Mengenal Google Adsense

Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang Google Adsense. Banyak orang merasa penasaran dengan Google Adsense yang dikenal dengan “mesin uang” ini. Sudah banyak kisah sukses orang-orang yang menjalankan bisnis ini. Apakah Anda tertarik dan ingin menjajal keberuntungan Anda?

Apa itu Google Adsense?

Google Adsence merupakan salah satu program dari Google yang saat ini sedang digemari karena menjanjikan peningkatan pendapatan bagi para anggotanya. Merupakan program layanan iklan yang disediakan oleh Google, para pemilik blog atau web akan dibayar jika menayangkan iklan-iklan Google.

Bagaimana Potensi Pendapatan Publisher Google Adsense?

Besar pendapatan yang diterima berdasarkan jumlah klik iklan oleh pengunjung. Para publisher Adsense mengenal istilah pay per click (PPC) yaitu metode pembayaran sesuai dengan jumlah klik pada iklan yang ditempatkan pada blog/ website. Jumlah komisi yang diterima tergantung jenis iklan yang ditempatkan pada blog/web tersebut. Iklan akan ditempatkan sesuai dengan isi/conten situs oleh Pihak Google.  Apabila content blog mengenai kecantikan, maka iklan yang akan ditampilkan pada blog tersebut juga berkaitan dengan bidang kecantikan.

Harga pay per click (PPC) ditentukan oleh pemasang iklan. Para pemasang iklan bisa saja membayar lebih untuk setiap kliknya.  Dalam beberapa situs, publisher juga mengenal istilah situs niche. Situs niche merupakan situs dengan kata kunci (keyword) tertentu. Hal tersebut dipengaruhi oleh kata kunci yang terdapat dalam blog. Setiap kata kunci dihargai masing-masing oleh pemasang iklan. Untuk kata-kata kunci yang memiliki nilai tinggi sering disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Misalnya dalam blog kecantikan, kata kunci cantik bisa meraih 0,5  dolar per klik. Berbeda dengan kata kunci wisata yang bisa meraih 30 dolar per klik.

Misalnya situs yang kita buat sudah dikunjungi 2000 orang per hari. Berapa kira-kira pendapatan yang bisa kita terima selama 1 bulan?  Jika terdapat 10% pengunjung yang melakukan klik dengan komisi 1 dolar per klik, 200 dolar/hari dapat kita dapatkan. Jika kita hitung pendapatan bulanannya, 6000 juta per bulan bisa kita dapatkan. Pendapatan yang akan kita terima lumayan bukan?

Bagaimana Cara  Menjadi Publisher Google Adsense?
Untuk mengikuti program ini, memiliki situs web/blog adalah langkah awal yang dapat kita persiapkan. Situs web/blog tersebut merupakan media tempat menampilkan iklan. Seperti seorang pedagang yang memiliki toko untuk menampilkan barang dagangannnya, begitu pula seorang publisher adsense memiliki situs blog/ web sebagai media untuk menempatkan iklan. Situs yang Anda buat sebaiknya memiliki topik/niche yang spesifik.

Berikut ini langkah-langkah membuat blog adsense:

  • Daftarkan Blog Anda di Blogger.com
  • Tentukan niche blog yang akan dibuat, misalnya: kesehatan, musik dan teknologi
  • Posting 10-20 artikel sesuai niche yang sudah Anda pilih.

Setelah itu, Anda dapat melakukan registrasi Google Adsense. Google akan melakukan penilaian pada situs Anda. Jika situs Anda memenuhi kriteria Google Adsense, maka pihak Google akan menginformasikan pada Anda.

Jika pengajuan diterima, Google akan memberi perintah pada Anda untuk memasang iklan kedalam blog sebagai review kedua. Jika blog telah di approve kembali, Anda bisa menambah dan memasang iklan diblog.

Langkahnya selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung. Tanpa pengunjung kita tidak akan pernah mendapatkan komisi, kita hanya akan dibayar apabila setiap pengunjung melakukan klik pada iklan yang ada di blog/web kita. Semakin banyak visitor blog Anda, semakin tinggi pula kemungkinan iklan di klik, komisi yang kita terimapun semakin banyak.

Kunci utama agar blog kita ramai pengunjung ialah harus berusaha semaksimal mungkin  memperkaya konten blog kita dengan artikel-artikel bermanfaat. Hindarilah tindakan-tindakan mengejar trafik dengan cara yang tidak sehat. Gunakan teknik mencari trafik blog dengan cara sehat.

Jika Anda ingin berbisnis internet, inilah saatnya! Yang Anda perlukan hanyalah ketekunan dan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kesuksesan tidak didapatkan dengan cara yang mudah dan cepat. Untuk mencapai kesuksesan, harus mempunyai sifat pantang menyerah. Dengan Google Adsense, usaha untuk mencapai kesuksesan tidak sesulit yang dibayangkan. Salam sukses.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda