Teknik 3P Untuk Cara memulai Bisnis Online

cara memulai bisnis online

Takterasa, sudah lebih dari 2 bulan saya tidak menulis tentang cara memulai bisnis online. Yaah…maklum kesibukan yang padat, mengakibatkan terbengkalainya menulis artikel terutama untuk materi cara memulai bisnis online.

Sebenarnya sudah banyak kok artikel di Internet yang menceritakan bagaimana Cara memulai bisnis online. Tapi mungkin Frends, masih bingung bahkan masih belum mengerti harus memulainya dari sebelah mana. Dulu juga saya begitu. Kalau kita perhatikan dengan seksama, maka sebenarnya MEMANG BANYAK SEKALI peluang yang bisa kita kerjakan dan menghasilkan uang melalui bisnis online ini.

Keunggulan lainya adalah dari sisi permodalan. Apasih modal yang paling dibutuhkan dari memulai bisnis online?? NAMANYA saja sudah Online, maka yang paling penting adalah Koneksi Internet. Tidak peduli alatnya Laptop, komputer, Handphone (HP), Tablet, IPAD dan lain sebagainya. Intinya selama bisa Online, yah banyak hal yang bisa kita kerjakan.

Pernahkah teman-teman merasakan “SUNTUK” nya atau “STRESSSS” nya tanpa media Online??

Jika pernah, maka itu tandanya hidup di jaman yang normal seperti saat ini, yaitu jaman Infoemasi dan teknologi. Dan saya harap teman-teman semua sudah BEBAS dari yang namanya GAPTEK (Gagap Teknologi alias Gak bisa)

Bagaimana cara memulai bisnis online

Pertanyaan ini sampai hari ini masih banyak dilontarkan orang kepada saya. Bahkan percaya atau tidak, ternyata banyak orang kaya yang memiliki gadget, laptop, komputer canggih tapi hanya bisa digunakan untuk gaya-gayaan, pamer-pameran bahwa mereka memiliki barang-barang canggih. Sementara tidak difungsikan dengan MAKSIMAL.

Saya akan menjawab secara detail bagaimana cara memulai bisnis online. itulah yang saya sebut dengan 3P. apa itu 3P dan bagaimana teknik 3P ini bisa bekerja baik pada bisnis online??

Teknik 3P Untuk Cara memulai Bisnis Online

1. Pasar (Market)

Jika kita ingin berhasil di dunia online maka cara memulai bisnis online yang pertama adalah mengetahui pasar. Dengan mengetahui pasar, maka kita dengan mudah menentukan apa yang akan kita jual.

Misal saat ini di Indonesia sedang bergerak naik permintaan terhadap Smartphone. Maka ada baiknya segeralah anda menuju ceruk pasar Smartphone.

pasar cara memulai bisnis online

Jika alasan anda adlaah MODAL, maka saya bisa katakan bahwa anda harus lebih kreatif. Beberapa waktu lalu saya bisa menjual Smartphone dalam jumlah yang lumayan, tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. BAGAIMANA Caranya??

Caranya kita bisa memulainya dengan cara Drop Shipping atau juga kerjasama mencarikan pelanggan, kemudian kita antarkan ke toko teman atau sahabat kita. Yang paling bagus adalah cara Drop shipping. Dengan cara ini kita tidak perlu membeli barang, dalam artian kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barangnya.

Baca : 5 Peluang usaha modal kecil (Cek dulu baru ngomong!)

Carilah pasar apa yang saat ini sedang berkembang, kemudian cari dimana anda bisa menemukan produk tersebut dengan harga yang jauh lebih murah. Kalau memang harus pakai modal, maka bisa dengan cara meminjam terlebih dahulu.

Untuk meminjam perhatikanlah bunga pinjaman yang kamu lakukan. Jangan terlalu besar. Ada baiknya kamu meminjam kepada kerabat terdekat saja, atau mungkin ke orang tua mu.

2. Promosi

Sama seperti bisnis offline, saat ini dalam dunia bisnis online juga sudah SANGAT BANYAK pesaing dalam bisnis online. Mulai dari mereka yang punya banyak uang (modal besar) maupun mereka yang pemula (modal sangat minim). Itu artinya kamu berada pada “REAL COMPETITION

Lalu apa yang harus kamu lakukan?? Tidak ada jalan lain selain mempromosikan produk yang kamu miliki. banyak orang sampai hari ini berhemat terhadap biaya promosi. Tapi nyatanya mereka malah mengalami kemunduran dalam usaha mereka. Alasanya sederhana yaitu semakin banyaknya bermunculan pesaing-pesaing baru. Dengan demikian jika kita tidak mempromosikan barang kita melalui media-media iklan seperti pasangiklanadwords.net maka sulit bagi kita untuk menyaingi pemain besar tersebut.

promosi bisnis online

Akhirnya yang terjadi adalah menurunya Omset penjualan kita dan bisa mengakibatkan kebangkrutan usaha yang kita bangun. Oleh karenanya… antisipasilah bisnis online mu dengan promosi yang cukup. Hitung juga biaya promosi yang anda keluarkan. Apakah biaya promosi tersebut dapat ditanggung oleh hasil penjualan anda.

3. Produk

Saya sengaja membuat P yang terakhir ini pada poin ke tiga. Alasanya begini… banyak orang mengatakan kepada saya “bang Jos, apa yang harus saya jual yah???” artinya mereka tidak tahu apa yang harus mereka jual. Padahal yang paling penting bukan produknya. Tapi bagaimana kita membangun sistem yang baik agar produk yang ingin kita jual tersebut terdistribusi dengan baik nantinya.

produk bisnis online

Oleh karena itu, yang paling penting adalah, Pasar dan promosi. Barulah anda memikirkan produk apa yang hendak kamu jual. Dengan demikian, JIKA kamu sudah mengetahui pasar membutuhkan apa, tentu dengan mudah kita merespon untuk memenuhi keinginan pasar tersebut.

Sementara jika kita mencari produk terlebih dahulu, kemudian setelah dapat produknya barulah kita mencari pasarnya, bisa dikatakan kemungkinan besar akan GAGAL. Penyebabnya adalah belum tentu produk yang kamu dapatkan itu disukai atau diminanti pasar.

Jadi tentukan pasar mana yang ingin kamu bidik, lalu strategi promosi seperti apa yang kamu miliki dan yang terakhir adalah produk apa yang akan kamu jual. Dengan demikian kamu akan menjadi pemenang dalam berbisnis online.

PERHATIAN : Bisnis online adalah bisnis yang mudah sekali dicari orang dari manapun. Maka buatlah bsinsi mu dengan kualitas terbaik dan keunikan tersendiri.

Kesimpulan

Cara memulai Bisnis Online sebenarnya sangat mudah, yang penting ada koneksi internet. Dengan teknik 3P, kamu bisa memulai bisnis online yaitu Pasar, Promosi dan Produk.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda