Testimoni: Promosi Ampuh untuk Jualan Online

Ilustrasi-Testimoni: Promosi Ampuh untuk Bisnis Anda

Ilustrasi-Testimoni: Promosi Ampuh untuk Bisnis Anda

Testimoni atau mungkin lebih sederhana diartikan dengan komentar pelanggan mengenai suatu produk. Tak dapat dipungkiri saat produk sudah laku terjual dan digunakan oleh pembeli maka akan terciptalah pendapat pribadi atau komentar dari pembeli tersebut terhadap kualitas produk itu.

Dari sisi Anda sebagai penjual, testimoni baik dari pembeli adalah promosi terbaik bagi produk Anda. Testimoni adalah alat pemasaran yang paling ampuh, mudah digunakan dan paling murah yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan daya jual produk Anda.

Sudah banyak pebisnis online sukses melakukan strategi pemasarannya dengan menyertakan testimoni sebagai salah satu strategi pemasarannya. Berikut ulasan manfaat testimoni bagi usaha Anda :

  • Menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda

Karena setiap testimoni bukanlah “suara” anda, maka calon pembeli akan mendapat dorongan kepercayaan terhadap suatu produk setelah membaca testimoni dari sejumlah pembeli, sehingga dapat dengan mudah memutuskan untuk mencoba membeli, walaupun belum pernah mengunakan produk tersebut.

  • Menyakinkan pelanggan, usaha Anda adalah usaha yang baik, bukan penipuan

Semakin banyak kasus penipuan di dunia maya membuat siapapun yang akan bertransaksi online menjadi merasa perlu untuk tidak tergesa gesa membeli suatu produk, dan dengan adanya testimoni pada situs web anda memperlihatkan usaha anda benar benar serius, bukan usaha tipu tipu.

  • Meningkatkan kualitas usaha atau produk Anda

Testimoni baik akan membuat orang lebih percaya dengan usaha atau produk anda sedangkan testimoni buruk membuat anda berusaha terus untuk menyempurnakannya. Entah testimoni baik atau tidak, anda dituntut menerimanya secara positif.

  • Meningkatkan keterikatan pelanggan dengan produk Anda

Bisa Anda bayangkan bagaimana moral pelanggan akan jauh lebih baik saat melihat testimoninya dipajang, begitu pula rasa keterikatan pelanggan tersebut terhadap produk yang pernah digunakan/dipakai, dan tentunya akan menambah loyalitas konsumen tersebut.

  • Sumber inspirasi ciptakan produk atau usaha baru

Dari sekian banyak testimoni, akan semakin terbuka kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan ide atau gagasan segar dari setiap saran maupun kritik dari pelanggan dalam membuat produk atau bahkan usaha baru sekalipun.

Baca Juga: 5 Tips Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Terbaik

Akan ada berbagai macam bentuk testimonial, lalu bagaimana ciri testimoni yang tepat sasaran, yang mampu mengubah seorang pendatang menjadi seorang pelanggan ? berikut kami ulas beberapa bagian penting testimoni yang efektif :

  • Mengandung asas manfaat

“produk ini bagus” merupakan komentar yang baik tapi tidak ada penjelasan manfaat yang bisa diberikan oleh suatu produk. Gunakan testimoni yang secara langsung dan tegas menerangkan manfaat yang didapatkan, seperti “produk ini menghilangkan rasa sakit di lutut saya” atau “produk ini memberikan saya untung dua kali lebih banyak dalam satu bulan”.

  • Mampu menggantikan pengakuan Anda terhadap suatu produk

Jika dalam suatu promosi anda menjelaskan bahwa produk anda bisa melakukan sesuatu bagi pelanggan Anda, maka testimoni yang anda miliki harus mendukung hal tersebut dengan suatu fakta, seperti seberapa besar pelanggan bisa menghemat uangnya saat menggunakan produk tersebut atau seberapa efisien waktu bisa didapatkan jika menggunakan produk tersebut.

  • Berasal dari seseorang yang sesuai dengan target pasar Anda

Agar calon pembeli menyadari bahwa produk anda juga dapat membantu orang seperti mereka, sesuai tingkat umur, golongan, atau profesi mereka.

  • Dapat dipercaya

Selalu lengkapi testimoni dengan identitas yang lengkap, nama, kota asal bahkan perlu juga memasang foto atau gunakan pula suara atau video untuk memaksimalkan dampak psikis. Sehingga hal tersebut memperlihatkan bahwa testimoni tersebut benar benar dibuat dengan serius dan mampu lebih menyentuh secara personal bagi calon pembeli.

  • Mampu menjelaskan manfaat utama dari suatu produk

Saat anda menjual pembersih lantai, testimoni yang menjelaskan bahwa produk anda begitu harum dan botol yang tidak mudah tumpah, belum lah cukup. Pastikan testimoni menjelaskan bahwa produk anda mampu membersihkan lantai.

  • Mampu memberikan perbandingan dengan produk lain

Pilih testimoni yang mampu menjelaskan keunggulan produk anda dibanding yang lain.

Berikut tips sederhana dalam memajang testimoni :

  • Lakukan pemilihan testimoni sesuai kriteria di atas
  • Tentukan jumlah maksimal testimoni yang bisa ditampilkan
  • Buat tempat khusus untuk testimoni

Sebagian besar orang akan lebih mudah untuk memutuskan membeli suatu produk atas dasar saran dari teman dari pada hanya bergantung dari promosi penjual. Karena seseorang lebih cenderung ingin mengetahui kualitas suatu produk sebelum membeli, dan dalam suatu testimoni, ada penciptaan ikatan kepercayaan dari seseorang yang telah menggunakan produk tersebut.

Kumpulkan testimoni yuk !

Pilih yang terbaik.

About The Author

Reply

Pesan Anda