Teknik Negosiasi Gaji Paling Ampuh (Bagi Pelamar Kerja)

teknik negosiasi paling ampuh

Bagaimana Teknik Negosiasi anda ketika ingin meminta gaji pada saat kamu mau melamar sebuah pekerjaan?? Apakah kamu merasa bahwa kamu pantas dan layak di gaji tinggi?? Atau mungkin kamu merasa TIDAK LAYAK digaji tinggi karena tidak punya kemampuan dan masih baru mau kerja (Baru LULUS)??? atau mungkin Frends merasa pantas di bayar mahal karena kamu memiliki kemampuan yang bisa diandalkan??

Yuk… akan kita kupas satu persatu mengenai Teknik Negosiasi yang paling ampuh untuk anda para pencari kerja atau pelamar kerja.

Oh iya sebelumnya saya mengingatkan kepada teman-teman semua, bahwa artikel ini mungkin akan membuka sedikit cara berfikir kamu menjadi agak berbeda. Tapi tujuanya hanya satu yaitu kamu bisa mendapatkan gaji sesuai yang kamu harapkan nantinya.

Bagaimana Teknik Negosiasi yang Benar?

Bicara teknik negosiasi yang benar, saya pikir tidak ada yang bisa memastikan itu benar atau tidak yah. Mengapa??? Karena tidak pernah ada landasan teknik negosiasi benar atau salah. Yang bisa kita buat sebagai acuan adalah, bagaimana kita bernegosiasi dengan orang lain terutama dengan orang yang meng-interview kita saat ingin masuk kerja.

Apa acuanya???

Yang pertama acuanya adalah, kita tidak boleh merasa lebih pintar dan lebih baik dari orang lain. Ingat ini adalah akar dari kesombongan. Jika anda mengatakan “saya lebih baik dari si…….” atau mungkin anda mengatakan “saya tidak seperti si……” maka sebenarnya anda sudah menilai orang lain lebih rendah dari anda. Dan ini sebenarnya sangat FATAL.

Lalu bagaimana seharusnya?? Katakan saja kamu mampu melakukanya, dan akan memberikan yang lebih baik. Cukup sampai di situ dan jangan katakan “saya bisa melakukanya dan saya bisa melakukanya lebih baik dari si……”

Yang kedua adalah Rendah hati. Temand-teman harus benar-benar paham, ketika sebuah perusahaan menginginkan karyawan atau pekerja, itu artinya mereka butuh orang yang bisa mereka suruh atau pekerjakan. Bukan orang yang mengatur mereka.

Pastikan bahwa kamu tidak dalam posisi yang dibutuhkan. Tapi posisikan dirimu sebagai “pelayan” mereka. Ini penting sekali dikarenakan dimana-mana pekerja adalah orang yang dipekerjakan. Ingat Ini cara negosiasi yang paling baik sampai hari ini.

Contoh sederhana, beberapa waktu yang lalu saya memulai kerja online. Awalnya saya merasa bahwa saya mampu mengerjakan semua pekerjaan yang diberikan, tapi ternyata semuanya menolak karena para pemeri kerja merasa melihat saya memiliki kesombongan. Salah satu bentuk kesombonganya adalah dari Harga yagn saya katakan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. Sampai akhirnya saya menyadari bahwa cara saya adalah salah.

Baca : 5 Teknik mendapatkan kerja online di Sribulancer

Jadi kesimpulanya RENDAH HATILAH menerima apa yang ditawarkan kepada anda. Jika mereka atau pihak HRD menanyakan “anda mau gaji berapa??” barulah anda menyebutkan yang anda inginkan. Jangan terlalu jauh dari yagn ditawarkan. Misal yang ditawarkan adalah Rp 3.000.000,- maka anda masih bisa menawar pada harga gaji maksimal Rp 3.500.000,-

Ketiga yaitu Berikan yang mereka butuhkan. Bagian teknik yang ketiga ini mungkin agak sedikit sulit kita lakukan. Mengapa?? karena pada dasarnya kita ingin diberi dulu baru bisa memberi. Mulai hari ini anda membaca artikel ini, ingat satu hal, Jika kamu ingin menjadi lebih baik dan lebih dihargai, maka kamu harus mampu melayani orang lain. Artinya kamu harus terlebih dahulu memberikan yagn terbaik kepada orang.

Tenang saja, gaji atau bayaran kamu pasti akan dinaikkan. Ini sudah menjadi rahasia umum. Jadi lakukanlah dari sekarang. Bagaimana cara menegosiasikanya???

Katakan bahwa kamu ingin mengaktualisasikan dirimu semaksimal mungkin terlebih dahulu. Jika pekerjaan yang kamu lakukan sesuai dengan harapan perusahaan, maka kamu bisa meminta untuk supaya Gaji kamu ditinjau kembali.

Itulah 3 teknik negosiasi dan cara negosiasi yang sering sekali dilupakan orang. Padahal saat ini perusahaan-perusahaan besar tidak membutuhkan orang pintar, tapi membutuhkan roang yang mau belajar dan bekerja keras. Pintar dapat diasah tetapi orang yang rendah hati dan loyal terhadap perusahaan sangat sulit didapatkan.

Okey yah Frends, tetap semangat dalam mencari kerja dan belajar terus teknik negosiasi yang lebih baik lagi. Aktualisaikan diri tanpa harus jual diri. GOOD luck 🙂

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda