Review Samsung Galaxy S8

 

Ilustrasi-Review Samsung Galaxy S8

Ilustrasi-Review Samsung Galaxy S8

 iPhone 7, Huawei P10, Sony Xperia XZ Premium atau telephon genggam premium yang lain tampak begitu serupa jika dipegang terasa sama. Tapi Anda akan menyanggah keras pernyataan itu setelah Anda mengetahui keberadaan Samsung Galaxy  S8. Dari sekilas saja melihat langsung produk ini Anda pasti akan sudah bisa menjawab jika ada pertanyaan mengapa di kemudian hari ada banyak yang menginginkan smartphone ini.

Galaxy  S8 merupakan smartphone tangguh dari Samsung dan merupakan penggembangan Galaxy S7 yang sempurna, tapi selain layarnya, teknologi terbaik sebenarnya berada pada bagaimana interaksi smartphone ini dengan perangkat di sekitar kita. Samsung pada produk ini mencoba untuk melangkah lebih jauh, bukan hanya tentang smartphone lagi, tapi sebagai produk pintar di rumah kita, bagaimana berinteraksi dengan semua alat yang terhubung bersama sama. Dengan smart fridges, smart TVs, smart light, smart router, dll.

Baca Juga: Mengapa Cara Marketing Xiomi Ditiru Banyak Smartphone Lainnya?

Samsung menanam banyak fitur teknologi canggih dalam smartphone ini,

1# Desain

Kesan pertama, bezel yang sangat tipis dan saking tipisnya hingga tombol Home pun tidak disertakan dalam produk canggih ini. Dan menyebabkan persentase layar bisa mencapai 83 persen dari muka depan. Rasio tersebut adalah rasio terbesar yang pernah ada saat ini untuk smartphone premium.

Setiap pojok dan pinggiran bodi Galaxy  S8 ini dibuat lengkung, sehingga menambah kenyamanan di tangan saat memegangnya. Walau begitu memang perlu usaha lebih untuk menggapai semua permukaan jika hanya dengan satu ibu jari.

sudut tanpa bezel dan bezel ultra tipis memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa dibanding handphone premium lainnya, terlebih saat Anda menyaksikan video.

Pada bezel bagian atas ditanamkan secara berjejer beberapa sensor dan kamera depan, ujung kiri berupa speaker dan tombol Bixby, intelegensi buatan yang berupa asisten. Dan disebelah kanan ada tombol Power. Berbeda dengan handphone yang lain untuk sensor sidik jari, Galaxy  S8 ini berada di bagian belakang sebelah kanan kamera belakang. Sedangkan dibagian bawah, Anda akan mendapatkan port USB tipe C, bersebelahan dengan port 3.5mm headphone.

2# Layar istimewa

Galaxy  S8 dengan panjang layar 5.8 inci dengan rasio 18.5:9. Pada awalnya akan terkesan begitu besar tapi sebenarnya Galaxy  S8 ini malah lebih kompak dibanding sebagian besar handphone dengan panjang 5.5 inci. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? tidak bisa bukan karena Samsung menggunakan layar Edge pada produk ini. Tidak bisa disanggah jika Samsung mendapatkan The Best Smartphone Screen in the World” untuk Galaxy  S8 dan  S8 Plus. Resolusi layar kedua handphone premium ini 2960 x 1440 pixels dengan teknologi AMOLED Infinity.

3# Performa besar dan kompak

Galaxy  S8 dan  S8 plus ini akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835. Dan pada varian internasional akan menggunakn prosesor dari Samsung, seri 9 exynos 8895. Pihak qualcomm menyatakan bahwa prosesor baru ini akan 27 persen lebih baik performanya dan lebih efisien penggunaan batre hingga 40 persen lebih hemat dibanding Snapdragon 821.

Selain itu Galaxy  S8 ini memiliki RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB dan mampu didukung MicroSD hingga 256GB.

Sistem operasi berupa Android 7.0 Nougat dengan antarmuka TouchWiz. Samsung pun memberikan fitur grafis unik terbaik pada perangkat ini, misalnya aplikasi yang seolah olah mengambang pada setiap jendela pada mode multitasking, ada juga fitur pindai iris, wireless charging, hingga teknologi pengenal wajah.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy  S8 mempunyai sertifikat IP68, dimana tahan debu dan dapat tahan berada dalam air hingga 1 meter selama 30 menit. Tapi beda dengan port Bluetoothnya, perangkat ini sudah menggunakan Bluetooth 5.0 yang 4 kali lebih luas jangkauannya dan 2 kali lebih cepat data transfernya, walaupun dalam prakteknya Anda tak dapat mendapatkan kecepatan transfer dan jauh jarak secara bersamaan.

5# Kamera

Kamera belakang 12 megapixel f/1.7 dengan fitur Optical Image Stabilization, kamera yang sama seperti Galaxy S7. Perbedaan hanya berada pada optimasi perangkat lunaknya. Dan sebagai smartphone premium, khusus untuk bagian kamera memang tidak terlihat ada terobosan baru mendasar yang membuat kamera smartphone ini dibilang istimewa di kelasnya.

5# Bixby

Disini Samsung Galaxy  S8 terlihat begitu fokus pada interaksi dengan perangkat perangkat lain di rumah, dengan menggunakan fitur Bixby, semacam asisten pintar. Melalui fitur ini semua tindakan yang dilakukan dengan sentuhan dapat dilakukan dengan suara. Tapi memang patut disayangkan karena banyak yang bisa dilakukan oleh fitur ini tapi belum optimal dilakukan karena belum banyak aplikasi yang mendukung Bixby.

Apakah Bixby akan digunakan oleh banyak orang kemudian ? Masih perlu pengalaman mendalam untuk itu, perlu dukungan banyak dari berbagai aplikasi dan dipastikan perlu waktu menuju ke sana. Tapi jika Bixby tidak berkenan untuk Anda, masih ada Google Assistant terpasang dalam smartphone ini untuk digunakan.

6# DeX

Merupakan aksesoris yang dapat merubah Android menjadi seperangkat alat layaknya desktop, pasangkan Dex ini dengan Galaxy  S8, sambung dengan monitor dan keyboard, sehingga menjadi kesatuan yang mampu meningkatkan produktifitas dan selangkah lebih maju dari apa yang bisa dilakukan oleh sebuah smartphone.

Kelebihan

  • Layar yang menakjubkan
  • Antarmuka yang elegan futuristik
  • Performa cepat
  • DeX, salah satu fitur menjanjikan

Kekurangan

  • Bixby, dukungan aplikasi masih minim
  • Kamera kabur saaat cahaya minim

About The Author

Reply

Pesan Anda