Tips Ampuh Bisnis eCommerse Untuk Entreprenuer Baru – Bagian 2

 

Tips Ampuh Bisnis eCommerse Untuk Entreprenuer Baru – Bagian 2

Tips Ampuh Bisnis eCommerse Untuk Entreprenuer Baru – Bagian 2

Selamat atas kepemilikan toko Anda sendiri. Membangun bisnis sendiri merupakan pengalaman yang mengasyikan. Dan menjadi entrepreneur baru adalah permulaan petualangan yang seru karena semua adalah baru untuk Anda. walaupun begitu, kadang entrepreneur baru menjadi terlalu terlena akan kegembiraan terhadap hal yang salah. Oleh sebab itu artikel ini dapat menjadi tuntunan bagi Anda sejak awal menjadi entrepreneur baru dan mulai menuai pundi pundi laba dari toko baru Anda.

Baca Juga:

Tips Ampuh Bisnis eCommerse Untuk Entreprenuer Baru – Bagian 1

7# Buat Deskripsi Singkat Setiap Produk

Anda harus membuat satu paragraf deskripsi tentang suatu produk dan memberikan beberapa hal penting yang dapat membantu pelanggan Anda mengerti tentang maanfaat, fitur yang ada dan bagaimana langkah penggunaan produk tersebut. Misalkan saja, jika Anda menjual baju, maka Anda perlu memberikan uraian bagaimana menariknya mereka saat memakainya, atau bisa juga menerangkan kualitas kain yang digunakan atau Anda merekomendasikan warna perhiasan atau sepatu yang cocok dipadukan dengan baju tersebut.

8# Buat Tampilan Situs Web Lebih Menawan

Halaman produk harus memiliki beberapa gambar atau foto produk dengan sudut yang berbeda beda atau penggunaan yang berbeda beda. Dan akan lebih baik jika halaman utama mempunyai gambar berupa banner yang menarik perhatian pengunjung. Untuk posting blog juga sebaiknya lebih cenderung visual, dimana Anda memiliki beberapa gambar, gif dan mungkin juga sebuah video untuk setiap posting.

9# Cari Merek ECommerse Sebagai Referensi

Saat Anda memulai sesuatu, penting untuk mencari seorang mentor. Walaupun kadangkali sangat sulit mendapatkan akses ke mentor eCommerse yang sudah sukses. Orang tidak perlu untuk membagikan niche mereka dan menjawab suatu pertanyaan yang dapat dengan mudah dicari pada google. Anda dapat bergabung pada komunitas komunitas untuk mencari saran.

Walaupun begitu, jalan paling efektif untuk sukses sebenarnya dengan menemukan merek eCommerse yang Anda cita citakan dan buat merek Anda juga sama sepertinya. Sebagai contoh, jika Anda ingin bisnis yang berorientasi pelanggan maka Anda harus membuatnya seperti Disney.

Jika Anda ingin ahli dalam seni branding maka Anda sebaiknya berguru dari Dollar Shave Club. Dan jika Anda ingin membuat pasar raksasa bergurulah dari Amazon. Anda tidaklah perlu menyalin niche mereka atau gaya mereka, Anda hanya perlu menemukan pola yang Anda suka pada suatu toko online tertentu dan aplikasikan pada toko eCommerse Anda.

10# Dapatkan Feedback Untuk Toko Anda

Saat Anda meluncurkan toko baru, penting hukumnya untuk mendapatkan feedback. Kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan oleh entrepreneur eCommerse tentang feedback ini adalah mereka mencari feedback tersebut dari entrepreneur lain di komunitas publik. Karena Anda berbagi niche dan produk Anda dengan saingan Anda.

Memang seorang entrepreneur dapat memberikan pencerahan kepada Anda, tapi Anda tak perlu bergantung pada feedback dari orang yang bisa jadi saingan dengan Anda. sangat jelas hukumnya untuk tidak mengungkap apa niche Anda kepada entrepreneur lain.

Dengan menggunakan Peek User Testing, Anda mendapatkan review gratis dari situs web Anda sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana cara untuk menyempurnakan situs web Anda.

11# Berikan Kategori Produk Yang Spesifik

Di tahap tahap awal meluncurkan toko Anda, di saat produk Anda masih kisaran 15 macam produk, masih wajar jika semua produk digabungkan dalam satu kategori saja. Tapi sejalan perkembangan toko Anda, akan jauh lebih baik jika Anda mengelompokkan produk Anda dalam kategori yang lebih spesifik.

Kategori “Pria”, “Wanita”, dan “Anak-anak”, sudah umum dilakukan oleh banyak toko, Anda diharapkan untuk  lebih dari itu, Anda dapat membuat subkategori di dalam setiap kategori utama. Hal ini adalah perlu dilakukan karena kebanyakan pengunjung bisa dipastikan tidak suka menjelajah semua koleksi untuk menemukan produk yang tidak diperlukan.

Sebagai referensi, cobalah lakukan observasi bagaiamana Amazon mengelola kategori produk yang dimiliki. Anda akan menemukan suatu barang spesifik dengan begitu mudah. Semakin mudah pengunjung Anda mendapatkan barang yang mereka cari, semakin besar kemungkinan untuk membelinya langsung dari toko Anda.

12# Gunakan Banyak Media Sosial

Saat menapaki media sosial, banyak toko yang melakukan kesalahan karena hanya aktif berada di satu jenis media sosial saja. Harus dipahami bahwa saat Anda menggunakan kombinasi dari beberapa media sosial maka usaha Anda untuk memasarkan  produk dan brand Anda akan sedikit lebih tapi jelas jauh lebih efektif dan menambah daya saing. Berada dalam tiga sampai empat media sosial masih relatif dapat dikelola

About The Author

Reply

Pesan Anda