10 Strategi marketing online

Strategi marketing online dewasa ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Mereka seolah berlomba memperebutkan hati para konsumen agar tetap menggunakan atau memakai produk barang ataupun jasa mereka. Tak pelak,…mereka harus merambah dunia bisnis online beserta Strategi marketing online yang sangat banyak dipakai saat ini.

Bukan hanya Perusahaan besar, apalagi perusahaan kecil, sudah tentu membutuhkan cara dan strategi marketing yang bagus untuk mampu bersaing dengan perusahaan besar. Tentu ini dibarengi dengan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya marketing, baik itu marketing secara konvensional maupun marketing secara online. Sementara itu Strategi marketing online tentu akan berbeda dengan yang konvensional.

Keterbatasan dalam hal biaya untuk perusahaan kecil tersebut, tentu bisa diantisipasi dengan beberapa cara seperti berikut ini :

  • Melibatkan Lingkungan usaha disekitar
  • Memperkenalkan produk – produk anda melalui media iklan GRATIS
  • Bekerjasama denga perusahaan rekanan yang sejenis
  • Mengirimkan penawaran-penawaran langsung kepada List Building anda

Dengan beberapa Strategi marketing online tersebut…akan sangat membantu keberhasilan anda dalam persaingan dunia bisnis yang anda jalankan. Selain itu, ada hal-hal penting lainya yang harus anda perhatikan yang saya rangkum dalam 10 Tips marketing online berikut :

1. Perencanaan

Buatlah Perencanaan marketing anda dengan konsep yang jelas dan mudah untuk dikerjakan. Jika rencana anda cukup baik, tentu kemungkinan anda akan berhasil adalah sangat besar. Oleh karena itu rencanakan strategi marketing online secara tepat sebelum melangkah.

 2. Target Market

Pastikan anda memiliki target market yang jelas, bukan abu-abu. Artinya anda harus membidik baik secara gender, umur ataupun daerah agar pasar anda lebih terfokus pada target tersebut. Misal target market anda adalah ibu rumah tangga. Tentu produk anda yang berkaitan dengan ibu rumah tangga.

3. Anggaran

Pastikan anggaran untuk strategi marketing online anda benar-benar cukup. Anggaran sudah pasti dibutuhkan ketika suatu bisnis dijalankan. Anggaran ini akan menentukan keberhasilan marketing anda, sudah tentu menentukan juga keberhasilan bisnis anda. Jadi jangan sepele mengenai anggaran

4. Website

Jaman sekarang Website adalah pendukung dunia bisnis online. Jika seseorang ingin mengetahui sesuatu, pasti akan mencarinya melalui media online. sebut saja mesin pencari google, bing dan Yahoo. Semuanya akan dilihat secara online. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki website. Untuk pembuatan website tidaklah mahal. ada yang hanya Rp 400.000,- setahun. Silahkan anda cari di google.

5. Branding

Branding adalah suatu kegiatan yang memfokuskan kepada merk kita. Jadi anda harus memastikan bahwa merk dari produk anda, atau nilai TAMBAH dari produk anda tersebut bisa anda Tonjolkan, sehingga orang yang melihat atau membacanya mudah mengingatnya. Misal….ada produk obat batuk…yang kalau diminum tidak lama kemudian batuknya reda. Ini adalah Branding yang sangat kuat. Mengapa…karena sangat Unggul dari kompetitor atau pesaing lain. Carilah keunggulan produk anda yang tidak dimiliki orang lain, lalu Promosikanlah Keunggulan tersebut se-Intens mungkin.

6. Customer Relationship Management

Kelola dengan baik semua pelanggan anda. Jangan biarkan satu pelangganpun merasa dikecewakan. Karena saat ini sangat mudah bagi konsumen untuk berkicau di dunia maya melalui media sosial. Oleh karena itu…jika pelanggan anda sampai tidak puas, maka bisa jadi anda akan kena imbas dari ketidak puasan tersebut. Tentunya orang lain bisa beranggapan negatif tentang produk dan servis anda.

7. Konsistensi

Ciptakan konsistensi dalam marketing anda agar konsumen tidak merasa ditinggalkan.dan akhirnya konsumen anda tidak kembali kepada anda. Buatlah marketing secara berkala sehingga produk anda selalu ada dalam waktu yang relatif lama.

8. Strategi

Buatlah strategi anda sediri, yang cocok dengan usaha anda. Tidak perlu mencontoh strategi orang lain karena biasanya belum tentu berhasil untuk usaha anda. Pastikan strategi yang anda buat sudah melalui pengamatan yang jelas dan fakta di lapangan.

9. Marketing Mix

Biasanya menyangkut Produk, harga, tempat/lokasi dan promosi. Jika usaha anda masih kecil pakailah semua elemen tersebut untuk memarketingkan produk anda, sehingga banyak hal sekaligus yang bisa anda pakai sebagai bahan promosi. Beda halnya jika produk anda sudah terkenal dalam satu bidang. Misalnya produk anda memang terkenal ampuh membasmi nyamuk, tentu yang anda tonjolkan adalah “Keampuhannya dalam membunuh nyamuk” kira-kira seperti itu.

10. Promosi dan Iklan

Promosikan usaha anda menggunakan iklan-iklan Gratis ataupun berbayar. Strategi marketing online bisa anda gunakan memakai jasa iklan Gratis. Banyak perusahaan yang menyediakan kolom untuk mengiklan. Jadi anda bisa memanfaatkannya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan media iklan yang berbayar. Bedanya adalah kalau berbayar biasanya target marketnya lebih banyak. Misal anda buat iklan di detik.com, sudah tentu pengunjung detik sangat banyak. Sehingga kemungkinan iklan anda akan dilihat orang semakin besar.

Itulah 10 strategi marketing online yang bisa saya informasikan. Silahkan dipelajari dan ditambahkan jika ada yang lain, dan tentunya jangan lupa ACTION….hehehee…

Pasti bermanfaat

Related Posts

About The Author

No Responses

Add Comment

Pesan Anda