Surat Pengunduran Diri Kerja Lengkap Bisa Di Download (DOC)

Contoh surat pengunduran diri kerja yang paling lengkap

Contoh surat pengunduran diri kerja/ilustrasi | marketingjoss.com

Banyak orang masih bingung untuk membuat sebuah surat resign atau surat pengunduran diri kerja secara baik dan lengkap. Padahal membuat surat bukanlah hal yang baru didunia pekerjaan.

Sebenarnya membuat surat pengunduran diri kerja sangat mudah apalagi dengan alasan yang tidak perlu mengada-ada, melainkan sudah jelas alasanya. Biasa orang kalau ingin keluar dari sebuah tempat bekerjanya pasti ada alasan utama. Yang paling sering adalah masalah Gaji atau salary. Hal ini bisa kita maklumi bersama dikarenakan sudah menjadi sifat dasar manusia ingin mendapatkan yang lebih baik. Jadi… kita tidak perlu mendiskreditkan hal tersebut.

Okey tanpa berlama-lama, saya akan memberikan penjelasan yang sebenarnya bagaimana cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik. Oh iya Frends, nanti ada file juga yang bisa teman-teman download di halaman ini. Simak saja tulisan saya terlebih dahulu yah..
Bagaimana Menulis Surat pengunduran Diri kerja

Hal penting dalam menulis surat pengunduran diri kerja diantaranya yaitu :

1. Head Line

Maksudnya Head Line itu adalah judul dari surat kita. pastikan dengan benar, bahwa anda menulisnya dengan benar. Biasanya headlinya langsung mengarah ke tujuan utama yaitu pengunduran diri. Jadi biasanya akan ditulis

“Surat Pengunduran Diri”

2. Waktu

Tentu ini sangat penting karena harus sesuai dengan permintaan pada saat anda memberikan surat tersebut kepada bagian tertentu. Misalnya ke bagian HRD. Misalnya Bandung, 14 Agustus 2015. Jangan menyingkatnya mendjadi 14 Agust 15 atau 14 Agustus 15.

Gunakanlah bahasa yang resmi, sopan tapi tetap santai. Artinya santai itu tidak terlalu kaku dikarenakan adalah hak anda untuk mengundurkan diri dari sebuah tempat atau perusahaan.

3. Bagian yang dituju

Sebelum anda memberikan surat pengunduran diri, pastikan terlebih dahulu kebagian mana anda harus memberikan surat tersebut. Apakah kebagian HRD, Manager atau Direktur. Jangan sampai surat anda tersebut salah masuk sehingga tidak akan ditanggapi. Jadi… alangkah baiknya anda memastikan terlebih dahulu sebelum memberikanya.

4. Jelaskan dengan jujur tujuan anda

Sering sekali kita melihat orang takut atau ragu menuliskan alasan jujurnya tentang keinginanya untuk keluar dari sebuah perusahaan tempat dia bekerja sekarang. Padahal hal tersebut seharusnya tidak perlu dilakukan. Setiap orang memiliki hak untuk keluar atau Resign ataupun mengundurkan diri. ASALKAN tidak terikat dengan kontrak yang sudah ditandatangani.

Misalnya sebelum anda diterima disebuah perusahaan, anda terlebih dahulu menandatangani kontrak bahwa anda bersedia bekerja selama 5 tahun, dan jika tidak menepatinya anda akan kena pinalti. Jika anda mengikuti peraturan dan sudah menyelesaikan masa bekerja selama 5 tahun, maka anda berhak mengajukan surat pengunduran diri. Jadi anda tidak perlu takut.

jadi… Tuliskanlah sejujur-jujurnya apa yang menjadi alasan anda menulis surat pengunduran diri kerja tersebut.

5. Jangan lupa mengucapkan terimakasih

Mengucapkan terimakasih adalah hal sederhana. Tapi dengan hal sederhana ini karakter seseorang akan mudah terlihat. Bagaimanapun juga anda telah bekerja di sebuah perusahaan. Itu artinya anda sudah dibantu oleh perusahaan untuk menjadi orang yang lebih baik. Oleh karena itu, ucapkanlah terimakasih kepada orang-orangnya dan perusahaan yang telah menaungi anda selama beberapa lama.

Jangan pernah merasa bete atau kesal terhadap perusahaan yang sudah pernah menerima anda.

Dengan 5 poin di atas, maka surat penugnduran diri kerja anda akan terlihat lebih sopan dan diterima.

Untuk formatnya sendiri, tidak ada format surat pengunduran diri kerja secara spesifik. Tapi jika anda menginginkan contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, nanti anda bisa melihatnya pada file yang akan saya lampirkan di bawah ini. Itulah cara membuat surat pengunduran diri yang baik. Tapi jika kamu menginginkan contoh lainya bisa melihat di bawah ini :

Baca : Contoh surat pengunduran diri secara elegan

Berikut adalah contoh cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan. Silahkan download formatnya lebih dari 10 format :

Note
Himbauan : Jika artikel ini memang berguna untuk teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih 🙂

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda