Peluang Usaha Menguntungkan: Jualan Di Pasar Online

Peluang Usaha Menguntungkan: Jualan Di Pasar Online

Peluang Usaha Menguntungkan: Jualan Di Pasar Online

Tak perlu repot dan bingung untuk memulai usaha online bagi pemula, jualan di pasar online adalah solusinya. Tanpa perlu belajar mendalam untuk buat website, tanpa perlu berusaha menciptakan traffik bagi toko Anda. Logikanya hanya sejauh Anda tahu apa yang ingin dijual dan langsung ingin berjualan dalam 5 menit ke depan, maka inilah solusi tepat buat Anda.

Keuntungan Jualan di Pasar Online

Saat ini, itu semua bisa Anda dapatkan gratis. Jika Anda pertimbangkan benar-benar, akan terlihat begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan memulai usaha online melalui cara ini. Berikut sekilas keuntungannya :

  1. Tidak perlu repot COD, pembeli aman belanja menggunakan fasilitas gratis Rekening B
  2. Verifikasi pembayaran secara otomatis dari semua bank di I
  3. Hitung ongkos kirim sudah otomatis dan real time karena sudah terhubung dengan beberapa jasa logistik besar di indonesia.
  4. Bebas komisi penjualan.
  5. Memberi konsultasi bisnis tentang tips dan trik jualan online.
  6. Mengirimkan notifikasi sms setiap ada pesanan.
  7. Mendapatkan feedback positif otomatis walau pembeli tidak memberi feedback.
  8. Langsung terima uang pembayaran setelah pembeli konfirmasi terima barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim kurir.

Selain keuntungan diatas, tentu ada pula kelemahannya, karena anda berjualan di situs web orang lain, pasti akan ditemui adanya keterbatasan saat akan membangun brand anda sendiri.

Baca Juga:  Jualan Online Sudah Sama Seperti Jualan Di Pasar Tradisional

Untuk pemula, mari buat permulaan bisnis melalui pasar online. Anda bisa manfaatkan pasar online untuk mendapatkan pengalaman, penghasilan dan pembeli terlebih dahulu, karena nantinya Anda akan berkesempatan membuat website sendiri. Hal tersebut merupakan peluang yang baik untuk bisnis Anda bukan?

Peluang Usaha Menguntungkan: Jualan Di Pasar Online

Peluang Usaha Menguntungkan: Jualan Di Pasar Online

 Pasar Online di Indonesia

Cobalah daftar ke beberapa pasar online di bawah ini, biarkan diri Anda menjelajah setiap fasilitas dan sudut etalase lapak Anda. Dan tidak ada salahnya menanyakan langsung ke admin, jika ada kesulitan atau perlu penjelasan lebih lanjut. Berikut pasar online besar di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan:

  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. Kaskus FJB
  4. OLX
  5. eBay (internasional)

Penentuan pasar online di atas masih awal dalam memulai usaha online. Langkah selanjutnya menentukan produk. Produk apa yang bisa menjadi pilihan terbaik ? Bukan karena semata mata tebak tebak asumsi, intuisi, minat, atau karena iming iming laba besar, tapi Anda harus mengetahui produk yang laku dijual, pastikan Anda jual barang yang dibutuhkan orang. Pertimbangan penting lain adalah produk tersebut sudah ada pasarnya, dengan kata lain, pilih produk yang “sudah terjual sebelum anda menjualnya”.

Apakah sudah mulai ada gambaran produk yang akan anda jual ? Berikut ini ada beberapa pertimbangan berupa pedoman sederhana yang dapat dijadikan permulaan untuk menentukan produk yang akan Anda  jual :

1 Ukuran kecil hingga sedang dengan berat masih di bawah 3

Mempermudah penyimpanan dan pengiriman. Produk digital pun bagus untuk pemula

2 Harga antara 50 ribu hingga 2 juta rupiah

Tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi, pertimbangan untuk menjaga besar keuntungan yang bisa didapat dibanding jumlah yang harus terjual.

3 Tentukan Target Pasar

Mengefektifkan strategi penjualan, seperti jenis produknya, tampilan dll.

4 Bukan Produk Minimarket dan Swalayan

Orang akan lebih cenderung membeli produk tersebut di lokasi yang paling dekat dan terpercaya seperti swalayan.

5 Bukan produk tiruan/KW

Pertimbangan ini adalah usaha jangka panjang dan demi menjaga kepuasan pembeli.

Dari sini apakah anda sudah yakin memilih produk yang akan dijual ? jika masih ragu atau bahkan belum tahu produk anda nanti, mulailah jawab beberapa pertanyaan pancingan berikut ini :

Sebutkan permasalahan terbesar yang anda atau orang di sekitar Anda alami saat ini ! Adakah produk yang bisa menjadi solusinya?

  • Apa passion dari orang-orang di sekitar anda yang membuat Anda kagum?
  • Sebutkan pelatihan yang pernah Anda ikuti sewaktu sekolah, kuliah, atau setelah lulus!
  • Apakah ada di antara teman-teman Anda yang juga sedang berwirausaha? Apakah modelnya bisa ditiru?
  • Apa tren yang sedang naik daun di lingkungan sekitar Anda atau di luar negeri?
  • Apa yang sering dibeli dari luar kota atau luar negeri oleh orang-orang di sekitar Anda?
  • Apa keahlian, kebiasaan, barang milik anda yang sering membuat kagum orang lai

Semoga Anda sudah mendapat pencerahan kali ini. Anda sudah memutuskan produk yang akan anda jual. Yakinan diri Anda itulah produk pilihan terbaik dengan melakukan beberapa evaluasi sederhana kelayakan produk berikut :

  • Tanyakan teman/kenalan anda mengenai produk tersebut.

Pancing pendapatnya tentang prospek penjualan dan produk tersebut

  • Survey produk tersebut di pasar online.

Pastikan sudah ada yang menjualnya dan sukses terbeli/laku.

  • Periksa tren pasar.

Melalui google trends anda akan mendapatkan grafik tren sepanjang waktu yang ditentukan, apakah tren-nya naik, turun atau stagnan.

Jika produk Anda sudah lolos uji kelayakan sederhana ini, tinggal cari supplier-nya. Tidak akan ada masalah jika Anda sendiri mampu memproduksi, tapi jika diambil dari orang lain, usahakan cari dari jarak terdekat terlebih dahulu, misalnya di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Tapi tidak menutup  kemungkinan anda mendapatkannya di pasar online.

Lengkap sudah persiapan anda, saat pasar online sudah ditentukan dan produk sudah terpilih, yakinkan pada dunia, hanya produk Anda yang bisa membawa solusi bagi mereka.

Salam sukses !

About The Author

Reply

Pesan Anda