Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah yang Menggiurkan

Merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia, jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dipercaya menyembuhkan beberapa penyakit, jahe juga sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Di Indonesia, terdapat 3 jenis jahe yaitu: jahe putih/kuning, jahe gajah/badak dan jahe merah. Kali ini kita akan mengulas tentang peluang usaha budidaya jahe merah. Budidaya jahe merah memiliki peluang yang cukup menggiurkan di dunia bisnis.

Peluang Usaha Budidaya Jahe Merah yang Menggiurkan

Mengapa kita perlu melakukan budidaya jahe merah? Banyak alasan yang mendasari hal tersebut. Jahe merah akan mendatang keuntungan yang berlimpah jika dibudidayakan karena manfaatnya yang sangat kaya. Memiliki kandungan minyak asiri yang melimpah, jahe merah dipercaya dapat mencegah gejala masuk angin, menghangatkan badan dan mampu mencegah sinar radikal bebas masuk ke tubuh kita. Oleh sebab itu permintaan pasar  baik lokal maupun internasional akan jahe merah selalu mengalami kenaikan.

Tentunya hal tersebut menjadi peluang yang besar bagi Anda jika melakukan budidaya jahe merah. Dengan modal yang relatif sedikit (bergantung pada skala budidayanya), Anda sudah bisa membudidayakan jahe merah. Selain itu, jahe merah dapat ditanam dimanapun kita berada. Tak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki lahan yang luas. Budidaya jahe merah dapat dilakukan di lahan yang sempit dengan polybag. Perawatan jahe merahpun juga sangat mudah.

Analisa Modal Budidaya Jahe merah

  1. Modal Awal

Sebelum menentukan modal awal, persiapkan terlebih dahulu perlengkapan yang mendukung kegiatan budidaya diantaranya: polybag, bibit jahe dan pupuk. Berikut ini adalah analisis usaha jahe merah dengan skala kecil:

  • Bibit Jahe : 100 x Rp. 3.500,- = Rp. 350.000,-
  • Polybag 4 x @Rp.25.000,- (@ isi 30 ) = Rp. 100.000,-
  • Pupuk, alat serta obat = Rp. 400.000,-

Analisa tersebut merupakan perkiraan saja, Anda dapat memulai usaha ini dengan modal yang lebih kecil atau lebih besar tergantung analisa Anda. Selain menggunakan polybag, Anda juga dapat menggunakan sak/ karung bekas ukuran kecil-sedang. Cukup menghemat anggaran bukan?

  1. Penanaman

Apabila seluruh kebutuhan tersebut sudah siap, langkah selanjutnya ialah proses penanaman.

Sesudah seluruh kebutuhan di atas lengkap maka langkah selanjutnya merupakan penanaman. Langkah pertama dalam proses penanaman ialah melakukan penyemaian bibit. Penyemaian bibit ini memerlukan waktu sekitar 5-7 hari. Tunggulah hingga bibit mengeluarkan tunas. Setelah bibit mengeluarkan tunas, pindahkanlah bibit bertunas tersebut ke polybag yang sudah disiapkan. Saat proses pemindahan tersebut, perhatikanlah isi polybag. Polybag sebaiknya sudah diisi campuran tanah dan bokashi dengan perbandingan 3:1. Perbandingan tanah harus lebih besar dari bokashi. Selanjutnya, isi setiap polybag dengan 2 tunas jahe merah. Upayakan secara rutin menyirami tunas tersebut setiap hari 2 kali sehari pada minggu pertama setelah ditanam. Hal tersebut dilakukan supaya bibit jahe dalam keadaan segar dan tidak mudah layu.

Saat masuk pada umur 2 bulanan, perhatikanlah apakah sudah muncul rimpang atau belum. Jika rimpang sudah terlihat muncul, timbunlah rimpang tersebut dengan campuran bokashi dan tanah. Terus-menerus lakukanlah hal tersebut hingga tiba masa panen jahe merah yaitu sekitar8-10 bulanan. Anda juga dapat menambahkan pupuk organik untuk memperoleh hasil panen yang maksimal.

  1. Perkiraan Penghasilan

Anda dapat memperoleh keuntungan hingga puluhan juta rupiah dengan menanam 100 bibit jahe merah. Bisa Anda bayangkan potensi pendapatan Anda setiap bulan? Dalam analisis tersebut, 1 polybag tanaman jahe merah mampu menghasilkan panen hingga 20 kg lebih. Jika Anda menanam jahe sebanyak 20 polybag, Anda akan memperoleh 400 kg jahe setiap panen. Apabila harga jahe per kg Rp. 20.000, Anda akan mendapat keuntungan sebesar Rp. 8.000.000,00

Analisi usaha diatas baru perkiraan saja. Tentunya besar keuntungan yang nantinya Anda peroleh bergantung pada banyak atau sedikitnya jahe yang dihasilkan dan berapa harga jahe merah yang ada di pasaran. Demikianlah ulasan yang dapat kami sajikan, semoga  referensi usaha budidaya jahe berguna bagi Anda. Terimakasih telah membaca ulasan ini. Sukses selalu.

About The Author

Reply

Pesan Anda