Mengapa Cara Marketing Xiaomi Ditiru Banyak Smartphone Lainya??

cara marketing xiaomi

Halo frends marjoss, apa kabar nih semua??? pasti sehat dan baik selalu yah. Tak lupa juga mengucapkan kata-kata semangat nih buat teman-teman semua “Berusaha belum tentu langsung berhasil. Tetapi berhasil di waktu yang akan datang HARUS diikuti oleh usaha yang terus menerus“. Tetap semangat yah Frends, karena kali ini kita akan membahas bagaimana cara marketing Smartphone Xiaomi sampai mampu menghantar mereka menjadi salah satu raksasa Smartphone hanya dalam 4 tahun, bahkan Samsung sampai keteteran mengimbanginya.

cara marketing paling dahsyat

Saat ini ketika kita mengatakan Smartphone Android Xiaomi, bisa dikatakan hampir seluruh pengguna smartphone mengetahui. Hal ini sama seperti kalau kita mngatakan Samsung kepada setiap orang. Tapi bedanya, begitu orang mendengar kata Smartphone Android Xiaomi, pasti yangdipikiran kebanyakan orang atau semua orang adalah FLASH SALE.

Apa itu Flash Sale?? Flash Sale adalah sebuah TEKNIK JITU yang digunakan Xiaomi dalam Cara Marketing mereka. Yang paling tidak disangka-sangka adalah, TERNYATA hal tersebut berhasil dilakukan di Indonesia. Mereka menggunakan teknik penjualan dengan sistem SIAPA CEPAT DIA DAPAT. Maksudnya bagaimana??

Kalau teman-teman Ingat pertama sekali Xiaomi masuk ke Indonesia, mereka TIDAK langsung menjual handphone Xiaomi. Saya ingat sekali ketika mereka mengikuti pameran di JCC Jakarta. Mereka sama sekali tidak menjual handphone di sana, seperti yang banyak dilakukan toko-toko lain atau perusahaan-perusahaan lainya.

Baca : Bisnis online shop akan booming tahun depan

Pada pameran tersebut, mereka HANYA memperkenalkan bahwa Xiaomi adalah ponsel buatan China dengan spesifikasi TINGGI, performa luarbiasa tapi harganya JAUHHHH sekali lebih MURAH dari handphone yang spesifikasinya sama. Hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri untuk Xiaomi. Sehingga mereka hanya CUKUP sekali saja memperkenalkan kepada masyarakat pada saat itu.

Persoalan berikutnya ternyata muncul yaitu, mereka tidak menjualnya melalui toko-toko atau toko perwakilan mereka. Inilah yang membuat banyak orang menanti-nanti kapan Xiaomi ini akan dijual.

Orang beranggapan, daripada harus mengeluarkan uang yang jauh lebih besar, tapi kualitasnya sama atau bahkan lebih tinggi dari smartphon pesaing lainya.

Mengapa Cara Marketing Xiaomi Ditiru ??

Keberhasilan cara marketing Xiaomi ini tidak lepas dari biaya marketing mereka yang sangat-sangat minim. Mengapa bisa terjadi??? Karena, ketika mereka membuat smartphone dengan kualitas lebih baik dari pesaing, tetapi harganya JAUH lebih murah, OTOMATIS orang akan dengan mudah menyebarkan informasi tersebut. Benar tidak??

Misal begini, kamu membeli sebuah baju merk Polo, kualitas baik sekali tapi hanya dengan biaya Rp 50.000,- yang menjadi pertanyaan, apakah kamu tidak akan mengatakanya kepada saudara, family dan teman-teman kamu??? bahkan kamu rela menuliskanya di sosial milik mu??

Itulah yang menjadi keunggulan Xiaomi ketika mereka memulai jejaknya di Indoensia. Sehingga, ketika Xiaomi masuk ke Indonesia, maka mereka menjualnya menggunakan media online. Mengapa harus media Online?? karena mereka sudah mengetahui sekali bahwa orang sudah menantikan kehadiran smartphone buatan mereka. Padahal harganya sangat murah.

Baca : Cara pemasaran produk pada dunia bisnis online

Jadi, dengan demikian mereka tidak membutuhkan Toko, tidak membutuhkan SPG yang nota bene gajinya lumayan tinggi, tidak perlu banyak karyawan dan masih banyak lagi biaya marketing yang terpangkas akibat penjualan secara online ini. Dan hasilnya adalah, pada waktu terjadi Flash Sale di Lazada, saya ingat sekali dalam waktu hanya kurang dari 1 menit (sekitar 44 Detik), sebanyak 20.000 unit smartphone Xiaomi ini ludes di beli orang. Luar biasa bukan??

Kita berandai-andai sedikit, kalau keuntungan Xiaomi saat itu adalah 100.000 per Handphone, maka dalam kurang dari 1 menit tersebut, mereka sudah mengantongi keuntungan 2 Miliar. GILAAAAA……

Tapi inilah namanya bisnis, ketika kita mengetahui dengan benar cara dan tekniknya, maka keuntungan sebesar itu SANGAT mudah didapatkan.

Nah, dengan Cara Marketing seperti itu, akhirnya banyak yang mulai melakuan sama seperti smartphone yang dibesut oleh Hugo Bara ini.

Selanjutnya, apakah kamu akan meniru teknik marketing Xiaomi ini untuk produk kamu?? BISA SAJA. Yang jelas, kamu harus memiliki keunggulan dan Inovasi yang lebih dari kompetitor agar bagaimanapun cara kamu menjualnya kamu tetap dicari dan diperebutkan orang. Istilah kerennya “Kamu layak diperjuangkan“.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda