Promosi Tanpa Mengganggu Orang Lain

Promosi Tanpa Mengganggu Orang Lain melalui Bisnis Online pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bahkan saya pernah berkunjung ke suatu daerah yang agak terpencil, tetapi masyarakatnya sudah mengerti apa itu internet dan apa itu bisnis online. Tahun lalu 2014, bisnis online sangat bergeliat. Data yang bisa kita lihat bahwa transaksi yang terjadi di dunia online khusus Indonesia saja mencapai 100 Triliun Nilai yang sangat fantastis bukan? Itu baru yang tercatat secara jelas pada situs-situs terpercaya.

data transaksi online tempoIni menunjukkan indikasi positif terhadap dunia online di Indonesia yang masih sangat besar potensinya. Masyarakat Indonesia semakin melek IT(Information Thechnology) sehingga mereka ingin mencari kemudahan dalam bertransaksi baik itu menjual atau membeli. Tak dipungkiri memang, online shop bisa dibilang menggiurkan setidaknya keuntungannya bisa untuk penghasilan tambahan, bahkan ada yang bisnisnya berfokus pada dunia online. MENGAPA? Karena pelaku bisnis bisa menekan biaya operasional mereka, sehingga keuntungan bisa lebih banyak daripada harus membuat gerai toko atau sewa tempat, gaji pegawai dan lain-lain.

Survey menunjukkan bahwa sekitar 30% dari masyarakat Indonesia atau setara dengan 60Jt-an lebih penduduk Indonesia sudah melek dunia online. Itu artinya, prospek bisnis dunia online ini sangat menggiurkan. Kita bisa melihat berbagai segmentasi produk yang dijual mulai dari Tiket, Fashion, Buku, Alat Elektronik bahkan Makanan dan masih banyak lagi produk-produk yang bisa dijual secara online. Mereka cukup menggunakan gadget mereka baik itu HP, Laptop, Tablet dan PC untuk berbelanja.

surveyInilah yang menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk menjajakan daganganya di dunia online. Tapi sayangnya, banyak para pelaku bisnis online yang tidak pintar dan bijak dalam melakukan promosi mereka. Mungkin sebagian besar dari kita pernah menjadi salah satu korban Promosi spamming yang mengganggu dan menjengkelkan.

Jika kamu berniat atau malah sedang merintis bisnis online, sudah sepatutnya kamu berkaca dari masalah di atas. Tentu kamu tak ingin melakukan kesalahan yang…, bukannya akan membuat bisnismu makin laku, tapi malah menjauhkanmu dari calon pelanggan baru.

logo sosial mediaMemulai bisnis online tidaklah sulit. Kamu tidak perlu membuat sebuah webisite atau blog yang notabene membuatnya saja butuh berjam-jam atau mungkin berhari-hari. Kamu bisa menggunakan media sosial yang banyak dipakai orang. Misal Facebook, Twitter, google plus, Instagram dan masih banyak yang lainya. Kamu bisa mencarinya di google.

Berikut ini ada beberapa tips tentang cara promosi di sosial media dan berjualan online yang baik dan pastinya tidak membuat kekesalan pada calon pelanggan kamu sering kita sebut sebagai Promosi Tanpa Mengganggu Orang Lain (MOL) :

