Pusing Kepala: Gejala dan Cara Mengobatinya

Pernahkah Anda mengalami pusing? Rasa tidak nyaman secara tiba-tiba di bagian kepala adalah gejala mula-mula penyakit ini. Sekeliling seperti berputar, tubuh kehilangan keseimbangan dan terasa akan pingsan adalah gejala pusing yang dirasakan penderita pada umumnya. Gangguan pada keseimbangan tubuh sangat membahayakan karena dapat mengakibatkan cedera. Hal tersebut sering dihubungkan dengan proses penuaan di sistem mekanisme keseimbangan pada telingan bagian dalam.

Pusing kepala juga dapat terjadi akibat tubuh terserang infeksi yang disebabkan oleh  virus maupun bakteri. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi seperti sinusitis dan flu merupakan penyakit yang disertai dengan pusing kepala sebagai gejala awalnya. Oleh karena itu, kesehatan tubuh yang kurang baik adalah faktor pemicu penyakit ini.

Penyebab dan Faktor Pemicu Penyakit Pusing Kepala

Bukan hanya karena masalah kesehatan saja, penyakit pusing kepala juga bisa dialami akibat kurang minum. Kebiasaan kurang minum yang parah akan menyebabkan dehidrasi. Oleh karena kurangnya cairan di dalam tubuh mengakibatkan darah sulit mengalir. Hal tersebut menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan dan memicu timbulnya pusing kepala. Selain itu, kebiasaan telat makan juga dapat menyebabkan pusing kepala. Akibat kebiasaan telat makan, kadar gula darah di dalam tubuh mengalami penurunan. Kadar gula darah yang rendah akan menyebabkan tubuh mudah lemas disertai dengan pusing kepala.

Selain penyebab-penyebab di atas, terdapat beberapa faktor lain pemicu pusing kepala, yaitu:

  • Penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otak
  • Sering mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan
  • Efek samping penggunaan obat-obatan karena kandungan kimiawi yang tinggi
  • Stres dan kurang tidur

Langkah Pencegahan Pusing Kepala Secara Alami

Perlu langkah pencegahan yang tepat agar pusing kepala tidak datang dan sering mengganggu. Berikut ini cara mencegah pusing kepala secara alami yang dapat Anda lakukan:

  • Istirahat yang cukup

Pusing kepala juga dapat dialami akibat stres dan kurang tidur. Dengan istirahat secara teratur dapat mencegah pusing kepala, Anda pun dapat terhindar dari stres.

Dengan banyak minum air putih, aliran darah pada tubuh Anda akan mengalir lancar, tubuhpun tidak akan mengalami kekeringan akibat aliran darah yang terhambat. Mencegah pusing kepala dengan banyak minum air putih adalah solusi tepat bagi Anda.

  • Makan secara teratur

Tidak hanya untuk menjaga berat badan saja, kebiasaan makan secara teratur juga dapat mencegah pusing kepala. Makan secara teratur dan tepat waktu dapat menjaga kesehatan lambung. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari pusing kepala dan tubuh lemas.

  • Menjaga tekanan darah dan gula darah

Agar kepala tidak sering pusing, menjaga tekanan darah dan gula darah adalah salah satu langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan.

  • Tidak merokok dan minum minuman keras

Menjaga pola hidup sehat adalah cara yang tepat untuk mencegah pusing kepala datang kembali. Dengan tidak mengkonsumsi rokok dan minuman keras berarti Anda menyayangi tubuh Anda. Rokok dan minuman keras memiliki zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika kedua hal tersebut dikonsumsi dalam waktu yang lama akan menganggu kesehatan tubuh Anda. Secara perlahan-lahan kesehatan tubuh akan terganggu dengan diawali gejala seringnya pusing kepala. Oleh karena itu, menjaga pola hidup sehat dengan tidak merokok dan minum minuman keras sangat penting bukan?

Cara Mengobati Pusing Kepala

Mengobati pusing kepala dengan bahan alami adalah cara yang efektif dan aman tanpa efek samping. Pengobatan secara alami tanpa efek samping tentunya sangat aman bagi kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati penyakit pusing kepala secara alami.

  • Es batu

Menggunakan es batu dengan ditempelkan dan digosok-gosokkan ke kepala Anda adalah cara yang aman dan mudah untuk mengatasi pusing kepala. Es batu juga dapat dibungkus kain terlebih dahulu, agar kulit tidak mengalami iritasi

  • Daun Mint

Daun Mint selain bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut juga mampu mengatasi pusing kepala. Dengan mengkonsumsi air teh daun mint secara teratur, pusing kepala Anda akan segera sembuh.

  • Kopi

Menggunakan kopi untuk mengatasi pusing kepala adalah dengan diseduh. Minumlah kopi seduh saat pusing kepala menyerang Anda. Namun, jangan terlalu sering minum kopi karena tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

  • Pisang

Selain dapat menghilangkan jerawat, buah pisang juga mampu menghilangkan pusing kepala secara alami. Mengkonsumsi buah pisang secara teratur dengan di jus atau dimakan langsung buahnya dapat mengobati pusing kepala Anda.

  • Kentang

Kentang sering kita jumpai sebagai bahan makanan atau lauk pauk sehari-hari. Selain itu, kentang juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengatasi pusing kepala. Dengan rutin mengkonsumsi kentang baik dengan direbus ataupun dibakar dapat menyembuhkan pusing kepala.

  • Air putih

Banyak minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pusing kepalapun dapat segera hilang dengan rajin mengkonsumsi air putih. Minumlah air putih sebanyak 8 – 10 gelas per hari! Anda akan merasakan khasiatnya.

Selain cara di atas, istirahat yang cukup juga dapat mengatasi pusing kepala. Dengan istirahat yang cukup, otot dan syaraf Anda akan kembali rileks sehigga pusing kepala dapat teratasi. Olahraga ringan secara teratur seperti jalan atau lari dapat menjadi pilihan Anda untuk mengatasi pusing kepala. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda