Tiga Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Ilustrasi-Tiga Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Ilustrasi-Tiga Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Asia dikenal memiliki cukup banyak tokoh yang berpenghasilan hingga miliaran dolar. Sukses memulai kariernya dari nol, mereka berhasil membuktikan bahwa lahir di tengah-tengah keluarga yang berstatus ekonomi menegah ke bawah tak munyulutkan usaha kerasnya hingga mencapai kesuksesan menjadi seorang miliader. Siapa saja mereka dan bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasannya:

1# Li Ka Shing

Li Ka Shing:   Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Li Ka Shing: Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Li Ka Shing adalah salah satu miliarder yang paling berpengaruh di Asia. Ia membangun bisnisnya dibidang properti dan meluas ke bisnis teknologi media. Kekayaan Li Ka Shing mencapai 19,5 miliar dolar hingga ia dinobatkan sebagai orang paling kaya no 19 di dunia.

Li adalah seorang imigran di Hongkong. Lahir di Jepang, Li harus mengalami nasip pahit saat ayahnya tutup usia karena penyakit tuberculiosis. Sepeninggal ayahnya, Li Ka Shing harus bekerja keras banting tulang untuk menanggung kehidupan keluarganya. Di usia yang masih sangat muda, 12 tahun, Li berhenti dari sekolahnya dan memutuskan untuk bekerja menjadi buruh pabrik.  Li memberikan hampir keseluruhan penghasilannya pada ibunya. Kondisi ini membuatnya semakin keras dan bertekad untuk keluar dari lubang kemiskinan.

Saat usianya beranjak 14 tahun, ia mulai mengenal bisnis yang  membuatnya berada pada posisi saat ini. Jenis bisnis yang pertama kali digelutinya adalah pengolahan plastik. Dengan modal pinjaman dari relasi, Li menjalankan bisnisnya dengan membuat bunga plastik dan mainan plastik yang diberi nama Cheung Kong Indutries. Bisnis ini akhirya mampu menembus pasar Internasional.

Di usia 22 tahun, Li Ka Shing akhirnya berhasil menjadi produsen dan pengembang properti. Sambil menikmati masa tuanya, kini Li Ka Shing memfokuskan diri sebagai investor dalam bidang properti dan tenologi.

Baca Juga: Dipecat: Wanita Ini Justru Berhasil Membuat Usaha Sendiri

2# Wang Jianlin

Wang Jianlin:   Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Wang Jianlin: Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Dengan harta kekayaan sebesar 406,9 triliun, Wang Jianlin adalah orang terkaya ke 18 di dunia. Perusahaan real estate Dalian Wanda Group adalah bukti kesuksesan Wang. Sebelum terjun di bidang properti, Wang adalah seorang karyawan administrasi. Dengan semangat kerja yang sangat tinggi, kariernya makin bernjang naik secara perlahan. Di tahun 1989, ia dipercaya mejadi pemimpin kawasan pengembangan di Xigang hingga akhirnya pada tahun 1990 ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri dengan mengakuisisi perusahaan real yang sempat akan bangkrut bernama Dalian Wanda.

Perusahaan tersebut semakin maju dan berkembang di bawah kepemimpinannya. Berkat koneksi dengan pemerintah yang kuat, perusahaan yang ia rintis menjadi lebih maju. Kini Wang tidak hanya mengelola perusahaan tersebut namun juga mengelola kerajaan bisnis Wnada Group.

3# Jack Ma

Jack Ma:   Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Jack Ma: Orang Terkaya di Asia yang Sukses Memulai Kariernya dari Nol

Pria kelahiran Tiongkok, 10 September 1964  ini lahir dan tumbuh di tengah keluarga yang tidak mampu. Jack Ma akhirnya memutuskan untuk menjadi pemandu turis saat memasuki usia remaja. Ketertarikannya pada Bahasa Inggris membuatnya senang bergaul dan berinteraksi dengan para turis. Jack ma selalu mengunjungi hotel-hotel besar setiap pagi di provinsinya. Ia menawarkan jasa sebagai pemandu wisata bagi para turis yang menginap do hotel-hotel tersebut. Oleh karena pekerjaan ini, Jack Ma memiliki pola pikir yang lebih terbuka dibandingkan teman-teman seusianya.

Tahun 1988 Jack Ma berhasil menyelesaikan studinya di Universitas Keguruan Hangzhou dan meraih gelar S.Pd. Selanjutnya ia mulai melamar pekerjaan di beberapa perusahaan. Namun, ia harus mengalami penolakan demi penolakan. Salah satunya saat ia melamar bekerja di KFC, lamarannya pun ditolak oleh KFC. Akhirnya, ia menjadi guru Bahasa Inggris di China dengan penghasilan  US$ 12 perbulan. Jack senang dengan pekerjaan tersebut. Ia mencintai saat di mana ia bisa selalu berinteraksi dengan murid-muridnya.

Selain sebagai guru, Jack juga sering menerima order pekerjaan sebagai penerjemah. Dari penghasilan yang didapatkannya tersebut, ia berhasil menabung dan akhirnya terbang menuju US. Jack Ma cukup ahli dalam menggunakan internet.

Kata kunci yang pertama kali ia browsing melalui internet adalah “beer” (bir), hasil pencarian terhadap kata kuncu tersebut membuatnya kaget karena tidak ada beer China yang muncul. Inilah titik mula ia berkeinginan mendirikan perusahaan online untuk China. Akhirnya, pada tahun 1999, Jack Ma berhasil mendirikan perusahaan online Alibaba.

Layanan marker place online ini kini telah mendapatkan perhatian dari seluruh penjuru dunia. Pada tahun yang sama, perusahaan tersebut telah memperoleh investasi sebesar US$ 5 juta dari Goldman Sachs dan US$ 20 juta dari SoftBank.

Nah, demikianlah ulasan mengenai 3 orang terkaya di Asia yang sukses memulai kariernya dari nol. Semoga semakin menginspirasi Anda. Salam sukses.

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda