Ragam E-Payment untuk Bisnis Online

Ragam E-Payment untuk Bisnis Online

Ragam E-Payment untuk Bisnis Online

Semua transaksi dalam bisnis online dilakukan secara online pula, dikenal dengan nama electronic payment (e-payment). Inilah salah satu terobosan yang baik dalam dunia bisnis, ,sebab menghemat waktu biaya transaksi, mengurangi penggunaan kertas, tenaga kerja dan aman. Cukup dengan beberapa klik saja, transaksi dilakukan. E-payment-lah yang membuat bisnis online disukai, sebab orang tidak perlu buang waktu untuk bertatap muka terlebih dahulu.

Bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis online, sebaiknya Anda jeli dalam menentukan e-payment mana yang paling sesuai dengan bisnis yang Anda geluti. Berikut ini beberapa jenis e-payment yang paling sering digunakan dalam bisnis online, khususnya di Indonesia:

1# Transfer Rekening

Ini merupakan e-payment yang paling umum dan popular yang sudah lama dikenal di dunia bisnis. Pembeli cukup melakukan transfer pembayaran ke rekening penjual bisa melalui teller, ATM, m-banking atau e-banking. Cara ini masih dipakai oleh banyak pelaku bisnis online, sebab sudah sangat familiar dengan konsumen.

Sistem ini memerlukan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi antara penjual dan pembeli, sebab bisa saja terjadi penipuan. Biasanya penjual harus memastikan uang sudah benar-benar ditransfer dengan melakukan cek saldo atau meminta bukti transfer. Namun, apakah pembeli akan benar-benar mendapatkan barang yang dibelinya setelah dia mentransfer uang? Inilah yang sering menjadi celah penipuan.

2# Kartu Kredit

Sistem e-payment ini cukup praktis, pembeli memberikan nomor kreditnya ke penjual, dan pembayaran akan ditagihkan ke pihak bank. Cukup banyak bisnis online yang memberlakukan sisitem pembayaran ini. Oleh karena pembayaran dilakukan belakangan banyak konsumen yang melakukan review lebih dahulu sebelum membayar. Jika produk ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan, mereka dapat menghubungi bank untuk mengklarifikasi pembayaran.

Baca Juga: Jejualan-Penyedia Toko Online Gratis Cukup Daftar Saja

3# Paypal

Cara ini paling popular dilakukan di kalangan pebisnis online yang sudah mendunia. E-commerce asing mayoritas menggunakan metode Paypal, sebab transaksi dianggap lebih aman dan tak mengenal batas ruang. Pelaku transaksi wajib memiliki akun Paypal dan pembayaran dilakukan ke akun itu.

Pencairan bisa dilakukan di bank-bank lokal setiap negara. Dapat dipahami bahwa Paypal merupakan pengelola akun virtual bagi semua orang yang melakukan transaksi online. Paypal melayani transaksi penjualan, pembelian dan pengiriman uang.

Ada beberapa jenis akun Paypal sesuai dengan kebutuhannya:

  • Paypal Personal

Khusus untuk individu, dibatasi maksimal 5 pembayaran melalui kartu kredit dan debit.

  • Paypal Primer

Paling populer sebab bisa melakukan transaksi lebih besar tanpa limit pembayaran.

  • Paypal Bisnis

Khusus bagi pelaku bisnis yang beroperasi atas nama perusahaan.

4# Rekening Bersama

Biasa disingkat rekber, sistem pembayaran ini  sudah popular di Indonesia dan banyak direapkan di forum jual beli maupun online marketplace. Sebut saja Kaskus, Tokopedia dan Bukalapak. Metodenya melibatkan pihak ketiga yang dipercaya sebagai pengelola pembayaran.

Ketika transaksi disetujui, pembeli mentransfer sejumlah uang ke rekber. Setelah uang masuk dan diinfokan ke penjual maka penjual mengirimkan barang pesanan ke pembeli. Begitu barang diterima, pembeli member notifikasi  sehingga pengelola rekber mentransfer uang pembayaran ke panjual. Sistem ini dianggap paling aman sebab kecil sekali celah terjadinya tindak penipuan.

5# Carrier Billing

Lebih popular dengan sistem pembayaran potong pulsa. Metode e-payment ini tergolong baru dikenal di Indonesia namun langsung banyak diminati karena kepraktisannya. Sementara ini banyak dipakai untuk transaksi pembelian aplikasi mobile seperti aplikasi games, antivirus, music, e-book, dan sejenisnya. Google Play sudah bekerja sama dengan sejumlah operator selular untuk menyediakan metode carrier billing ini dengan nama Google Direct Billing.

Setiap membeli aplikasi di Google Play, pembayaran bisa dimasukkan ke tagihan bulanan atau langsung dipotong ke pulsa. Sistem ini sangat memudahkan sebab selama ini pembeli aplikasi mobile diwajibkan mempunyai kartu kredit.

Dibeberapa Negara maju, sistem carrier billing sudah diterapkan oleh beberapa online marketplace. Tidak hanya untuk membeli aplikasi digital melainkan juga membeli produk-produk lain. Penyedia sistem ini antara lain Zong yang dimiliki eBay. Zong biasa dipakai untuk transaksi di Habbo dan Facebook, beroperasi di 40 negara dengan 30 juta pelanggan.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda