan keyboar ada sedikit perbedaan. Dimana untuk bermain keyboard tidak harus mengerti membaca not balok, tapi cukup memahami chord dan tangga nada, dan fungsinya juga untuk mengiringi orang bernyanyi, jadi lebih mudah.

7# Jualan dipinggir jalan

Untuk Anda yang kebal terhadap malu mungkin ini adalah peluang usaha sampingan yang sangat menarik. Tidak banyak orang yang dapat melakukan hal ini. Ada dua hal yang harus dimiliki orang yang mau berjualan di pinggir jalan.

Pertama adalah tidak memiliki malu, alias cueklah. Sementara yang kedua adalah berani. Berani di sini maksudnya jangan takut untuk memulai. Jangan gengsi. Kebanyakan orang pintar tapi miskin itu karena gengsinya. Gengsi karena sudah kuliah dan sekolah tinggi tapi usahanya dipinggir jalan.

jualan dipinggir jalan

bagi kamu yang tidak memuliki gengsi, akan cepat berhasil dan sukses. Oleh karena itu, pastikan gengsi mu hilang, tidak usah gengsi. Tapi bekerjalah jujur dan ikhlas.

Nah, itulah beberapa peluang usaha sampingan yang mungkin bisa meng-inspirasi kamu untuk berusaha. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah: jangan malu, jangan takut, ikhlas, bekerja keras, jangan gengsi dan satu lagi tetap berdoa agar kamu sukses dikemudian hari.

Ingat: Semua usaha dan peluang usaha sampingan diatas bisa kamu kerjakan disela-sela usaha dan kerjaan utama kamu. Jadi kamu tidak perlu menghentikan usaha utama ataupun kerjaan utama kamu yah. Tujuannya agar cashflow keuangan mu tetap lancar. Sukses buat kamu semua.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda