Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Terlengkap Berikut Contohnya

perbedaan ekonomi mikro dan makro secara jelas

Perbedaan ekonomi mikro dan makro

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku atau kelakuan manusia di dalam memenuhi kebutuhannya yang sudah pasti tidak terbatas (sampai kapanpun) dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dan masing-masing sumber daya mempunyai alternatif penggunaan (opportunity cost)

Ilmu marketing biasanya erat kaitanya dengan ilmu ekonomi ini. Oleh karena itu, tampaknya tidak lengkap kalau kita tidak membahas tentang ilmu ekonomi. Apalagi hanya sekedar megnetahui dasar-dasar ilmu ekonomi, sudah seharusnya kita ketahui. Dan kali ini kita akan belajar tentang Perbedaan ekonomi mikro dan makro. Di dalam dunia ekonomi dua jenis ruang lingkup mikro dan makro ini selalu dibahas.

Keduanya saling keterkaitan karena pada sebuah sistem ekonomi tidak mungkin hanya sekedar membahas Mikro ekonomi saja tanpa Makro ekonomi. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita mengetahui apa perbedaan ekonomi mikro dan makro ini.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro berasal dari kata “micro” yang berarti kecil. Jadi bisa kita katakan bahwa ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang membahas masalah-masalah dalam ekonomi untuk hal-hal yang kecil. Apa saja hal kecil tersebut? Yaitu yang berkaitan dengan faktor input, produk dan jasa yang diperjualbelikan dalam pasar, penentuan harga, penawaran, permintaan dan masih banyak yang lainnya.

Analisa Ekonomi Mikro

Secara garis besar, analisa ekonomi mikro ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Teori harga
  2. Teori produksi
  3. Teori distribusi

Teori Harga adalah : teori yang dipakai sebagai dasar analisa interaksi antara penawaran dan permintaan barang.

Teori Produksi yaitu : Menganalisa biaya produksi dan tingkat dari produksi tersebut. Beberapa hal yang dianalisa adalah tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi pihak produsen, Masalah mengenai biaya produksi barang atau jasa serta masih banyak lagi.

Teori Distribusi : membahas mengenai upah karyawan termasuk besar bunga modal yang harus dibayarkan dan masih banyak lagi.

Ketiga teori di atas sangat penting kamu ketahui. Kamu bisa menempatkan orang-orang pada posisi yang tepat agar tujuannya tercapai dengan maksimal.

Komponen yang terdapat di ekonomi mikro

  • Interaksi di pasar barang = > disinilah aktivitas tawar menawar terjadi.
  • Tingkah laku penjual dan pembeli
  • Interaksi di pasar => ini sudah jelas, bahwa di pasar pasti terjadi interaksi

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa ekonomi makro ini membahas kepentingan yang lebih besar dari ekonomi. Misalnya saja Pendapatan Nasional, tingkat kesempatan kerja, jumlah uanga yang beredar, neraca pembayaran, stock kapital termasuk juga Inflasi dan perdagangan luar begeri. Kesemuanya itu termasuk kedalam bagian ekonomi Makro.

Ruang Lingkup Ekonomi Makro

  1. Pasar persaingan sempurna.
  2. Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar.
  3. Pasar oligopoli.
  4. Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.
  5. Teori perilaku konsumen.
  6. Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba.
  7. Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.
  8. Pasar monopoli.
  9. Pasar persaingan monopolistik.
  10. Permintaan akan input.

Dengan adanya ruang lingkup yang jelas seperti ini. Tentu ini jadi pembelajaran yang sangat baik tentunya. Dan berikut adalah contoh ekonomi makro yaitu pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi. Intinya banyak yang bisa kita kerjakan kalau kita paham.

Kesimpulan :

Beberapa hal penting yang harus diketahui adalah bahwa perbedaan ekonomi mikro dan makro terletak pada ruang lingkup dan cakupan nilai ekonominya. Jadi ekonomi mikro hanya dalam ruang lingkup yang lebih kecil saja seperti pengaturan harga, produksi dan lain-lain.

Semoga pelajaran ini bermanfaat untuk kita semua. Tolong tulisan ini di share yah. Terimakasih

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda