Contoh Teks Tantangan – Struktur dan Pembahasannya – TERKINI

contoh teks tantangan 1

Ilustrasi | kidsactivitiesblog.com

Apakah kamu pernah melihat sebuah tulisan baik itu di iklan atau mungkin juga di selebaran, brosur, pamflet atau apapun namanya media cetak, dimana terjadi pembahasan suatu pertentangan. Bisa jadi kontroversial atau bisa jadi juga bantahan yang sedang marak terjadi dimasyarakat pada saat itu.

Mungkin kamu menganggap, kok di marketingjoss sekarang ada pembahasan mengenai teks pertentangan yahh? Yah..karena website marketingjoss juga mempelajari seputar bahasa Indonesia dan pelajaran Ekonomi. Apakah ada kaitannya? Tentu saja. Kalau kita bicara marketing, itu artinya kita bicara tentang bahasa. Bagaimana kita menyajikan sebuah ajakan yang benar-benar persuasif kepada pembaca.

lalu apa hubungannya dengan ekonomi? Sudah pasti erat kaitannya dengan ekonomi. Bicara marketing itu berarti kita juga membicarakan tentang ekonomi. Jadi selanjutnya marketingjoss akan terus mempelajari marketing murni, marketing online dan offline, bahasa Indonesia serta pelajaran ekonomi. menarik bukan?

Apa itu teks tantangan

Teks tantangan adalah sebuat teks yang isinya sanggahan dari sebuah konflik sosial yang terjadi disertai dengan bukti dan data yang valid (benar) untuk membantah argumen yang dianggap tidak benar.

Jadi biasanya sebuah contoh teks tantangan ini akan muncul atau diberikan oleh pihak yang dirasa tidak sesuai dengan apa yang diberitakan. Contoh teks tantangan ini biasanya bisajadi muncul di dalam sebuah debat atau justru dalam bentuk selebaran pengakuan.

Struktur teks tantangan

Yang disebut dengan struktur, berarti bagian yang membangun sebuah teks tersebut. Apakah itu teks tantangan, teks iklan dan lain sebagainya biasanya HARUS memiliki struktur. Hal ini memang harus digunakan, supaya kita bisa dengan ter-Arah mendeskripsikan atau menjelaskan sesuai dengan alurnya.

Sebuah teks tantangan bisa muncul karena ada isu atau gosip yang belum tentu kejelasannya. Gampangnya begini, bahwa sekarang kita sering melihat di televisi sebuah isu, kemudian biasanya lawan mereka akan mulai membuat klarifikasi. Ini memang dari media televisi, tapi gambaran tersebut juga bisa kita buat untuk membuat sebuah contoh teks tantangan.

Contoh sederhananya, sebuah gosip antara Farhat Abbas dengan Regina. Mereka dalam wawancara televisi selalu memberikan argumen-argumennya dan selalu menyanggah.

Hal di atas memang dilakukan dalam sebuah media, sehingga mereka tidak perlu menuliskannya. Lalu bagaimana dengan contoh teks tantangan mereka jika dituliskan dalam sebuah teks tantangan? Oleh karena itu perlu ada struktur yang jelas. Berikut strukturnya :

1# Pengantar (Isu)

Sebuah contoh teks tantangan akan mucul ketika ada pengantarnya. Dengan begitu barulah kita bisa membuat tantangan yang membantah isu tersebut.

2# Argumen

Berupa sanggahan dari isu tersebut. Biasanya sifatnya menguatkan pembelaan. Jika disertai bukti-bukti akan semakin lebih baiklah tantangan atau bantahan tersebut.

3# Kesimpulan

Berupa BANTAHAN yang menegaskan bahwa isu tersebut tidak benar adanya.

Namanya juga sudah contoh teks tantangan, itu artinya pasti menentang dan membantah isu yang ada. Jadi biasanya sifatnya pasti KONTRA (melawan) isu yang beredar.

Unsur teks tantangan

1# Kalimat sanggahan

Berisi sanggahan terhadap isu yang beredar. Apakah itu sifatnya membenarkan diri sendiri atau menguatkan pernyataan orang lain. Tapi yang jelas dia bersifat menyanggah isu yang beredar atau masalah yang beredar saat itu.

Contohnya : Saya tidak setuju, saya tidak sependapat, tidak seperti itu melainkan seperti ini

2# Pilihan kata 

Namanya juga menentang isu yang beredar, maka perlu adanya pemilihan kata yang tepat atas setiap teks tantangan yang kita keluarkan. Jangan sampai terjadi kesalahan pemilihan kata, sehingga seolah tidak menentang isu yang beredar. Apakah pemilihan kata ini penting? Sudah PASTI.

3# Kata penghubung yang menguatkan

Ini sangat penting, biasanya menggunakan kata “dan“. Tujuannya adalah menguatkan. Oleh karena itu perlu ada kata “dan“. Misalnya “saya tidak setuju karena waktu itu saya dan dia berada pada tempat yang berbeda”. Penggunaan kata “dan” akan sangat menguatkan.

Contoh teks tantangan

Saya akan membuatkan sebuah contoh teks tantangan yang sederhana kepada anda, supaya Anda mudah memahaminya.

Masyarakat akhirnya berdemo di depan Istana negara menanggapi kenaikan BBM yang sudah dilakukan oleh pemerintah sejak kemarin. Mereka menganggap bahwa kenaikan tersebut tidak seharusnya terjadi ditenagh menurunnya harga BBM dunia.

“Seharusnya turun, bukan malah naik!” kata salah satu pendemo yang ikut memadati lapangan istana negara. Mereka beranggapan bahwa kebijakan pemerintah bukanlah kebijakan yang pro rakyat. Kebijakan tersebut hanyalah menindas kaum lemah.

Menurut salah satu ekonom ternama di Indoensia “tidaklah seharusnya pemerintah menaikkan harga BBM karena harga minyak dunia saat ini sedang melemah. Dimana korelasinya harga minyak dunia turun kok harga BBM di negeri ini malah naik”.

Hal ini dirasa memang tidak mengutamakan kepentingan rakyat. Kenaikan Rp 200,- untuk Premium dan Rp 150,- untuk solar sangat memberatkan masyarakat.

Itulah contoh teks tantangan sederhana yang bisa kamu pelajari, dimana ada isu yang berkambang serta ada sanggahan dari masyarakat dan diperkuat dengan agumen salah seorang tokoh. Dari teks tantangan dia atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kenaikan harga BBM belum seharusnya dilakukan saat ini.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda