Persamaan Garis Singgung Lingkaran Beserta Contoh dan Pembahasannya

persamaan garis singgung lingkaran

Ilustrasi | Google

Tampaknya website marketingjoss akan mulai memiliki visi yang lebih besar lagi yaitu menjadi saran pembelajaran buat adik-adik di sekolah SMA. Pasalnya memang sangat banyak sekali cakupan pelajaran yang bisa kita ambil dari maslah marketing. Olhe karena itu, tidak ada salahnya jika kami sebagai Admin marketingjoss mulai memberikan solusi tepat untuk adik-adik semua.

Oke tanpa berlama-lama dan panjang lebar, kali ini kita akan membahas mengenai Persamaan Garis Singgung Lingkaran Beserta Contoh dan  Pembahasannya. Hal ini pertama sekali di bahas karena memang sedang banyak sekali orang yang mencarinya.

Baca : Contoh teks tantangan dan struktur pembahasannya

Timbul keinginan kami sebagai Admin dari marketingjoss yang juga seorang pengajar privat guru matematika mulai menuliskan beberapa pelajaran di website ini. Semoga bisa membantu adik-adik semua.

1# Persamaan garis singgung luar lingkaran

persamaan garis singgung luar lingkaran

Perhatikan dengan seksama, bahwa yang dikatakan garis singgung luar lingkaran adalah bagian garis CD, bukan yang lainnya. Sementara itu, BC adalah jari-jari lingkaran besar dan AD adalah jari-jari lingkaran kecil. Jari-jari lingkaran besar misal kita sebut dengan r2, maka jari-jari lingkaran kecil kita sebut dengan r1 (ini hanya penamaan saja)

Garis AE Tegak Lurus terhadap garis BC (jari-jari lingkaran besar). Sehingga terbentuk bangun yang benar-benar jelas yaitu Persegi panjang AECD. Itu artinya panjang garis singgung luar lingkaran tersebut adalah SAMA DENGAN panjang garis AE. Mudah bukan?

Jika ditanya, berapakah panjang Garis Singgung Lingkaran luar tersebut, kita bisa mencari panjang AE tersebut. Cara mencarinya adalah dari segitiga siku-siku ABE dengan siku-sikunya di E.

Perhatikan gambar berikut dengan seksama:

persamaan garis singgung luar lingkaran phy

Perhatikan, gambar tersebut saya putar, sehingga terbentuk segitiga yang mudah kita pahami. Segitiga siku-siku ABE, dengan sudut sikunya di E (saya harap kamu tidak bingung). lalu bagaimana dengan rumusnya?

Rumus mencari panjang garis singgung luar lingkaran

Kamu ingat dengan rumus phytagorash? oke, perhatikan segitiga tersebut. Maka jika dirumuskan akan menjadi a² = b² + c² (pasti kamu ingat rumus ini).

Dari rumus tersebut maka kamu dapat b² = a² – c² 

Dengan demikian maka :

persamaan garis singgung lingkaran rumus 1

Nah, jika kamu mendapatkan nilai itu artinya kamu sama saja mendapatkan nilai atau panjang garis CD (panjang garis singgung lingkaran luar). Mudah sekali bukan? Jika kamu masih kurang paham, silahakn langsung mengontak di bagian kolom komentar yah?

Contoh soal Persamaan Garis Singgung Lingkaran

Lalu bagaimana kalau kamu menemukan contoh yang sedikit agak berbeda dengan yang di atas. Misalkan contoh nya seperti gambar di bawah ini:

contoh soal garis singgung lingkaran luar soal dan pembahasannya

Ilustrasi | marketingjoss.com

Jika ditanya berapakah panjang garis singgung lingkaran tersebut? maka jawabannya sangat mudah saja. Konsep yang penting kamu pegang adalah:

Haris singgung akan SELALU tegak lurus (⊥) terhadap jari-jari lingkarannya. Jadi antara garis singgung AP dengan jari-jari OA tegak lurus di A ~ konsep

Konsep di atas HARUS selalu kamu ingat. Jika kamu tidak ingat maka akan sulit untuk mengerjakannya. Nah dari konsep dan gambar kita menarik sebuah kesimpulan bahwa segitiga di atas adalah siku-siku di A. Artinya kita bisa mencari panjang AP dengan persamaan seperti rumus di atas tadi yaitu rumus Phytagoras.

persamaan garis singgung lingkaran jawaban

Gampang sekali kan? Intinya jika kamu mengetahui konsep matematika secara dasar dan BENAR, maka tidak ada kata sulit untuk matematika. Hilangkan kata “BENCI” terhadap matematika dari dalam pikiran mu. Karena Matematika sangat menyenangkan.

2# Garis singgung dalam lingkaran (garis singgung lingkaran dalam)

Ingat prinsip pengerjaannya harus kamu pahami agar kamu tidak pusing dan kesulitan. pertama kamu lihat gambar di bawah ini:

garis singgung lingkaran dalam

Apakah sulit?

saya ras tidak yah, mari kita bahas. Pertama kamu pahami dulu semua yang dalam gambar tersebut (termasuk ketika kamu menemukan soal seperti gambar di atas)

Yang kiri adalah lingkaran BESAR
Yang kanan adalah lingkaran kecil
R = AM = adalah jari-jari lingkaran BESAR
r = BN = adalah jari-jari lingkaran kecil
P adalah jarak antara kedua lingkaran (jarak lingkaran)
d adalah garis singgung dalam lingkaran.

SULIT??? saya rasa tidak yah. YUK kita bahas :

PERHATIKAN dengan sekasama bahwa panjang ON (garis putus-putus) adalah sama dengan panjang garis AB. dengan demikian kita hannya menggesernya lebih ke atas. Kita menggesernya sejauh r.

Dengan begitu akan terbentuk sebuah SEGITIGA baru yang besar dengan nama segitiga MNO (perhatikan baik-baik) dengan sudut siku-sikunya menjadi di O. Perhatikan gambar:

garis singgung lingkaran dalam segitiga hijau

Apakah kamu sudah bisa melihatnya? jika sudah bisa melihat dan membayangkannya, maka dengan mudah kamu menarik sebuah kesimpulan, bahwa kamu bisa menggunakan rumus Phytagoras.

garis singgung lingkaran dalam rumus

Contoh soal garis singgung persekutuan dalam

contoh soal garis singgung lingkaran dalam soal dan pembahasannya

Jawabannya :

contoh soal garis singgung lingkaran pembahasannya

Jika kamu menemui kesulitan dalam pemahamannya, silahkan kamu berikan komentar atau pertanyaan seputar yang tidak kamu pehami, nanti akan saya jawab melalui email langsung ke kamu. selamat memplajari Persamaan Garis Singgung Lingkaran

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda