Sejuta Ide Usaha Sampingan Bidang Pertanian Untung Besar

Usaha sampingan bidang pertanian menguntungkan

Usaha sampingan bidang pertanian menguntungkan

Yang akan saya ulas ini merupakan aneka #peluang usaha sampingan di bidang pertanian yang memiliki potensi keuntungan yang besar dan bisa dijalankan di rumah.

Berbicara pertanian pasti tak asing lagi di telinga kita karena memang jenis usaha yang satu ini sudah umum di masyarakat Indonesia yang notabennya didominasi oleh petani.

Dalam pertanian ada bermacam-macam jenis tanaman yang bisa kita tanam namun tak semua mampu menghasilkan keuntungan yang besar, akan tetapi hanya beberapa jenis tanaman saja yang memiliki harga yang tinggi.

Usaha dalam bidang pertanian juga tak selamanya bermodalkan uang banyak namun juga dapat dijalankan dengan modal kecil tergantung dari jenis tanaman apa yang akan kita tanam.

Berikut ini saya akan menjelaskan usaha yang dapat kita lakukan berkaitan di bidang pertanian namun memiliki keuntungan yang lumayan tinggi.

1 . Membuka Toko Obat dan Alat Pertanian

Usaha dalam bidang pertanian tak hanya seputar tanam-menanam saja, salah satunya berjualan obat dan alat tani ini. Toko pertanian sangat dibutuhkan oleh petani, karena di toko inilah mereka berbelanja aneka keperluan untuk bertani mereka mulai bibit, obat-obatan, pupuk, dan alat tani lainnya.

Sehingga membuka toko di bidang pertanian bisa menjadi salah satu ide usaha sampingan bidang pertanian yang menguntungkan. Selama bekerja Anda bisa mempercayakan toko tersebut pada istri atau orang kepercayaan Anda.

Baca : Usaha Kecil Menengah Yang Sangat Menjanjikan

2. Menanam Rempah-Rempah

Dari sejak dahulu kala indonesia memang sangat terkenal dengan rempah-rempahnya. Bahkan karena alasan rempah-rempah Indonesia dijajah oleh negara lain. Tanah Indonesia memang sangat bagus untuk ditanami beraneka jenis rempah-rempah.

Rempah-rempah ini selain digunakan sebagai sumber bumbu dapur juga digunakan untuk aneka obat herbal. Contohnya saja rempah-rempah yang memiliki jual tinggi adalah jahe merah.

Menanam jahe merah bisa jadi pilihan usaha yang cukup menggiurkan, pasalnya menanam tanaman ini tak membutuhkan lahan yang terlalu luas bahkan dipekarangan rumah pun bisa di jadikan lahan untuk menanam jahe merah ini.

Kita bisa menanam di dalam polybag, dan tentunya harga jual jahe merah cukup tinggi sehingga cukup potensial untuk dikerjakan.

3. Berbisnis Tanaman Hias

Berbisnis tanaman hias merupakan salah satu ide usaha sampingan bagi Anda yang suka dengan berkebun terutama bunga. Lumayan bukan jika hobi tersebut bisa dijadikan uang. Anda bisa memulai dengan menanam aneka jenis tanaman hias di pekarangan Anda.

Untuk masalah pemasaran Anda bisa memasarkannya ke sekolah-sekolah, kantor-kantor, instansi-instansi dan lain-lain yang membutuhkan tanaman hias ini.

Selain itu buatlah toko bunga agar masyarakat dapat mengenal usaha milik Anda. Untuk memperoleh keuntungan yang cepat, perbanyaklah menanam jenis tanaman hias yang paling diminati masyarakat.

4. Menanam Sayuran Organik

Menanam sayuran organik bisa dijadikan alternatif jenis usaha yang menguntungkan dan menyehatkan. Saat ini mulai sulit mencari sayur-sayuran organik karena semua telah mengandung bahan kimia yang membahayak kesehatan.

Karena hal semacam itu terjadi sehingga menanam sayuran organik bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan untuk di jalani.

Aneka jenis sayuran organik yang bisa di tanam adalah wortel, seledri, tomat, sawi, jagung manis, terong, mentimun dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Sebelum Anda memulai bisnis ini alangkah baiknya Anda perlu belajar bagaimana cara menanam tanaman organik yang benar agar bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Baca : Inilah 5 Jurus Jitu Jadi Pengusaha Meski Dengan Modal Minim

5. Menanam Buah Organik

Sama halnya dengan sayuran organik di atas, menanam buah organik juga merupakan salah satu makanan dengan sumber gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah organik tentu akan lebih menyehatkan dibanding dengan buah-buahan yang ditanam dengan menggunakan bahan-bahan kimia dalam proses perawatannya.

Aneka buah yang bisa ditanam secara organik antara lain adalah melon, semangka, anggur, apel, kelengkeng dan jenis buah lainnya.

Untuk mendapatkan hasil dengan cepat, cobalah untuk mencari tanaman yang dikembangbiakkan dengan cara stek sehingga meski kecil akan langsung berbuah dan ini cukup menguntungkan karena tak perlu menunggu lama.

Usaha dalam bidang pertanian tentu memiliki potensi yang sangat bagus di bumi nusantara ini. Oleh karena itu Anda harus pintar-pintar dalam melakukan analisa jenis usaha apa yang kiranya menguntungkan di daerah tempat Anda tinggal, karena setiap tempat memiliki potensi yang berbeda.

Demikianlah sedikit ulasan singkat saya seputar sejuta ide usaha sampingan bidang pertanian untung besar, semoga dari ide-ide ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Terimakasih

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda