M Banking BCA Rawan di Jebol – Jangan Lakukan 5 Hal Berikut Ini

m banking bca rawan di jebol karena hal berikut

Ilustrasi | BCA

Apa jadinya jika tiba-tiba Anda tidak bisa melakukan transaksi melalui m banking BCA? PASTI panik bukan? Yang membuat panik sebenarnya bukan masalah tidak bisa melakukan transaksi. Tapi semua uang Anda yang ada di dalam rekening bisa jadi diincar penjahat.

Tapi tahukah Anda bahwa terkadang kita sering sekali melakukan transaksi yang benar-benar seenaknya. Maksudnya tanpa memperhatikan betul apa yang menjadi privasi dari setiap transaksi yang kita lakukan melalui m banking BCA. Sebenarnya ini bukan hannya untuk bank BCA, tapi juga untuk semua bank. Hannya saja saya mengambil contoh bank BCA karena bank BCA ini adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia dan masyarakat banyak menggunakannya.

Pernahkah Anda mengetahui ada pembobolan rekening hannya dengan bermodalkan iseng dan kedekatan? Tapi itu memang bisa terjadi. Coba kamu bayangkan, pernahkah kamu Anda memberikan smartphone Anda kepada orang lain, dimana pada smartphone tersebut kamu sering melakukan transaksi.

Hati-hati terhadap hal yang seperti ini, kelihatan sederhana tapi ternyata dapat menimbulkan kerugian bagi kamu sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan smartphone kamu kepada orang lain apapun alasannya.

Berikut 5 hal yang membuat m banking bca rawan dijebol

1. Transaksi di warnet
2. Memberikan PIN kepada orang lain
3. Menyimpan password di kertas
4. Menyimpan password dan pin di handphone
5. Bertransaksi menggunakan perangkat orang lain

Kelima hal tersebut terlihat sangat sederhana, tapi sangat membantu agar tidak terjadi pembobolan M Banking BCA Anda. Lalu apa solusinya?

Baca: Inilah penyebab gagal cari uang dari internet

Solusi agar m banking bca tidak mudah di jebol

1# Jangan pernah melakukan transaksi di warnet

Warnet adalah tempat yang dipakai banyak orang. Srtiap beberapa jam akan ada orang baru yang akan menggunakan komputer yang sama. Itu artinya, ketika Anda melakukan transaksi dari komputer yang satu, maka besar kemungkinan orang yang berikutnya akan dapat melihat transaksi Anda.

password on paper

Ilustrasi

Oleh karena itu, saya menyarankan jangan pernah menggunakan warnet un tuk transaksi keuangan, walau hannya sekedar ingin menkonfirmasi pembayaran. Hal ini sangat berbahaya.

2# Menyimpan password di kertas

Bagi kita yang masih muda, mungkin hal seperti ini tidak akan kita lakukan. Bahkan penyimpan password atau PIN di smartphone juga jarang. Tapi bagaimana dengan orang tua?

password on paper

Ilustrasi

Orang tua atau yang setengah tua, biasanya sangat sering menuliskan sesuatu untuk memudahkan mereka mengingatnya. Saya sarankan agar tidak menulisnya di kertas. Ada baiknya PIN atau Password memang diingat.

Bisa saja kita lupa meletakkan kertas tersebut, sampai akhirnya ditemukan orang, dan kemudian mereka akan dengan mudah membobol m banking bca Anda. Usahakan Anda ingat baik Password ataupun PIN.

3# Memberikan PIN kepada orang lain

Sama seperti yang sudah saya katakan tadi, hal seperti ini mungkin tidak akan terjadi pada kita yang masih muda, karena daya ingat masih kuat. Bagaimana dengan orang tua?

password on paper

Ilustrasi

Pernahkan kamu mendengar ada pembobolan atau perampokan di mesin ATM? Hal ini tentu bisa juga terjadi. Oleh karenanya, jangan pernah memberikan PIN ATM anda kepada siapapun. Cukup Anda saja yang mengetahuinya, atau mungkin dengan suami atau istri Anda.

4# Menyimpan PIN dan Password di handphone

Sampai hari ini saya masih melakukan hal ini. Apakah ini salah? bisa jadi ini salah ketika kita tidak menjaga dengan baik. Jaman maju seperti sekarang ini, sangat sulit melepaskan handphone dan internet dari kehidupan kita. Oleh karenanya, apapun akan di simpan di handphone, dan celakanya, kita merasa percaya bahwa data tersebut akan AMAN.

menyimpan pin di smartphone

Ilustrasi

Sekali saja handphone tersebut pindah ketangan orang lain (hilang), maka semua password dan PIN Anda akan terbongkar, dan dia dengan mudah mengambil seluruh milik Anda.

Untuk hal-hal tertentu mungkin Anda dapat menyimpannya di handphone, tapi untuk password dan PIN m banking BCA dan bank lainnya, saya harap tidak anda lakukan lagi.

5# Bertransaksi menggungakan perangkat orang lain

Biasanya kedekatan kita kepada teman dan sahabat membuat kita lengah dan cenderung percaya 100% kepada teman kita. Padahal ini bisa menjadi bumerang bagi Anda.

menggunakan perangkat orang lain

Ilustrasi

Mungkin kamu tidak memiliki handphone atau laptop untuk bertransaksi, tapi karena ada teman kamu, maka kamu meminjamnya dan melakukan transaksi di perangkat tersebut. Berhati-hatilah karena “History” transaksi tersebut akan ter-rekam. Jadi ada baiknya kamu tidak melakukan transaksi keuangan dari perangkat orang lain. Kecuali memang Anda kenal betul.

Kelima hal diatas, jika Anda lakukan maka besar kemungkinan rekening BCA kamu akan dijebol orang. Jadi saran saya:

[blockquote author=”Jos”]Jangan pernah memberikan PIN dan Password kepada orang lain, atau bertransaksi dari tempat-tempat yang banyak digunakan orang[/blockquote]

Apakah hal ini menjamin? [textmarker color=”#2d7bbf”]BELUM TENTU[/textmarker], tapi paling tidak kita sudah dapat pelajaran baik, bahwa penting sekali menggunakan perangkat sendiri dan hannya kita yang mengetahui username dan password kita.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda