5 Unsur Dasar Strategi Marketing

Ilustrasi - 5 Unsur Dasar Strategi Marketing

Ilustrasi – 5 Unsur Dasar Strategi Marketing

Merupakan suatu kegiatan memasarkan produk dengan menyebarluaskannya ditengah-tengah masyarakat, konsep marketing memiliki 5 unsur dasar dalam menjalankan strategi-strateginya.

Lima Unsur Dasar Strategi Marketing

1# Penentuan Pasar

Dalam Ilmu marketing, seorang seller (penjual) harus bisa menentukan segmentasi pasar dari barang yang dijualnya. Seller harus bisa membuat pengelompokan pasar, apakah [engguna dari barang-barang tersebut adalah anak-anak, remaja atau dewasa.

Penentuan segmentasi pasar memang penting karena merupakan dasar dari marketing. Perlu diketahui bahwa dalam pemasaran mengandung dua unsur yaitu unsur STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Place, Price,Promotion). Unsur-unsur tersebut saling berkait dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

Jadi, jika kita melakukan kesalahan dalam melakukan segmentasi, maka bisa dipastikan strategi, perencanaan dan program pemasaran selanjutnya (Targeting dan Positioning) juga akan salah.

STP sendiri merupakan salah satu metode pemasaran modern yang digunakan oleh banyak perusahaan. Meskipun demikian, ada juga beberapa seller yang memasarkan barangnya dengan menggunakan tiga tahapan pemasaran seperti berikut:

  • Mass marketing, dalam tahap ini, para penjual melakukan produksi bersama-sama dalam jumlah yang banyak dan melakukan distribusi dalam jumlah yang banyak pula serta promosi secara besar-besaran dari satu produk untuk semua konsumen.
  • Cara tersebut pernah juga dilakukan oleh Henry Ford ketika meluncurkan mobil seri T.  Metode ini biasanya dipakai untuk menekan harga (semakin banyak produksi, maka semakin rendah pula biaya produksinya). Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi harga penjualan.
  • Product variety marketing, dalam hal ini biasanya penjual menghasilkan beberapa produk dengan fitur, gaya, kualitas dan ukuran yang berbeda. Setelah itu, mereka menawarkan banyak variasi produk kepada konsumen.
  • Target Marketing

Dalam hal ini penjual mengelompokkan konsumen atau membedakan segmen-segmen pasar besar/utama. Setelah itu, para produsen tersebut meminta distributor untuk memasarkan barang sesuai dengan segmentasi pasarnya. Cara ini dipilih untuk menyesuaikan keinginan dan kebutuhan konsumen yang lebih spesifik.

Sebaiknya, kita tidak meremehkan segmentasi pasar. Hal tersebut dikarenakan jika salah menentukan sementasi pasar, kita akan menjadi rugi.

Baca juga: Belajar dari Strategi Marketing Matahari Dep.Store |Dahsyat

2# Perencanaan alam tahap Produk

Selain penentuan pasar, perencanaan produkpun juga perlu diperhatikan. Sebagai contoh, jika barang-barang tersebut ditujukan untuk ibu-ibu, maka produk tersebut sebisa mungkin dikemas dalam kemasan  warna yang lembut (soft), mudah untuk digunakan dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Jika barang tersebut ditujukan untuk anak-anak, sebaiknya barang tersebut dikemas dengan kemasan yang penuh warna (colorful). Kemasan dan perencanaan produk bisa memberikan efek yang luar biasa terhadap sukses tidaknya penjualan suatu barang.

3 # Manajemen Harga

Manajemen harga pun juga perlu untuk diperhatikan. Jika tidak diperhatikan dengn seksama, amak manajemen harga ini bisa memicu adanya persaingan. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa bagi sebagian konsumen, mereka masih mengutamakan harga. Mereka lebih suka membeli barang yang murah daripada barang yang mahal.

4 # Distribusi

Distribusi juga bisa dijadikan sebagai salah satu bagian dari strategi marketing. Dengan adanya distribusi ini, berarti akan ada 3 pihak yang akan dipuaskan yaitu: produsen, agen/reseller dan konsumen.

5 # Promosi dan Komunikasi

Dalam marketing, promosi menjadi salah satu  bagian terpenting. Untuk itu, biasanya para seller dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berbialam cara (komunikatif), ramah, sopan, dan tentunya memiliki kemampuan untuk membaca karakter lawan bicara.

Dalam ilmu marketing, ada lima bentuk promosi yang perlu diketahui. Kelima bentuk promosi tersebut adalah:

  • Promotion by product (promosi dengan produk. Misalnya beli dua gratis satu, laundry lima kali gratis voucherlaundry sekali.
  • Promotion by material (promosi dengan uang). Misalnya voucher potongan harga, cicil 3-4 kali tanpa bunga, harga grosir.
  • Promotion by costumer satisfaction (promosi dengan kepuasan pelanggan ). Misalnya: garansi diperpanjang, garansi purna jual, bisa ditukar jika kurang puas.
  • Promotion by achievement (promosi dengan prestasi)

Sebagai contoh, dalam kemasan produk dicantumkan sertifikat ISO, standar SNI, penerima penghargaan rekor MURI dan inovasi teknologi internasional.

Demikianlah  ulasan mengenai 5 unsur dasar strategi marketing. Semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses!

About The Author

Reply

Pesan Anda