Marketing melalui internet (Bag1)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata “marketing“. Sebenarnya apa sih Marketing itu? Dalam bahasa indonesia artinya gak usah ribet-ribet, artinya pemasaran. Sesederhana itu saja artinya. Kalau dari internet saya kutip pengertianya seperti berikut ini “Marketing  adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia” nah…teman-teman malah ribet kan mengartikanya. Makanya saya menggunakan bahasa sehari-hari saja deh…artinya Pemasaran.

Kalau dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kita sering melihat orang memasarkan produknya. Produk yang dipasarkan tersebut ada yang berbentuk jasa ada juga yang berbentuk barang. Selanjutnya, mereka akan memasarkan dengan cara-cara yang unik.

marketing internet

marketing internet

Ada yang heboh seperti di pasar-pasar, pakai istilah “3 seribu” atau mungkin “2 sepuluh ribu, bonus kantong plastik” hahahaah…..yah kira-kira begitu. Kemudian kalau dalam kehidupan sehari-hari, biasanya orang memasarkan ditempat yang mereka sudah tahu bahwa tempat tersebut ramai pengunjung. Kalau kita di jakarta misalnya di tanah abang, di sana banyak sekali toko-toko, sehingga mereka harus pintar-pintar memasarkan barangnya agar laku. Karena kalau mereka tidak memasarkan dengan cara yang berbeda dan unik, mereka tidak akan laku. Mengapa? Karena banyak pesaing di sana.

Oleh karena itu dibutuhkan strategi-strategi marketing, baik yang sederhana sampai yang rumit “njelimett” Okelaah….kita tidak belajar yang njelimeettt…kita belajar yang sederhana saja yang versi media online. Mengapa kita belajar marketing di dunia online. Ternyata di dunia online pun mirip seperti di dunia offline. Banyak persaingan yang memiliki produk yang sama. Itu artinya jika kita tidak bisa memasarkan atau memarketingkan secara online, maka kita tidak bisa bersaing dengan orang lain. Itu artinya kita akan kalah dalam bisnis secara online.

Baik kita mulai dari yang sederhana :

MARKETING ONLINE BUTUH MEDIA

Dalam dunia online, kita membutuhkan media yang bisa menghubungkan kita dengan dunia online agar kita bisa menjual di dunia online istilah kerennya “marketing internet” atau “internet marketing” berarti kita butuh koneksi internet.

internet marketing

internet marketing

Sekarang ini perangkat-perangkat elektronik sudah canggih-canggih. Hp bisa terhubung dengan internet, laptop, PC bahkan Televisi sudah bisa terhubung dengan internet. Anda bisa bayangkan betapa luas yagn bisa dicapai dengan media internet ini, sehingga kita dengan mudahnya menjual produk kita kepada orang lain di seluruh penjuru dunia ini.

BUATLAH AKUN MEDIA SOSIAL

Untuk pemula, jika anda ingin memulai memasarkan melalui dunia online, pakailah akun yang tidak berbayar. Dalam hal ini anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, Path, Linkdin dan masih banyak lagi. Anda sesuaikan dengan yang sedang nge-Trend. Ikuti terus dan jangan sampai ketinggalan. Jika anda tertinggal, maka pangsa pasar anda akan diambil orang. FollowUp terus pelanggan-pelanggan anda. logo sosial mediaSelain akun media sosial, anda juga bisa membuat Blog. Sampai hari ini blog merupakan platform atau media berpromosi yang sangat ampuh. Kita bisa meletakkan banyak produk kita pada blog tanpa harus mengganggu privasi orang lain. Anda bisa membaca ebook saya tentang “Cara promosi tanpa mengganggu privasi orang lain” anda tinggal isi email pada form di samping. Jika anda ingin lebih profesional, anda bisa membuat website sendiri, seperti website saya ini www.marketingjoss.com dengan website pribadi, usaha kita akan terlihat lebih profesional.

PELAJARI TENTANG MARKETING INTERNET

Marketing melalui internet pada dasarnya sama dengan marketing pada dunia nyata. Hanya saja ada perbedaan sedikit.

Marketing SEO

Marketing SEO

Misalnya…dalam membuat website yang baik, dan bisa di index oleh mesin pencari google, anda harus membuat website anda sebagus mungkin. Bukan hanya dari sisi tampilan, tapi dari sisi SEO (Search Engine Optimization) yang familiar bagi mesin pencari seperti google. Buatlah kata-kata kunci yang relevan dengan produk anda. Misalnya anda menjual pakaian, maka buatlah kata kunci yang mengandung kata “pakaian” anda bisa melihat tutorial dalam bentuk video yang saya buat dengan judul “Mencari kata kunci” silahkan pelajari sebaik baiknya. Jika tidak bisa melihat video tersebut, anda bisa mengunjungi halaman Mencari kata kunci.

BUATLAH PENAWARAN SEMENARIK MUNGKIN

Supaya konsumen anda tidak kabur, maka buatlah daya tarik pada toko online anda, buat promo-promo yang menarik sehingga pelanggan anda sulit untuk pergi ke lain hati. Jangan b

Penawaran Menarik

Penawaran Menarik

 

erorientasi kepada untung semata, tapi pikirkanlah jangka panjang dari kesinambungan bisnis anda.

Promo seperti ini terlihat sangat sederhana akan tetapi ini sangat dahsyat. Banyak para pelaku marketing internet yang melakukan hal ini. Mereka tidak terlalu mengejar profit besar sesaat, tetapi mereka mengejar profit terus menerus berkesinambungan. Bagi anda yang pemula, anda bisa menerapkan ini kedalam bisnis online anda. Ingatlah baik-baik, bahwa banyak pesaing anda di dunia online, bahkan lebih banyak dari yang anda duga.

BERIKAN REWARD/BONUS UNTUK PELANGGAN LAMA

Bonus

Ini adalah cara marketing yang masih sangat ampuh sampai saat ini. Di dunia marketing internet hal ini sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan anda.

Bagi mereka yang sudah lama menjadi pelanggan anda, berikanlah bonus kepada mereka, agar mereka selalu berkunjung ke facebook anda, atau ke website anda. Saya sarankan anda memiliki website. Dengan memiliki website sendiri, anda bisa menjalin komunikasi dengan setiap pelanggan anda. Jadi para pelanggan setia anda tidak terlantar. Jika mereka terlantar, mereka bisa kabur kepada penjual lain.

Terapkanlah beberapa cara marketing internet di atas, agar usaha anda semakin maju.

Selanjutnya kita akan belajar marketing internet (bag2)

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda