Marketing Mix Lengkap Dengan Contoh Aplikasinya

marketing mix indonesiaDalam dunia bisnis sudah pasti dikenal yang namanya marketing. Marketing adalah Cara menginformasikan tentang sebuah produk dengan cara yang menarik dan lugas agar pendengarnya bisa memahami apa yang ditawarkan.

Tapi jika frends semua ingin lebih tahu penjelasanya silahkan baca tentang marketing dan pemasaran.

barang atau jasa yang ditawarkan biasanya memiliki kriteria dan funsi tertentu. Dengan demikian, maka cara memasarkanyapun tentu tidak sama.

Cara atau teknik pemasaran inilah yang harus kita pelajari agar kita mampu memberikan penawaran kepada calon pembeli sehingga pembeli mau membelinya. Istilah penawaran ini lah yang disebut dengan Marketing Mix. Marketing mix ini sudah banyak dikenal orang karena mudah menerapkanya. Biasanya marketing mix memiliki 7P dalam penerapanya. 7P yang dimaksud adalah :

  1. Product (barang yang ingin ditawarkan)
  2. Price (harga)
  3. Promotion (promosi)
  4. Place (tempat)
  5. Process (proses)
  6. People (Orang)
  7. Phsical Evidence (perangkat)

Apa itu Marketing Mix dan contoh aplikasinya

1. Product

Yaitu barang atau jasa yang akan diterima seorang pembeli ketika mereka mengeluarkan sejumlah uang. Barang/jasa tersebut yang kita jual biasanya bukan hanya sekedar menjual produk, tetapi juga kualitas pelayananya. Inilah yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi kita yang menawarkan nilai tambah.

Contoh : kita menjual handphone, tentu baiknya kita juga menawarkan services nya bukan??

2. Price

Price atau harga mengambil peran penting dalam penjualan atau marketing mix. Harga adalah seberapa besar nilai atau jumlah uang yang dibayarkan pembeli untuk mendapatkan sebuah produk barang atau jasa.

Contoh : Membeli sebuah handphone dengan harga 5juta, tentu akan berbeda dengan membeli handphone dengan harga 1 juta. Jadi sesuaikan harga yang tepat untuk barang/produk yang kita jual

3. Place

Place atau tempat ini menyangkut dimana kita akan menjualnya. Apakah di pasar tradisional, pasar modern, MALL, kafe, pinggir jalan dan masih banyak lagi.

Contoh : kalau kita menjual rokok di pinggir jalan, tentu tetap bisa laku. Tapi jika kita menjual sebuah parfum asli di pinggir jalan, maka orang akan bertanya “apakah barang tersebut asli atau palsu” Jadi, tempat mengambil peran penting dalam marketing mix.

Jika barang – barang yang frends tawarkan membutuhkan servis, misal seperti handphone dan komputer, maka ada baiknya bukalah juga services centernya di beberapa kota di Indonesia. Ini akan menunjukkan kesungguhan adna dalam menjual produk setelah terjual. (jadi bukan hanya ambil untung)

4. Process

Proses adalah tindakan yang kita ambil dengan waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang sudah kita rencanakan. Proses juga bisa tentang prosedur dan tata cara bagaimana cara atau teknim menjualnya. jadi tidak hanya sembarangan.

Contoh : Kita ingin menawarkan produk Asuransi, maka kita biasanya tidak akan langsung diterima. Tapi butuh banyak pertimbangan dari si calon nasabah asuransi. Tentau bagi kita ini adalah proses bukan??? Nah…ikutilah proses tersebut agar kamu bisa diterima. Mungkin awalnya frends akan ditolak, tapi dengan kegigihan pasti anda akan berhasil.

5. Promotion

Adakan promosi untuk barang atau produk yang baru keluar.

Contoh : bulan ini ada produk yang baru launching, maka ada baiknya anda membuat sebuah promosi bila perlu besar-besaran sehingga menancapkan Brand Awareness kepada seluruh masyarakat.

Promosi biasanya memberikan penawaran DISKON yang cukup besar, dan itu membuat oran tidak tahan. Menurut saya ini salah satu strategi marketing mix yang paling ampuh.

6. People

People ini menyangkut semua orang yang terlibat dalam marketing mix.

Contoh : Pada produk yang anda miliki atau buat, maka ada orang-orang yang memiliki bagianya masing-masing. Misal produk tersebut adalah produk fashion. Maka ada desainer, ada penjahit, ada sales dan marketer, ada stylish dan masih banyak yang lainya.

Buatlah kerjasama yang apik sehingga pada saat penawaranya dan launchingnya berjalan dengan baik sekali.

7. Physical Evidence

Maksud dari Physical Evidence adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan apa saja. Bisa saja kemasan, atau mungkin tataletaknya dan lainya.

Contoh : Kita menjual sebuah produk pemutih wajah dengan bungkusan yang menarik dan satu lagi tanpa bungkusan yang menarik. tentu respon orang yang melihatnya akan berbeda, dan itu berpengaruh kepada penjualan.

Dengan menerapkan 7 strategi marketing mix di atas, saya yakin anda akan bisa meraih sukses dalam penjualan di bidang bisnis yang anda geluti.

Pelajari juga teknik marketing online, maka akan menambah jangkauan dari promosi Frends secara geografis. Dengan strategi marketing mix online, jangkauan mulai dari sabang sampai merauke akan bisa tercapai dan biayanya pun sangat murah.

~Sukses untuk bisnis anda~

Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih 😀

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda