Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Contoh Lengkapnya

teks eksplanasi

Halo sobat marketingjoss.com, Terimakasih sudah datang kembali mengunjungi website ini. Saya selalu memberikan pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan Marketing atau Bisnis. Tapi kali ini saya ingin memberikan sebuah contoh Teks Eksplanasi beserta contohnya. Sebenarnya sebelum saya tulis artike ini, saya berfikir, apa yah kira-kira hubungan Teks Eksplanasi dengan marketing?? Nanti akan kita lihat hubunganya.

Pertama kita mau belajar dari pengertianya yah, kalau kita mengerti apa artinya, maka kita dengan mudah memahami apa tujuanya dan kegunaanya.

Pengertian Teks Eksplanasi adalah sebuah jenis teks yang menjelaskan hubungan logis dari beberapa kejadian dengan tujuan menjelaskan proses terjadinya sesuatu, baik itu terjadi secara alami ataupun yang terjadi karena adanya interaksi sosial. Inti dari teks eksplanasi adalah terjadi karena SEBAB-AKIBAT. Ini sudah jelas terjadi ketia kita melakukan sebuah penawaran kepada calon pelanggan.

Misalnya kita menawarkan sesuatu kepada pelanggan, kemudian dia meminta diskon dengan cara BUKAN menurunkan harganya, tapi dengan cara “Jika dia membeli lebih banyak, maka dia minta harga lebih turun atau dapat dikurangi lagi”. Apakah ini bukan karena sebab-akibat??? Tentu saja ini karena sebab-akibat. Sebab si pembeli membeli barang lebih banyak, maka dia harus dan layak mendapatkan harga yang lebih murah. Yuk kita lihat contohnya:

Pembeli : “Pak, berapa harga mangga satu kilo??”
Penjual : “Harga perkilo mangganya adalah Rp 10.000,-”
Pembeli : “Apa tidak bisa kurang Pak??”
Penjual : “Tentu bisa Bu, Harga perkilonya pas nya harga Rp 9.000”
Pembeli : “Bagaimana kalau Saya membeli 100 Kg, apa harganya bisa kurang lagi?
Penjual : “Tentu bisa Bu, harga perkilonya jadi Rp 8.500,- saja”
Pembeli : “Baik Pak, saya beli 100Kg”

Terlihat sangat sederhana bukan??? tapi karna adanya interaksi sosial, maka akan timbul sebab akibat, ini yang disebut sebagai teks eksplanasi. Bukankah percakapan di atas benar-benar logis??? 😀 tapi contoh di atas hanyalah contoh Teks Eksplanasi dalam bentuk percakapan singkat saja karena adanya hubungan sebab-akibat.

Bagaimana Teks Eksplanasi Natural?

Nah berbeda dengan teks eksplanasi sosial, maka berikut akan saya berikan contoh Teks Eksplanasi yang terjadi karena adanya kejadian natural atau alami.

MENSTRUASI 

Menstruasi adalah sebuah proses alami yang terjadi pada wanita setiap bulan pada tanggal tertentu dimana pada proses tersebut terjadi peluruhan dinding uterus akibat terlepasnya dinding Endometrium. Proses terjadinya biasanya 14 hari setelah masa Ovulasi. Peristiwa ini akan dialami oleh setiap wanita yang normal dimulai pada umur sekitar 10 tahun – 12 tahun, dan berakhir pada umur sekitar 40-50 tahun yang sering kita sebut dengan Menopause. Menstruasi adalah sebuah pertanda bagi wanita, bahwa dia siap untuk bereproduksi atau menghasilkan keturunan.

Siklus menstruasi ini berkisar antara 28 hari hingga 30 hari dengan fase sebagai berikut :

1. Fase menstruasi : Peristiwa luruhnya dinding Uterus disertai pendarahan. Lamanya hal ini terjadi berkisar antara 3 hingga 4 hari. Terkadang bisa lebih sampai 5 hari. Setiap orang tidak sama.

2. Fase pasca Menstruasi (disebut juga fase regenerasi) yaitu proses penyembuhan luka secara alami akibat peristiwa terjadinya dinding Endometrium.

menstruasi adalah

from wikipedia | marketingjoss.com

3. Fase Intermesntum (fase Poliferasi) dimana terjadinya proses ini ketika luka sudah sembuh secara alami, kemudian terjadinya penebalan dinding Endometrium kembali dengan ketebalan sekitar 3.5mm.

4. Fase Pramenstruasi disebut juga dengan fase Sekresi. Fase ini terjadi pada hari ke 14 hingga hari ke 28, bukan tanggal 14 dan tanggal 28 Melainkan perhitungan harinya.

dari ke empat fase tersebut, maka pada saat fase ke empat tersebutlah JIKA ada pembuahan, maka akan dengan mudah terjadi.

Dengan terjadinya proses menstruasi, maka wanita sudah siap untuk menghasilkan keturunan. Tetapi jika sampai batas minimum yang ditentukan wanita tersebut tidak mengalami menstruasi, maka wanita tersebut mengalami gangguan dan harus segera dicek ke dokter.

Nah… dari contoh teks eksplanasi diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa teks tersebut menyangkut peristiwa natural dengan diawali adanya pembukaan dan pernyataan umum, kemudian Isi atau penjelasan selanjutnya ditutup dengan kesimpulan. Gampang kan mempelajari teks eksplanasi ?? namanya juga sudah eksplanasi, berasal dari kata Explain yang artinya menjelaskan.

Apa ciri kebahasaan teks eksplanasi

Beberapa ciri kebahasaan teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

  1. Kalimat pasif
  2. Penggunaan frase adverbia atau keterangan (Explain)
  3. Penggunaan kata kerja aksi
  4. Menggunakan frase nomina
  5. Penggunaan terminologi teknis
  6. Penggunaan Nomina umum dan abstrak
  7. Penggunaan konjungsi waktu dan sebab akibat

Jadi dari ciri kebahasaan teks ekplanasi di atas, kita bisa mengetahui bahwa hampir semua frase dipakai untuk menjelaskan sesuatu baik itu peristiwa, kejadian, interaksi sosial yang terjadi.

Sebagai tambahan Eksplanasi ditulis untuk menyatakan justifikasi bahwa sesuatu diterangkan secara sebab akibat  itu benar adanya. Biasnaya ada juga yang disertai data-data ilmiah.

Sekarang teman-teman sudah mengerti kan cara membuat teks eksplanasi, semoga pelajaran ini bermanfaat bagi teman-teman 😀

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda