Teknik Menjual Tiket Murah yang Paling Ampuh (Bag III)

cara menjual tiket murah pesawat mmbc

Pelajaran ketiga cara menjual tiket murah

Tiket murah – Masih dalam terusan artikel yang sebelumnya tentang “Teknik Menjual Tiket Murah yang Paling Ampuh“, kali ini adalah bagian terakhir atau bagian ke-3 dari cara menjual tiket ampuh. Sekali lagi saya ingatkan kepada Anda, bahwa teknik ini sebenarnya bisa berlaku pada sistem apapun yang anda pakai. Tapi perlu kehati-hatian agar kamu bisa tetap menjual tiket, dipercaya orang, dan mereka tetap beli kepada kamu sampai kapanpun.

Pada bagian kedua dari teknik menjual tiket murah , saya sudah membahas mengenai cara mencari pelanggan. Yang ingin saya lanjutkan dan kamu mengerti, bahwa setelah kamu mencari pelanggan, penting sekali untuk menjaga pelanggan itu tidak “kabur” kemana-mana untuk mencari tiket pesawat ataupun kereta api. Jadi kita harus mencari cara agar mereka tetap mempercayai kita, mengingat kita dan membuat image tersendiri kepada brand atau bisnis kita.

Ada oang bijak dalam dunia marketing yang sering menanyakan kepada kita “Mana Lebih Mudah Mencari Pelanggan Baru atau mempertahankan pelanggan lama, Kemudian Memberikan penawaran Menarik kepada Mereka”. Jawabanya sudah pasti JAUH lebih baik dan lebih mudah mempertahankan pelanggan lama. oleh karena itu, mari kita bahas tiga teknik untuk mempertahankan pelanggan kita.

Pertama : Mempercayai

Mempercayai kita maksudnya adalah membuat konsumen kita benar-benar percaya bahwa tiket murah yang kita jual benar-benar murah. Maksudnya begini, kita tahu bahwa tidak jarang orang memberikan informasi “palsu”. Palsu disini maksudnya memberikan iming-iming murah dan diskon, padahal harganya sudah dinaikkan lebih dahulu. Untuk teknik marketing, ini memang sering sekali dipakai. Alasanya kita sudah mengerti bahwa tidak mungkin penjual tersebut mau menjual daganganya dengan harga modal atau dibawah harga modal. Oleh karena itu, mereka akan membuat cara supaya terlihat diskon atau potonganya menjadi lebih besar.

Misalnya seperti ini. Sebuah tiket pesawat dari Jakarta ke Denpasar (Bali) seharga Rp 800.000,- (Harga yang tertera di sistem). Kemudian kita naikkan menjadi 880 ribu, setelah itu kita diskon menjadi 875 ribu, itu kelihatanya jadi lebih menarik daripada kita langsung mengatakanya 875 ribu. Inilah salah satu teknik yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen atau pelanggan kita.

Kedua : Mengingat kita

Kita harus berfikir bagaimana caranya agar konsumen kita selalu mengingat kita ketika mereka ingin memesan tiket. Maksudnya begini. Sama seperti kebanyakan orang atau bahkan kamu juga, ketika ditanya pengiriman menggunakan ekspedisi atau jasa pengiriman apa, pasti yang terlintas di benak kamu adalah JNE atau POS Indonesia. Mengapa? Karena JNE terkenal dan mudah diingat serta Pos Indoensia memiliki jaringan yang sangat luas bahkan seluruh penjuru Indonesia. Ini jadi nilai pengingat mereka.

Kamu juga harus membuat sesuatu yang unik agar pelanggan kamu mudah mengingat mu. Misal saja begini, bahwa kamu bisa menjual tiket dengan pembayaran tenggan waktu.

Maksudnya begini, kalau kita membeli tiket secara online di Traveloka atau Tiket.com, bisa dipastikan kita HARUS langsung membayar agar tiket kita di Issued bukan? Tapi kamu bisa mengatakan ke pelanggan kamu (TERUTAMA YANG SUDAH KAMU KENAL), bisa melakukan pembayarannya nanti setelah mereka melakukan perjalanan. Tentu ini menjadi nilai pengingat yang baik bagi konsumen kamu. Mereka akan dengan mudah mengingat, bahwa kamu telah berbuat baik kepada mereka yang membeli tiket, dan memberikan kelonggaran dalam hal pembayaran. Apalagi bisa beli tiket tapi bayarnya nanti setelah melakukan perjalanan.

Saya berikan sedikit contoh dan semoga ini menjadi inspirasi kamu yang memulai bisnis travel. Ketika ada salah satu teman saya yang hendak bepergian ke Manado, saya membelikanya tiket, dan boleh membayar tiketnya nanti setelah dia pulang atau kembali dari Manado. Dengan begitu dia akan merasa senang, dan mereka akan memesan tiket lagi dilain waktu kepada saya.

Kuncinya yang perlu diingat adalah bahwa kamu bisa melakukan hal seperti ini kepada orang-orang yang sudah kamu kenal dekat. Jangan lakukan hal seperti ini kepada orang yang tidak kamu kenal atau belum terlalu kenal agar kamu tidak tertipu.

Ketiga : Membuat image

Tidak bisa kita pungkiri bahwa akhir-akhir ini semua pebisnis sangat jor-joran dalam mem-Branding atau mendapatkan Citra dari pelanggan atau pengunjung atau seluruh masyarakat. Tujuanya hanya satu, ketika image atau pandangan masyarakat banyak sudah positif dan baik, maka kita akan dengan mudah memberikan penawaran apapun.

Gampangnya begini saya berikan contoh blibli.com sebagai e-commerce ternama di Indoensia, mereka telah memberikan image atau wawasan kepada masyarakat Indonesia bahwa orang yang belanja di blibli.com tidak perlu lagi membayar ongkos kirim ke seluruh Indonesia ini. Bukankah hal tersebut dengan jelas memberikan Citra positif??

oleh karena itu, kamu yang ingin menjual tiket murah, jangan terlihat seperti murahan. Tetapi murah juga berkualitas, bisa dipercaya, layanan cepat serta selalu memberikan informasi-informasi penting. Dengan begitu image tetnang bisnis travel kamu akan meningkat. Dengan begitu pelanggan kamu akan mudah sekali merekomendasikan bisnis travel mu, dan kamu akan dengan sangat mudah mendapatkan pelanggan ditengah persaingan yang sangat ketat.

Nah ketiga pon di atas mampu meningkatkan penjualan tiket pesawat ataupun tiket kereta baik yang murah ataupun yang mahal sekaligus. Jadi bagi kamu yang memiliki bisnis travel tapi tidak berjalan atau mandek atau mungkin seolah-olah tidak bisa berkembang, kamu bisa empelajari teknik-teknik di atas. Ada 3 Teknik menjual tiket murah yang sudah saya jelaskan, kamu bisa mempelajarinya semua.

Baca : Tenik menjual tiket murah yang paling ampuh (Bag I)
Baca : Teknik Menjual Tiket Murah yang Paling Ampuh (Bag II)
Baca : Teknik Menjual Tiket Murah yang Paling Ampuh (Bag II)

Jika kamu mendapatkan kesulitan atau penjelasan yang kurang bisa kamu pahami, kamu bisa memberikan komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan sukses untuk bisnis travel Anda

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda