Punya Hutang? Berikut Kiat membayar Hutang

Pernah dengar HUTANG? sudah pasti pernah yah…okey…saya buat definisi sederhananya saja yah Sobat…Hutang itu adalah pinjaman kepada orang lain yang memiliki ketentuan-ketentuan dari kedua belah pihak, dan memiliki perjanjian, serta jika terjadi keterlambatan dalam pengembalian akan dikenakan denda.

Kepanjangan yah…hehehehe…intinya hutang adalah…kita meminjam, tapi ada ketentuannya, terutama dalam hal tanggal, atau jangka waktu. Mungkin anda yang membaca artikel saya ini sudah pernah berhuntang. Yang jadi persoalan dalam berhutang adalah…hutang tersebut sering tidak terbayar tepat waktu.

Dan yang menjadi sasaran sudah tentu nasabah. Akhirnya tidak jarang yang menggunakan pihak ketiga, untuk menagih hutang tersebut kepada yang meng-hutang. kiat membayar hutang 2Oleh karena itu, saya sarankan untuk tidak berhutang kepada siapapun. Ada banyak faktor yang membuat seseorang tersebut berhutang, beberapa diantaranya adalah ingin memutar uang pinjaman tersebut untuk usaha, ada yang butuh sembako, tak jarang juga karena gengsi hidup sehingga berhutang untuk memenuhi keinginan. Perinsip berhutang adalah…”Jangan pernah berhutang untuk gengsi”.

Tapi…jika memang harus berhutang, maka ada beberapa Kiat membayar Hutang yang perlu anda ketahui:

1. Mulai Hidup Hemat

Buatlah dalam diri anda suatu gerakan “Hidup Hemat”. Hidup hemat tentunya bukan berarti makan satu hari hanya cukup sekali. Itu kebodohan namanya…hehheheehe…jangan sakit hati yah….mari kita belajar. Makanlah yang wajar, tapi harganya tetap murah. Kita bisa memasak sendiri agar biayanya lebih ringan daripada harus membeli makanan jadi. Bila anda berhutang menggunakan kartu Kredit, maka lunasilah tagihan kartu Kredit anda, yang sering disebut dengan “Full Payment”

2. Buatlah Prioritas

Maksudnya disini adalah…mana yang lebih penting dan mendesak untuk kita penuhi. Misal….Kita sudah punya HP, tapi HP kita tersebut sudah agak kusam dan kelihatan lama, maka…yang anda lakukan bukan membeli HP baru. Akan tetapi tetap memakai HP Lama tetapi jika ingin kelihatan lebih bagus, anda cukup membersihkannya di servis HP atau mengganti casing nya. Buatlah perencanaan keuangan anda dengan sebaik mungkin.

3. Carilah Penghasilan Tambahankiat membayar hutang 3

Silahkan anda cari penghasilan tambahan untuk membayar hutang-hutang anda. Usahakan hutang anda tidak menumpuk. Ingat bayarlah “Full Payment”. Anda bisa melakukan sesuatu untuk menambah pemasukan anda, dan ingat …jangan lupa MENABUNG.

Itulah beberapa tips atau Kiat membayar Hutang yang bisa anda lakukan dengan cara yang SANGAT sederhana, dan semoga anda tidak punya atau terbebas dari hutang karena memiliki tips yang benar dan mengatur keuangan anda dengan disiplin.

Pasti bermanfaat, Salam Dahsyat dan sukses.

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

Pesan Anda