Suka Duka Menjadi Uber Driver : Pendapatan VS Pengeluaran

Uber merupakan perusahaan rintisan jaringan transportasi yang berasal dari San Fransisco, California, Amerika Serikat. Menciptakan aplikasi bergerak, Uber menghubungkan penumpang dan supir kendaraan dengan layanan tumpangan. Semakin populer digunakan banyak orang, layanan Uber menjadi fenomena yang kontroversial.

Bermula dari keinginan para pendirinya untuk dapat mengakses transportasi instan secara online, Uber membuka kesempatan bagi siapa saja yang memiliki mobil dapat menjadi supir pribadi dan menyediakan layanan tumpangan bagi pelanggannya layaknya taksi.

Ditengah layanan berbasis aplikasi yang kini semakin marak, Uber siap bersaing untuk memenangkan hati para pelanggannya. Sejak diluncurkan di Jakarta pada bulan April 2016, Uber motor kian gencar melakukan perekrutan driver, animo masyarakat untuk menjadi driver Uber juga sangat besar.

Kini layanan Uber bisa diakses di lebih dari 300 kota di dunia. Uber mulai dikenal di Jakarta sekitar 2 tahun yang lalu. Kota-kota besar seperti Bandung, Denpasar dan Surabaya juga sudah menggunakan layanan Uber. Semakin meningkatnya permintaan pelanggan, semakin gencar pula Uber menjaring orang baru untuk direkrut menjadi Uber Driver. Lalu … Apakah menguntungkan bekerja sebagai Uber Driver?

#Potensi Pendapatan Uber Driver

Dari mantan supir pribadi, mahasiswa, pelatih olahraga hingga pengusaha,  Uber Driver berasal dari berbagai latar belakang sosial ekonomi dan pendidikan. Ediyo adalah salah satu orang yang  memutuskan berhenti menjadi supir pribadi untuk full time menjadi Uber Driver. Ritme kerja yang teratur dan sistem kerja yang saling menguntungkan membuat pria berusia 35 tahun ini nyaman menjadi Uber Driver. Untuk menjadi Uber Driver, Edi diharuskan mengirimkan CV ke kantor Uber, setelah direkrut menjadi Uber Driver Edipun memutuskan untuk mencicil sebuah mobil Avanza.

“Saya suka kerja di Uber karena kerjanya lebih flexible dan teratur”, katanya. Walaupun masih terhitung 2 minggu bekerja di Uber, Ediyo sudah pandai mengemudikan mobil berkat penggunaan aplikasi Uber. Memberikan training mengenai penggunaan aplikasi Uber setelah perekrutan adalah fasilitas yang diberikan Uber bagi para drivernya. Dalam 1 hari Ediyono bisa mendapatkan sekitar 6-8 penumpang.

Seperti Ediyo, Ferdy yang mulanya berprofesi sebagai pengemudi ojek online, kini juga memutuskan untuk berhenti. Full time menjadi Uber Driver memberinya pendapatan yang lebih menjanjikan. Menggunakan mobil Daihatsu pemberian kakaknya, Ferdy mulai menjalankan perkerjaannya sebagai Uber Driver. “Dalam sebulan saya bisa memperoleh Rp 7 juta–Rp 8 juta, sudah termasuk bensin dan biaya perawatan mobil. Itu juga tergantung rajin atau nggak terima order penumpang,’’katanya.

Hal tersebut juga dialami Ary seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu menjalani profesinya sebagai Uber Driver. Dengan menjalani profesi Uber Driver paruh waktu, Ary mampu mengantongi pendapatan Rp.150.000,00 per hari atau sekitar Rp 4,5 juta per bulan. Kini Ary dan temannya dapat memulai usaha persewaan mobil bekerja sama dengan Uber sehingga supir Uber driver lain yang tidak memiliki mobil dapat menyewa mobil miliknya.

#Pengeluaran yang dibebankan Uber Driver

Modal awal yang harus dimiliki jika ingin bergabung sebagai Uber driver adalah memiliki mobil pribadi. Menyewa mobil merupakan salah satu alternatif jalan keluar bagi calon driver yang tidak punya mobil. Namun demikian porsi penghasilan akan berkurang karena biaya sewa mobil tersebut. Saat mendaftar, Uber akan memeriksa kondisi mobil Anda. Mobil yang memenuhi syarat keluaran terbaru akan lolos seleksi.

Sama halnya seperti supir taksi lainnya, Uber driver juga menanggung biaya bensin sendiri. Selain itu, segala biaya perbaikan mobil, perawatan dan pajak menjadi tanggung  jawab Uber driver. Namun demikian, jika terjadi kecelakaan atau urusan dengan pihak berwenang, Uber siap memfasilitasi para drivernya dengan asuransi sebagai salah satu fasilitas perusahaan yang diberikan.

Hal yang paling menguntungkan menjadi driver Uber adalah kenyamanan dalam mencari pelanggan. Pelanggan akan langsung order secara online ke aplikasi Uber. Baik penumpang maupun driver akan merasakan kenyamanan dan keamanan bukan?

Demikianlah ulasan mengenai suka duka bekerja sebagai Uber driver. Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik menjadi Uber driver?

 

About The Author

Reply

Pesan Anda