  1. Jangan menggunakan akun pribadi
    Mungkin kamu akan bertanya, “Mengapa tidak boleh? Kfacebook feedsan,…akun saya sudah banyak temannya” jawabanya adalah…kebanyakan dari kita salah kaprah dalam berpromosi, sehingga banyak dari teman-teman kita yang menganggap promosi kita tersebut sebagai “sampah” dunia online. Misalnya kamu memiliki akun Facebook, maka setiap kali kamu meng_update produk mu, maka yang terjadi adalah bagian feeds pada Facebook setiap teman kamu akan dipenuhi oleh promosi kamu.
  2. Ajak teman-teman dekat mu dalam kehidupan sehari-hari untuk bergabung di Lapak Online mu
    Buatlah lapak khusus untuk promosi barang dagangan kinviteamu, dan kamu bisa mengundang teman-teman terdekat terlebih dahulu sehingga lebih mudah mendapatkan Trust (Kepercayaan) daripada langsung berpromosi secara global.
    Hal ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri kamu. Tentukan juga target pasar mu. Jangan terlalu umum. Ajaklah teman mu apakah mereka bersedia tau tidak untuk di invite. Jangan terlalu memaksa karena akan membuat citra buruk pada lapak online mu. INGAT, jangan terlalu sering Broadcast Message kepada seluruh kontak mu, itu akan jadi spam.
  3. Lapak online tidak selalu harus posting produk kamu
    produk dan artikelPada lapak offline, biasanya kita sering melihat pembeli dan penjual saling bercengkrama di toko mereka. Mereka tidak melulu memasarkan atau promosi barang mereka. Terkadang mereka bersenda gurau sambil tertawa sembari memasarkan produknya. Hal ini juga berlaku di dunia online. Jangan melulu posting tentang produk anda.
    Tetapi carilah bahan atau artikel yang sifatnya membangun dan memberikan motivasi agar citra lapak online kamu menjadi lebih baik. Setiap orang di lapak kamu bisa mendapatkan MANFAAT GANDA ketika mereka mengunjungi lapak online kamu. Misal kamu menjual alat kesehatan. Maka tambahkan sekali-sekali artikel kesehatan pada postingan mu, sehingga pengunjung tetap merasa nyaman berkunjung ke lapak online kamu dan mendapatkan banyak manfaat. Selain itu kamu juga harus bersedia masukan dari mereka. Misalnya ada yang meminta untuk membuatkan postingan tentang perkembangan produk kamu mungkin?? Sehingga para pengunjung lapak online kamu menjadi merasa lebih diperhatikan
  4. Fotolah menggunakan kamera yang bagus dan model agar produk yang kamu jual terlihat lebih jelas
    sepatuIni adalah hal yang sangat penting dalam dunia online. Menjual di dunia online tidak sama dengan menjual secara offline. Menjual di lapak online membutuhkan kepercayaan yang tinggi dan tingkat penjelasan yang akurat. Sehingga sangat penting membuat deskripsi dari produk anda sejelas-jelasnya. Misal anda menjual sepatu. Maka buatlah deskripsi yang jelas sekaligus membuat fotonya secara lengkap, bila perlu buat juga modelnya. Itu akan lebih menarik daripada anda hanya menjelaskan menggunakan tulisan atau bahkan hanya foto yang diambil dari internet.
  5. Selain media sosial, kamu juga bisa membuka lapak di forum jual beli atau situs jual beli
    Daripada kamu keseringan broadcast message melulu, nge-tag orang,sembarangan, atau spamming gak jelas di Instagram artis atau teman-teman mu, jauh lebih baik kamu buka lapak di forum-forum atau situs jual beli online yang terkenal. Misal kaskus atau OLX. Kalau di sini, kamu udah pasti nggak akan ganggu orang lain.kaskus dan olx
    Buka lapak di situs jual beli online juga bisa menraih banyak pembeli kok, asalakan kamu tahu cara yang tepat untuk berjualan di tempat seperti ini. Perhatikan baik-baik cara membuat judulnya, serta perhatikan syarat yang mereka buat. Berikan informasi yang sejelas dan sedetil mungkin, karena semakin spesifik judulmu, maka akan semakin mudah ditemukan orang-orang melalui mesin pencarian di internet.
    Berikan informasi tentang produk-produk jualanmu dengan bahasa yang baik. Sertakan juga informasi mengenai toko jualanmu, dan juga alamat lengkap termasuk kontak yang mudah untuk dihubungi. Jangan lupa juga untuk memberikan respon yang cepat pada orang yang bertanya agar mereka tak ragu-ragu padamu.
  6. Buat promosi yang sensasional agar bisa menarik perhatian banyak orang
    Kamu bisa sesekali membuat promosi yang sensasional. promosiMisalnya beli satu dapat dua (buy 1 get 2)atau buat diskon besar, atau mungkin beli 5 gratis 1. Kamu bisa mengkreasikan promosi kamu agar terlihat menarik. Atau kamu juga bisa mengadakan kuis yang berhubungan dengan produk jualanmu, para pemenang terbanyak nanti akan berhak mendapat produkmu secara cuma-cuma. Dengan adanya kuis, para pelangganmu pun jadi lebih tertarik dan timbul rasa penasaran untuk ikut berpartisipasi.
  7. Jika kamu memiliki uang yang cukup, gunakan jasa artis ternama untuk model produk mu
    Kalau kamu sudah punya modal cukup banyak untuk mengembangkan bisnismu, jangan takut untuk melakukan Shoutout For Shoutout alias SFS. Kamu sebagai pemilik online shop bisa mencoba meng-endorse online shop lain yang sudah memiliki banyak followers ( kerjasama dengan online shop ternama). Jangan lupa coba juga untuk meng-endors beberapa artis terkenal dan selebtwit sebagai buzzer.artis
    Cara ini memang jauh lebih efektif, selain promosinya nggak mengganggu. Kesempatanmu untuk menambah jumlah pembeli juga semakin terbuka lebar. Meski mungkin sedikit mahal, tetapi biaya yang kamu keluarkan mungkin akan sebanding dengan jumlah pelanggan baru yang akan kamu dapat.
    Dengan beberapa tips penting diatas, kamu akan melihat bagaimana perkembangan bisnis online kamu dalam beberapa bulan kedepan. Ingat…berbisnis dan berusaha memang harus kreatif, tapi itu tidak cukup. Kreatif harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat agar menghasilkan profit yang maksimal.

Berjualanlah dengan cara yang sopan dan cerdas. Sama seperti lapak offline yang memberikan layanan prima kepada pelangganya, maka lakukanlah pada lapak online kamu. Silahkan promosi tanpa mengganggu orang lain sebanyak-banyaknya untuk pelanggan mu, dengan demikian kamu juga tidak terlalu terganggu dengan banyaknya promosi yang harus kamu lakukan. Semoga bisnis online kamu berhasil dan sukses 😀

 

 

Pasti Bermanfaat

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda