Tips Berpindah Dari Karyawan Menjadi Pengusaha

tips berpindah kuadran

Usaha… yah… semua orang pasti berusaha untuk hidup lebih baik. Tapi apakah semudah tulisan dan bacaanya? tentu tidak. Banyak hal yang harus dilakukan dan diperjuangkan agar kita mampu memiliki usaha dan bertahan dalam usaha itu dalam waktu yang cukup lama.

Persoalanya yang pada akhirnya timbul adalah, seiring dengan waktu akan banyak menemui kendala dan banyak bermunculan kompetitor atau pesaing dan semakin berat persainganya.

Tapi tunggu dulu, sebelum kita memulai membicarakan usaha, maka saya perlu memberikan sedikit wejangan kepada teman-teman bahwa sudah saatnya kita memiliki usaha sendiri dan tidak menjadi karyawan terus.

Kita harus semakin bijak dalam memilih. Masakkan kita menjadi pekerja orang terus??? Apa memang kita sudah tidak bisa lagi membuat usaha untuk diri kita?? Harusnya kita malu kalau banyak orang yang sanggup dan berhasil memulai usaha, tapi kita yang berijasah, lulusan perguruan tinggi ternama malah bisanya hanya menjadi pekerja.

Apa sih sebenarnya yang membuat kita sulit untuk memulai usaha??

Secara garis besar, saya melihat pada setiap orang yang sudah merasakan gaji bulanan yang cukup besar, posisi di perusahaan cukup mapan, maka orang tersebut akan merasa “nyaman”. Kata nyaman inilah yang selalu kita cari-cari. Bagaimana caranya hidup nyaman pada umur sekian…sekian dan sekian…

Dan kenyataanya, setelah tercapai, FAKTA menunjukkan memang banyak yang sudah TIDAK MAU lagi membuat usaha. Karena mereka bisa tetap hidup dan berkecukupan. Padahal potensi mereka masih bisa dikembangkan dan dimaksimalkan. Ketika itu bisa dimaksimalkan, tentu banyak orang yang akan mendapat manfaatnya. banyak lapangan pekerjaan yang dibuka. Ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

INTI dari semua yang saya tulis di atas adalah

Orang yang sudah NYAMAN, pasti akan sulit sekali berpindah kuadran dari karyawan menjadi pengusaha.

Saya mengatakanya sulit, bukan tidak bisa. banyak juga yang sanggup melakukanya. Dan seharusnya memang lebih banyak lagi orang yang sanggup melakukanya.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk berpindah dari karyawan menjadi pengusaha. Bukan pengusaha besar yah,… karena itu tetap membutuhkan proses.

Berpindah kuadran dari karyawan menjadi pebisnis atau pengusaha memang tidaklah mudah. Biasanya dibutuhkan “Driving Force” yang JAUH lebih besar daripada sekedar menjadi karyawan ataupun Self Employ. Kalau bisa mereka harus punya modal, agar Langkah awal dalam membuat usaha bisa lancar.

Nah… bagi teman-teman yang ingin mengetahui caranya, saya punya sedikit tips bagaimana cara berpindah dari kuadran Employ dan Self Employ menjadi kuadran bisnis dan Investor.

cara mendapatkan uang dari internet sangat mudah

Cara mendapatkan uang dari internet

#1. Amati

Anda sebagai perkerja atau karyawan, sebaiknya mengamati terlebih dahulu bisnis apa yang sedang berkembang. bagaimana pasarnya, seberapa banyak pesaingnya, dimana anda bisa mendapatkan produknya serta bagaimana cara memulai bisnis tersebut.

Pastikan ketika anda mengamati benar-benar seksama dan tidak ada yang terlewat. Ini penting agar anda mendapatkan data yang akurat, sehingga langkah-langkah yang akan anda ambil tepat sasaran.

#2. Tiru

Sebenarnya bisnis yang paling mudah adalah bisnis meniru apa yang dibuat orang. Itulah cara yang paling mudah. Jangan takut apa kata orang, jangan gengsi inign membuat usaha yang berbeda dari yang lain. Berbeda dari yang lain itu bisa. Tapi kalau kamu malah tidak laku??? Yang ada kamu bangkrut.

