Menghapus Link Erorr Menggunakan Google Webmaster Tools

webmaster tools 1

Pernahkah anda melihat website orang atau bahkan website milik kamu sekalian yang tadinya sudah berada di halaman depan tidak lama kemudian berpindah kehalaman belakang? sementara mungkin anda tetap melakukan postingan update sitiap hari, bahkan mungkin 3 sampai 5 artikel setiap hari? Berhati-hatilah karena itu pertanda website anda kurang sehat. Pada intinya saya ingatkan kembali, bahwa google adalah mesin pencari TERNAMA dan nomor satu di dunia. Itu berarti google ingin selalu memberikan hasil terbaik dari pencarian setiap penggunanya. Baik pengguna yang menggunakan Desktop ataupun Mobile Devices.

Coba bayangkan (Mikir seeeek yoooo….), Kalau google terlalu sering memunculkan web atau gambar yang tidak relevan kepada setiap orang yang menggunakanya. Bisa dipastikan tidak akan lama mereka tidak akan dipakai oleh Miliaran orang di seluruh dunia ini. Lah iya toh…masak ketika orang mencari “Cara Untuk Diet” malah yang dikeluarkan misalnya “Cara memasak nasi” kan males toh sampeyan?? hahhhaha….. Nah oleh karena itu, Google akan menurunkan peringkat sebuah website jika kurang relevan termasuk jika memiliki banyak Link Mati di dalamnya. Solusi terbaiknya tentu harus menghapus link-link tersebut agar menjadi sehat. Bisa dipastikan tidak mungkin google sendiri yang menghapus link-link tersebut karena website yang didaftarkan ke google bukanlah milik mereka. Oleh karena itu, anda yang memiliki hak atas website tersebut harus Menghapus Link Erorr Menggunakan Google Webmaster Tools.

Silahkan buat akun Gmail agar anda bisa login ke google.com/webmastertools.

Baca Juga : Cara membuat Email Google

Setelah itu silahkan masuk ke google webmaster anda dengan link Google.com/webmaster/tools Lihat gambar jangan sampai tertipu atau keliru

cara menggunakan google webmaster tools

Klik Untuk Memperjelas

Lalu klik Link yang ditunjukkan google tersebut, dan login menggunakan akun Gmail anda

cara menggunakan google webmaster tools1

Klik Untuk Memperjelas

Berikutnya lihat gambar di bawah ini, Pastikan website yang anda pilih adalah yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jika belum didaftarkan, maka klik tombol ADD SITE Lalu tambahkan website yang ingin di inspeksi oleh google webmaster.

cara menggunakan google webmaster tools2

Klik Untuk Memperjelas

Setelah anda pilih website yang akan di cek link erorrnya, maka tampilanya akan berubah menjadi seperti gambar di bawar ini :

cara menggunakan google webmaster tools3

Klik Untuk Memperjelas

* Pilihlah Menu Crawl > Crawl Erorrs maka akan kita temukan 2 tab di sana, yang pertama TAB Desktop dan yang kedua adalah TAB Smartphone. Dari gambar saya terlihat bahwa tidak ada erorr yang ditemukan google pada website saya www.marketingjoss.com akan tetapi ketika saya membuka TAB Smarphone, maka teman-teman bisa melihat ada 21 Erorr yang ditemukan.

cara menggunakan google webmaster tools4

Klik Untuk Memperjelas

Dan jika kita lihat ke bawah, memang benar ada 21 link yang erorr, dan setelah saya coba satu-satu, link tersebut benar-benar tidak berfungsi dengan benar. Oleh karena itu, saya harus menghapus link tersebut.

cara menggunakan google webmaster tools5

Klik Untuk Memperjelas

Ambillah link tersebut, bisa dengan cara mendownload nya, atau copy dan paste di sebuah NOTEPAD. Setelah itu, buka menu GOOGLE INDEX > REMOVE URL, lalu klik tombol CREATE a NEW REMOVAL REQUEST. Pastikan sesuai dengan gambar yang di bawah ini.

cara menggunakan google webmaster tools6

Klik Untuk Memperjelas

Isikan atau Paste link yang sudah dicopy tadi kedalam kolom, lalu klik tombol Continue.

cara menggunakan google webmaster tools7

Klik Untuk Memperjelas

Maka akan muncul Sebuah pilihan seperti pada gambar, pilih Remove Page From Search Result and Chache Lalu Klik tombol Submit.

cara menggunakan google webmaster tools8

Klik Untuk Memperjelas

Yang muncul selanjutnya adalah seperti pada gambar di bawah: Tercatat jelas link yang kita Submit ke google untuk dihapus dari direktory mereka, kemudian kita lihat statusnya “Pending” itu disebabkan Google membutuhkan waktu untuk memeriksa link tersebut, dan kemudian menghapusnya.

cara menggunakan google webmaster tools9

Klik Untuk Memperjelas

Dengan demikian, dalam beberapa waktu kedepan link tersebut akan dihapus dari peng-Indexan google. Sangat mudah bukan??

Saran saya, agar anda tidak repot-repot menghapus link yang mati seperti itu, pastikan ketika anda memposting sebuah artikel atau gambar atau apapun, pastikan link tersebut aktif, agar website anda tetap dalam kondisi baik dan sehat menurut google. Semoga berhasil…

 

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda