PASTIKAN Pengunjung Website atau Blog Anda Tidak Hanya Lewat

pengunjung websiteUntuk teman-teman blogger yang baru mulai membuat blog atau sudah punya blog tapi pengunjungnya masih sedikit, bisa dipastikan akan berusaha meningkatkan trafik ke website atau blognya. Terserah alasanya bisa ingin menjual barang, ingin menjual jasa, ingin trafik tinggi supaya iklan adsense di klik dan masih banyak lagi alasan “mengapa trafik website atau blog harus tinggi. yaah…sama seperti saya dahulu kala ketika baru memulai membuat website.

Akan tetapi masih ada kabar yang kurang menyenangkan bagi anda yang memiliki website atau blog dengan kunjungan atau trafik yang tinggi. Trafik yang tinggi terkadang tidak menghasilkan tujuan kita tercapai secara maksimal. Penyebabnya banyak. Tapi saya tidak akan menjabarkan yang banyak itu, saya akan menjabarkan yang sedikit saja yah…heheheeh…..karena kalau banyak….maka teman-teman akan melihat tulisanya udah panjaaaanng dan ribet, akhirnya teman-teman akan males belajar dan membacanya.

Saya akan memberikan sedikit tips bagaimana agar Pengunjung Website/Blog Anda Tidak Hanya Lewat. Maksudnya pengunjung tersebut hanya sekedar melihat kemudian hanya beberapa detik kemudian, mereka meninggalkan website atau blog saudara. Mari kita ulas yah…

Kita sepakati dulu bahwa, pengunjung website atau blog belum tentu PEMBELI atau PEMBACA yang budiman. Tapi PEMBELI atau PEMBACA yang budiman, sudah bisa dipastikan adalah PENGUNJUNG, dan bisa jadi PENGUNJUNG yang SETIA 🙂

1. Gunakan Font Size dan SPACING yang BAIK

Maksudnya adalah seperti yang saya buat ini. Coba lihat postingan saya ini, antara judul dan penjelasanya sangat mudah dibedakan dan tidak ribet. Artinya pembaca merasa Comfort membaca tulisan saya. Buat besar tulisan sekitar 9Px – 11Px, tapi jangan terlalu besar. Alasanya ketika website anda dibuka di HP (Hand Phone) tidak hanya tulisan besar yang terlihat. Pintar-pintarlah dalam mengatur.

2. HARUS Berinteraksi dengan Pembaca

Sudah tidak jaman lagi anda membuat artikel atau posting barang yang bagus dan murah, tapi INTERAKSI dengan pembaca atau pengunjung tidak ada. Jika teman-teman mau setiap pengunjung tersebut bertahan dan selalu mengunjungi website atau blog anda, pastikan anda berinteraksi dan menjawab keluhan-keluhan mereka.

3. Postingan Singkat tapi Kaya Makna

Survey membuktikan bahwa orang yang mengunjungi website paling lama menghabiskan waktu dalam membaca artikel kurang dari 3 menit. Itu artinya artikel anda tidak boleh melebihi 1500 kata. Lebih dari itu, maka bisa dipastikan pengunjung akan males untuk datang lagi, karena dianggap bertele-tele.

4. Jangan Terlalu Banyak Gambar

Beberapa pakar artikel mengatakan bahwa gambar yang paling ideal di sisipkan dalam sebuah artikel adalah berjumlah 3 gambar. Jadi pastikan artikel anda hanya memiliki 3 gambar paling banyak dalam 1 artikel. Kecuali website anda bertujuan menjual produk. Sudah tentu gambarnya banyak….hahahahah

5. Buat Kesimpulan Artikel

Kalau ini khusus bagi anda yang menyediakan artikel-artikel dalam website atau blog anda. Tujuan kesimpulan adalah bahwa pengunjung website atau blog mendapatkan ringkasan JELAS dan PADAT dari apa yang anda bahas. Bahkan yang saya tahu dari Website e-commerce terbesar di Indonesia seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Qoo10, Rakuten, Elevenia dan lain-lain, mereka sudah mulai menerapkan yang namanya REVIEW dalam bentuk artikel dengan cara memberikan testimoni tentang produk yang dijual dan tentang Servis mereka. Dalam artikel tersebut mereka memberikan kesimpulan bahwa produk dan layanan toko online tersebut benar-benar bagus, dan pengunjung nya dapat POIN. Menarik bukan??

6. Akses yang Lambat

Pastikan website anda bisa diakses dengan cepat, apalagi jika dibuka menggunakan Mobile Device. Hari gini pasti banyak orang yang tidak suka jika website diakses terlalu lama. Mereka dengan mudah meninggalkan web/blog anda. Untuk mencoba kecepatan website anda, silahkan klik test website developer google

Kesimpulan

Patikan website atau blog anda tidak hanya sekedar dikunjungi banyak pengunjung (Visitor) akan tetapi pastikan juga bahwa mereka betah berlama-lama karena ada sesuatu yang bisa mereka dapatkan di dalam website anda. Pastikan juga Website anda kaya konten dan desainya bagus, sehingga mata pembaca nyaman melihatnya.

Related Posts

About The Author

11 Comments

Add Comment

Pesan Anda