Maksudnya bagaimana???

Kamu tiru saja model bisnis bahkan produknya juga. Tidak apa-apa. Tapi setelah kamu tiru, kamu lanjutkan dengan bagian ke tiga ini yaitu :

#3. Modifikasi

Bagian modifikasi inilah yang harus kamu perhatikan baik-baik. Apa yang dimodifikasi?? Yang perlu anda mudifikasi pertama sekali adalah PELAYANAN.

Di Indoensia ini sudah tidak heran bahwa pelayan sebuah toko atau penjaga toko tampangnya JUTEK-JUTEK. Untuk itu, teman-teman perlu tau, bahwa bagian pelayanan ini sangat penting. Sebelum kamu memulai sebuah usaha, pastikan dalam diri mu, bahwa PELAYANAN adalah menjadi bagian TERPENTING dalam bisnis kamu. Dengan demikian banyak orang akan melihat komitmen kamu dalam melayani pelanggan dan kepuasan pelanggan.

Apa lagi yang dapat dimodifikasi?? Barang atau produk. Misal pesaing mu menjual baju wanita semua… segala jenis dan segala merk, maka kamu juga menjual baju wanita, segala jenis dan segala merk, tapi kamu kombinasikan jualan asesoris juga, mungkin dengan celana atau rok wanitanya. Mungkin juga dengan sepatu atau tas wanita.

Ketiga tips diatas itulah yang sering sekali kita dengar dengan istilah ATM Bukan Automatic Teller Machine, tapi Amati, Tiru dan Modifikasi.

Langkah yang paling pertama anda lakukan memang harus bagian AMATI. Dengan mengamati terlebih dahulu, kamu tidak perlu langsung keluar dari pekerjaan utama kamu. Kamu bisa mengamatinya, mengumpulkan datanya dari kantor mu. Bisa juga menggunakan media online seperti Internet. Cari di Google seputar usaha yang mau kamu bangun. Cari juga Distributor atau supliernya. Dengan begitu, setelah kamu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sebagai KARYAWAN, maka kamu sudah bisa mengambil LANGKAH PASTI.

Contohnya seperti yang saya lakukan. Sebelum saya berbisnis travel, saya cari tahu dulu apa itu bisnis travel, apa keunggulan yang satu dengan yang lainya, berapa biaya pendaftaranya, bagaimana cara kerjanya dan semua bagian tekhnisnya saya pelajari terlebih dahulu. Sehingga ketika saya ingin fokus di bisnis travel sudah benar-benar JAUH lebih mudah.

INTINYA: jangan terlalu idealis ingin membuat usaha yang berbeda dari yang lain. Kalau kamu ingin membuat yang berbeda dengan yang lain, maka kamu akan kehabisan waktu, uang, tenaga dan lain-lain. Jadi… tiru saja yang ada lebih dahulu, kemudian seiring dengan berjalan waktu kamu buatlah inovasi.

Baca: Bisnis travel dari awal sampai bisa berhasil

Baca: Cara membuat bisnis plan yang terpercaya untuk investor

Nah, semoga dengan pembahasan di atas, teman-teman bisa lebih bersemangat dan FOKUS serta keinginanya semakin kuat dalam melangkah untuk Berpindah Dari Karyawan Menjadi Pengusaha. Sukses untuk teman-teman 🙂

Jangan lupa, terapkan 4 kemampuan berikut dalam dirimu agar kamu memiliki sikap kepemimpinan yang baik dalam usaha yang kamu rintis :

  1. Mampu membiayai (siapkan modal sekuat mungkin)
  2. Mampu memikirkan (pikirkan strategi dan rencana serta investasi dimasa mendatang)
  3. Mampu mengembangkan (inilah yang saya sebut dengan inovasi. Buat inovasi produk mu)
  4. Mampu menanggung resiko (jika ada kerugian, maka kamu tidak perlu panik)

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda