Memulai Bisnis Fotografi dari Hobi

Pernahkan anda tahu dan pahami bahwa iklan saat ini tidak hanya menggunakan tulisan? Iklan yang menarik dapat dibuat sedemikian sehingga pembaca atau orang yang melihat iklan tersebut dapat mengetahui isi dan makna dari iklan tersebut. Dengan demikian, tidak dipungkiri bahwa peran dari foto sangat membantu maksud dari pembuat iklan tersebut. Artinya, bahwa bisnis fotografi sejalan dengan perkembangan kemajuan di bidang periklanan.

Anda bisa bayangkan ketika suatu perusahaan memiliki sebuah produk yang sangat bagus dan dibutuhkan masyarakat, akan tetapi mereka tidak mengiklankanya dengan maksimal, mereka pasti tidak menuai sukses penjualan secara signifikan dan maksimal. Mengapa tidak? Karena….ada istilah “Kalau kita memiliki emas terbaik sekalipun, tetapi kira tidak memberitahukannya kepada orang lain, maka orang lain tidak akan mengetahui dan tidak akan mengerti kalau kita memiliki emas terbaik”. Artinya…produk secanggih dan sehebat apapun, jika tidak diiklankan dengan maksimal maka orang tidak akan tahu.

Untuk itu, anda yang memiliki hobi dalam fotografi, anda bisa memulai bisnis fotografi ini mulai sekarang, karena sangat banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi. Untuk menjadi seorang fotografer yang baik, mungkin anda harus kursus fotografi. Anda bisa mecari tempat kursus yang murah tapi berkualitas. Yang tidak pelit ilmu tapi harga kursusnya murah. nayaBagi anda yang di Jakarta, mungkin anda bisa mencari komunitas-komunitas fotografer. Mereka suka sharing ilmu tentang fotografi. Salah satunya Naya Comunity.

Beberapa komunitas fotografi yang bisa anda ikuti adalah sebagai berikut :

Canon Photo Club Indonesia (CPCI)
BLUB INDONESIA
Forum Kamera (FK)
Fotografer.Net (FN)
Jakarta Photo Club
Komunitas Kamera Digital
Ruang MES 56
Salon Foto Indonesia
Komunitas Photography Sidoarjo (KOPDAR)
Foto Kita
AYOFOTO! (AF!)
Klinik Fotografi Kompas (KFK)
Ini Fotoku
Indo Fotografer
Mata Semarang Photography Club
Komunitas Fotografer Semarang
Medan Photography Club
Komunitas Fotografer Tangerang
Komunitas Fotografi Gresik
Komunitas Fotografi Makassar
Komunitas Fotografi Bogor
Toba Photographer Club
Komunitas Fotografer Magelang
Komunitas Fotografi Kepri
Komunitas Fotografi Budpar (KFB)
Komunitas Fotografer Sendal Jepit Medan
Komunitas Penggemar Fotografi Solo (KPFS)
Base Camp Youth Photographer (BYOP) SURABAYA
Komunitas Fotografer Kla’P (Klaten PHOTOgrafer)
Komunitas Fotografi Pekanbaru Riau
Komunitas Photography Merangin (KPM)
KOMUNITAS FOTOGRAFI TEMANGGUNG (KOFORTE)
KPIF (Komunitas Photographer Indonesia di Fukuoka) JEPANG
Komunitas Fotografi Indonesia (KFI)

Yang perlu anda perhatikan ketika masuk komunitas fotografi adalah, jangan sok lebih hebat dari orang lain, tetap merendah dan mau belajar dari orang. Ingat ilmu padi, semakin memiliki kemampuan dan pengetahuan maka kita harus semakin rendah hati bro..hehehehe….

Ketika itu bisa kita bangun dengan baik dalam diri kita, maka bisnis fotografi kita akan lebih mudah dan lebih cepat berkembang. Mengapa bisa? Karena banyak komunitas yang sharing tentang job-job mereka. Mereka tidak pelit terhadap job yang ada.

Jadi sekali lagi secara singkat bisa saya informasikan kepada anda, untuk memulai bisnis fotografi beberapa hal yang anda perlu lakukan adalah, membeli kamera tentunya…hehehee…..bagaimana tidak…kalau mau foto,..pakai apa bro…wong gak punya kamera. Selanjutnya anda bisa belajar banyak dari internet. Istilahnya…anda belajar Otodidak dulu bro…biar gak kelihatan pemula banget….paling ga…bisa ngerti fungsi-fungsi kamera yang anda miliki, trus jangan lupa juga komputer atau laptop bro, gunanya untuk edit foto hasil jepretan kamu. Kalau ada lampu boleh juga tuh bro…biar bisa labih bagus ketika pencahayaanya kurang, selanjutnya barulah anda masuh komunitas fotografi. anda bisa sharing ilmu dan pengalaman yang baik. Mudah kan bro…? yuk…mulai bisnis fotografi dari sekarang yah…peluang usaha ini sangat menjanjikan loooh…hehehehe…..

 

Pasti bermanfaat, Salah Dahsyat dan Sukses

Related Posts

About The Author

No Responses

Add Comment

Pesan Anda