Perbedaan SBMPTN, UMB-PT, dan Jalur Mandiri, Apa Sih?

Pengumuman SBMPTN

Bagi siswa yang telah lulus dari bangku sekolah menengah atas, sebagian besar tentu akan berpikir untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada beberapa jalur pendaftaran untuk bisa masuk ke jurusan dan universitas yang diinginkan. Beberapa jalur tersebut adalah SBMPTN, UMB-PT, dan Jalur Mandiri. Namun tidak sedit dari siswa yang belum mengeri perbedaan dan teknis dari setiap jalur tersebut.

Apa saja yang perlu kita ketahui perbedaan SBMPTN, UMB-PT & Jalur Mandiri? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, yuk, dibawah ini kita bahas satu persatu yah.

1. SBMPTN

INFO PENGUMUMAN SBMPTN TERBARU

Jenis seleksi mahasiswa baru pertama akan kita bahas adalah SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang sering disingkat dengan SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di lingkup perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, Seleksi Bersama ini, maka pada tahun ini, SBMPTN telah menggunakan dua sistem ujian yang yang berbeda, yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT).

Seleksi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran Saintek dan Soshum. Keuntungan yang terdapat pada jenis seleksi ini adalah peserta diperbolehkan untuk memilih tiga jurusan dari universitas-universitas berbeda di seluruh Indonesia.

Dalam seleksi ini, terdapat dua jenis soal yang akan dikerjakan oleh setiap calon mahasiswa, yaitu Tes Kemampuan Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum dan/ atau Saintek. Bagi yang belum mengetahuinya, penilaian pada seleksi ini berbeda dengan ujian-ujian yang ada di bangku sekolah. Jawaban benar akan diberi skor +4 dan jawaban salah akan diberi skor -1, sedangakan soal yang tidak dijawab akan diberi skor 0. Sehingga, selain kecerdasan diperlukan juga teknik tertentu dalam mencermati soal agar total skor yang didapat bisa maksimal. [Baca disini guys, PENGUMUMAN SBMPTN << disini].

2. Jalur mandiri

Pengumuman Jalur mandiri

Jenis seleksi berikut bernama Jalur Mandiri. Apa yang dimaksud dengan Jalur Mandiri? Jalur Mandiri atau juga disebut Seleksi Mandiri adalah seleksi masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang berkaitan.

Setiap universitas biasanya akan membuka jalur pendaftaran mandiri dengan teknis serta peraturan yang berbeda-beda tergantung universsitas yang menyelenggarakannya. Seleksi masuk ini umumnya diadakan setelah SBMPTN maupun UMB-PT.

Biaya pendaftaran antar satu universitas dengan universitas lainnya pun berbeda-beda. Pada sistem seleksi ini, peserta biasanya diperkenankan untuk memilih dua atau tiga jurusan yang ada di universitas tersebut. Seperti pada SBMPTN, ujian pada jalur mandiri juga dikelompokkan ke dalam tiga kelompok, IPA, IPS dan Campuran.

Yups, sampai disitu, apakah teman-teman masih belum mengetahui jelas perbedaan SBMPTN, UMB-PT & Jalur Mandiri?

Nah, jika jawabannya masih iya, mari kita teruskan ke pembahasan selanjutnya.

3. UMB-PT

kelulusan masuk perguruan tinggi UMB

Jenis seleksi masuk perguruan tinggi yang ketiga adalah UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi. Ujian Masuk Perguruan Tinggi ini hanya diadakan oleh beberapa universitas negeri dan universitas swasta yang ada di Indonesia. Nama UMB-PT mulai tercetus sejak tahun 2008, yang sebelumnya bernama SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru).

Pada awalnya, UMB hanya diikuti oleh 5 Universitas Negeri, kemudian di tahun berikutnya sebanyak 3 Perguruan Tinggi Negeri dan 27 Perguruan Tinggi Swasta ikut bergabung. Untuk saat ini, ada 13 Universitas Perguruan Tinggi Negeri dan 10 Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia yang masih bergabung.

Jadi, apa sih sebenarnya perbedaan SBMPTN, UMB-PT & Jalur Mandiri?

Iya, tidaklah sulit dalam membedakan ketiga seleksi tersebut. Perbedaan yang paling mendasar sebenarnya terletak pada badan penyelanggara dan universitas yang berpastisipasi pada setiap jalur penerimaan mahasiswa baru.

Dengan mengetahui setiap jenis seleksi tersebut, diharapkan calon mahasiswa mampu memilih jurusan serta jalur masuk dengan cermat, sehingga hasil yang didapat juga memusakan.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda