Teknik Menjual Tiket Murah Yang Paling Ampuh (Bag I)

cara menjual tiket pesawat mmbc

Mungkin artikel ini khusus buat kamu yang memiliki bisnis travel baik yang baru memulai ataupun yang sudah lama. Dalam artikel ini saya akan membagikan teknik pertama bagaimana cara menjual tiket murah yang kita miliki. Secara Khusus saya memberikan teknik ini untuk kamu yang keagenan bisnis travelnya mendaftar di MMBC Travel. tapi kalau kamu mendaftar di keagenan yang lainya juga tidak apa-apa. Yang penting kamu dapat teknik menjualnya, nanti kamu bisa menerapkannya pada sistem kamu.

Bagaimana cara menjual tiket murah

Setiap agen penjual tiket apalagi tiket pesawat murah, harus mengerti betul bahwa, kalau kita bicara murah itu artinya ada yang lebih mahal. Misal orang menjual sebuah barang dengan harga Rp 10.000,- maka barang yang kamu jual bisa dikatakan murah ketika kamu menjualnya dibawah harga Rp 10.000,- tersebut. Apakah kamu menjualnya JAUH lebih murah daripada harga Rp 10.000,- tersebut, itu menjadi urusan kamu. Misal kamu menjualnya dengan harga yang JAUH lebih murah misal Rp 7.500,- tentu itu sebuah kelebihan kamu.

Menjual tiket murah juga seperti itu. Dikatakan tiket murah karena kita mengetahui ada yang lebih mahal. Misal harga pasaran tiket dengan rute Jakarta(CGK) – Denpasar (DPS) pada tanggal 12 April 2016 adalah Rp 800.000,- maka kamu menjual harga murah ketika kamu menjualnya kurang dari Rp 800.000,- bukan?

Nah yang sering dilupakan oleh para agen adalah bahwa ketika mereka menjual tiket, mereka TIDAK MAU mengorbankan dirinya (Dalam hal ini komisinya) untuk menarik pelanggan.

Baca : Bisnis travel tanpa modal

Misal begini, harga tiket tadi adalah 800 ribu, kemudian kamu dapat menghitung komisi yang kamu dapat kalau menjual tiket tersebut. Misalkan komisi kamu 20 ribu. Sebenarnya bisa saja kamu menjualnya menjadi harga 790 ribu. Dengan tujuan mengurangi komisi kamu untuk bonus atau diskon kepada konsumen kamu. Dengan begitu, harga tiket pada keagenan kamu akan lebih murah dari keagenan lain. Dengan begitu, kamu akan dipercaya dan orang akan lebih suka membeli kepada kamu.

Teknik sederhana seperti ini sebenarnya sanagt banyak dikerjakan orang. Tapi belum tentu kita yang baru memulai usaha mau melakukanya. Alasanya adalah “bagaimana mau balik modal kalau untungnya sedikit”. padahal konsep mencari keuntungan pada saat sekarang ini sudah tidak relevan. Yang paling relevan adalah memberikan kepuasan dan kemudahan kepada pelanggan. Dengan demikian setiap pelanggan tersebut akan melakukan pemesanan ulang dilain waktu.

Fokus mencari pelanggan

Kalau kamu bisa menahan sedikit ambisi keuntungan, sebenarnya kamu bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. Dengan begitu, kamu akan mendapat konsumen yang loyal. Bagaimana caranya?

Caranya sangat sederhana. Kita ketahui bahwa setiap penjualan tiket yang dilakukan agen travel PASTI mendapatkan bonus atau Fee. Beberapa waktu lalu ketika saya memulai bisnis travel, saya hanya menggunakan Blackberry dengan layar yang sangat kecil. Kemudian saya berfikir, kalau saya bersaing dengan agen travel yang besar, sudah bisa dipastikan saya akan kalah.

Baca : Bisnis travel hannya menggunakan Blackberry

Oleh karena itu dengan bermodal Blackberry tersebut, saya menunjukkan kualitas murahnya tiket yang saya jual dengan sangat mudah hanya dengan Blackberry. Hal ini mungkin terlihat sederhana sekali, tapi ternyata orang banyak yang simpatik dan merasa itu luar biasa. Kemudian harga tiket mereka saya kasih sangat murah. Mengapa??

KUNCINYA : Saya tidak mengambil komisi saya, tapi komisi tersebut saya buat sebagai diskon atau potongan harga tiket konsumen saya. 

Dengan demikian, saya bisa menjual tiket yang paling murah dari antara agen manapun. Memang ini tidak mendapatkan keuntungan karena tujuanya adalah mendapatkan pelanggan. Tapi setelah pelanggan banyak, saya mulai bisa menaikkan sedikit demi sedikit harga tiketnya agar saya mendapatkan untung. Sedikit saja, tapi karena konsumen saya sudah banyak, akibatnya komisi saya juga menjadi besar. Ini yang sering disebut dengan Faktor Kali.

Jika kamu masih baru memulai bisnis travel, saya sangat menyarankan hal ini. Prinsip yang harus kamu pegang adalah :

PrinsipJangan pernah mencari uang makan dari bisnis travel yang masih baru kamu jalankan. Biarkan dia berkembang pesat, carilah uang makan dari usaha yang lain.

Menurut saya hal tersebut di atas adalah sangat prinsip. Karena pada kenyataanya banyak sekali orang yang melakukan transaksi penjualan tiket tapi mereka mengambil keuntungan dari penjualan tersebut untuk biaya-biaya hidup mereka. Ini sangat tidak disarankan. Jika hal ini dilakukan, maka bisnis travel yang kamu lakukan tidak akan pernah maju dan berkembang pesat.

Terapkanlah teknik menjual di atas dan jangan lupa untuk menegakkan prinsip dalam menjaga kemajuan bisnis travel kamu. Jika dua hal di atas kamu lakukan secara konsisten, maka usaha agen travel kamu akan berhasil. Inis udah terbukti.

Bagi kamu yang belum memiliki bisnis travel, segera kamu cari peluang bagusnya dari rahasiatravel, karena mereka selalu memberikan promos keagenan usaha travel yang paling murah.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda