Peluang Usaha Kuliner Modal Ringan yang Mudah Dijalankan

Minuman dan makanan adalah kebutuhan pokok yang kita konsumsi setiap hari. Tidak mengherankan jika usaha kuliner terus mengalami perkembangan dari tahun – ke tahun. Menjadi primadona di beberapa kota wisata di Indonesia, banyak para pelaku bisnis melirik usaha ini. Di Bali, Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan Jakarta banyak sekali kita temukan beragam jenis warung tenda, lesehan dan rumah makan. Ini potensi yang bisa kita kembangkan bukan?

Target pasar yang luas meliputi banyaknya kunjungan wisatawan adalah peluang yang sebaiknya kita manfaatkan. Bagaimana dengan anggaran yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini? Tak perlu khawatir Anda bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu. Dengan konsep usaha skala kecil menengah, Anda akan membutuhkan modal yang relatif lebih kecil. Tak hanya mempersiapkan modal saja, ketrampilan Anda dalam mengolah makananpun juga perlu diasah untuk menghasilkan olahan makanan yang lezat.

Apa saja contoh peluang usaha kuliner yang dapat Anda jalankan dengan modal kecil? Berikut ulasannya:

1 # Usaha Membuat Snack atau Makanan Camilan

Anda bisa mengawalinya dengan berbisnis kuliner jenis makanan ringan. Merupakan jenis makanan ringan yang banyak disukai berbagai kalangan, ide usaha ini cocok untuk Anda yang masih newbie dalam berbisnis. Makanan ringan seperti snack, kue kering dan keripik dapat menjadi produk yang Anda promosikan ke pelanggan.

Sebaiknya gunakanlah ketrampilan Anda untuk mengolah makanan sendiri. Hal tersebut akan mendatangkan keuntungan yang jauh lebih besar. Gunakanlah momen-momen khusus untuk mempromosikan produk Anda. Saat Lebaran, Natal maupun Tahun Baru merupakan peluang Anda untuk meningkatkan keuntungan dengan berjualan kue kering buatan sendiri.

Dalam menjalankan usaha ini, pilihlah lokasi yang mudah terjangkau target market Anda. Tempat-tempat ramai di sekitar kampus dan kos-kosan dapat menjadi lokasi yang memiliki prospek cerah di bisnis ini.

2 # Menjual Aneka Gorengan

Gorengan merupakan salah satu kuliner yang sangat disukai banyak orang di berbagai usia. Dikenal dengan harganya yang murah, gorengan sangat nikmat bila disantap saat sore hari sambil ditemani minuman hangat.

Untuk menarik minat pembeli, mulailah usaha ini dengan terus berinovasi. Buatlah gorengan dalam bentuk yang beranekaragam dan  beravariasi rasanya. Tahu isi bakso pedas, pisang goreng krispi dan singkong goreng keju dapat Anda olah untuk menampilkan produk gorengan yang lebih unik dan menarik.

3 # Usaha Minuman Segar atau Jus

Minuman segar atau jus merupakan peluang usaha kuliner ynag cukup menjanjikan dan sangat mudah dijalankan. Dengan target pasar kalangan mahasiswa dan remaja, inovasi aneka jus dan minuman segar  akan terus mengalami peningkatan. Ide kreatif yang terus berkembang sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini.

Berbagai kemasan dan nama minuman yang unik akan mendorong para pelanggan untuk mencoba membeli. Tentunya rasa yang enak dan segar menjadi salah satu faktor penting keberhasilan dalam menarik minat pelanggan.

Andapun dapat menjual beragam minuman tradisional. Mempopulerkan jenis minuman-minuman tradisional  merupakan daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Bandrek, bajigur dan sari jahe dapat Anda sajikan dengan nuansa yang lebih modern. Tentunya tanpa meninggalkan ciri khas tradisional yang sudah melekat.

4 # Usaha Catering

Usaha catering terus mengalami peningkatan dari tahun- ke tahun. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat membuat para pelaku bisnis ini semakin bertambah. Gaya hidup masyarakat yang serba instan membuat usaha kuliner semakin berkembang. Para pekerja kantoran dan mahasiswa banyak menggunakan  jasa catering karena lebih praktis dan waktu yang lebih efisien. Hal tersebut membuktikan bahwa usaha catering memiliki prospek yang bagus dan cukup menjanjikan.

Usaha ini dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil. Anda bisa memulainya dengan alat-alat dapur yang sudah Anda miliki. Untuk biaya bahan baku dapat Anda siasati dengan meminta DP terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi beban biaya modal dalam pengolahan makanan tersebut. Saat usaha Anda mulai berkembang, tingkatkanlah skala usaha Anda menjadi lebih besar.

5 # Bisnis Warung Makan Tenda

Warung makan tenda biasanya menyajikan beragam menu dengan harga terjangkau. Bisnis warung makan tenda dapat Anda jadikan peluang bisnis yang memiliki prospek cerah. Para mahasiswa dan karyawan adalah target pasar bisnis ini. Tempat yang sederhana namun memiliki aneka olahan menu yang variatif akan menarik perhatian para pembeli.

Bisnis warung makan tenda cukup mudah dijalankan. Kemampuan mengolah makanan yang enak dan memiliki lokasi yang strategis untuk berusaha adalah faktor pendukung kesuksesan Anda dalam bisnis ini.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa peluang bisnis kuliner yang mudah dijalankan dengan modal kecil. Bagaimana dengan Anda? Tertarikah dengan ide-ide usaha tersebut? Pilihlah ide usaha yang cocok dengan minat dan kondisi Anda saat ini. Salam sukses.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda