Tips Cerdas Awet Baterai Android

Tips Cerdas Awet Baterai Android

Tips Cerdas Awet Baterai Android

Tidak perlu dipertanyakan mengapa harus ada artikel ini, dan sudah bukan jadi rahasia lagi karena rentang hidup baterai merupakan masalah paling besar dalam dunia Android sekarang ini. Sederhana saja, coba cabut kartu SIM dari smartphone Anda, kemudian matikan WiFi, lalu jangan sekalipun menyentuhnya, diperkirakan smartphone Anda akan “hidup bahagia” hingga satu minggu ke depan walau dengan sekali Charge. Tapi saat Anda mencobanya dengan apapun yang bernada “smart” maka  Anda akan segera mengetahui dimana masalah tersebut berasal.

Baca Juga:  10 Trik Jitu Mengamankan Smartphone Anda

Sangat disayangkan memang, jika Anda menghitung masa hidup smartphone saat ini hanya sepanjang beberapa jam bukan hitungan hari. Lalu apakah ada usaha yang bisa dilakukan untuk menambah rentang hidup baterai ? ya tentu saja. Berikut ini ada beberapa langkah sederhana tapi ampuh untuk meningkatkan rentang hidup baterai smartphone Anda :

1# Tentukan waktu istirahat

Mengkondisikan smartphone Anda tanpa sinyal dan tanpa WiFi untuk waktu tertentu dapat menghemat daya. Dan jika smartphone Anda tidak bisa menjadwal suatu aktifitas layaknya mematikan sesuatu fitur saat tertentu, pasang saja aplikasi seperti Tasker, atau dapat juga aktifkan mode Airplane.

2# Nonaktifkan fitur WiFi

Jika memang sedang tidak menggunakan fitur Wifi, langsung matikan, daripada mengkondisikan smartphone Anda terus memantau sinyal WiFi terus menerus, sama halnya sebagai aktifitas yang membuang buang energi.

3# Upload dengan WiFi

Jika Anda adalah seorang pengguna Dropbox maka penggunaan koneksi WiFi saat mengunggah berkas adalah jalan terbaik untuk mempersingkat waktu dan tentu pada akhirnya menghemat penggunaan baterai perangkat.

4# Tertib mengisi baterai

Harus diketahui oleh semua pengguna baterai Lithium-ion, larangan keras untuk mengkondisikan baterai tersebut hingga habis dan perangkat tersebut sampai mati karenanya. Penelitian mengatakan, jika hal tersebut benar benar terjadi maka kapasitas baterai akan menurun hingga 70% dari kapasitas normalnya hanya dalam 300-500 siklus pengisian. Tapi akan beda hasilnya jika kapasitas dijaga tidak sampai berada dibawah 75% maka baterai baru akan mulai menurun kapasitasnya setelah 2500 siklus pengisian.

5# Aktifkan Push Notification

Fitur Push Notification ini merupakan fitur terbaik untuk baterai Anda. karena dengan fitur ini, smartphone Anda tidak perlu memantau setiap waktu tertentu hanya untuk mengetahui apakah ada email baru masuk atau tidak.

6# Jaga baterai tetap dingin

Pastikan smartphone Anda selalu berada di tempat yang dingin karena baterai mempunyai kinerja terbaik di situ. Dan usahakan tidak menggunakan Wireless Charging sebisa mungkin, karena panas yang dikeluarkan Charger akan merusak baterai. Waspadai pula terhadap Charger yang cepat, karena walaupun smartphone dan Charger sudah begitu pintar mengantisipasi kerusakan akibat voltase tinggi, daya besar dapat menghasilkan panas berlebih.

7# Pasang Widget tentang Brightness

Atur smartphone Anda untuk menggunakan stAndar Brightness seminimal mungkin sehingga dapat menghemat daya semaksimal mungkin. Kemudian pasang saklar Widget di layar utama untuk High/Low Brightness untuk mempermudah Anda mengatur kebutuhan layar. Aktifkan High Brightness jika dan hanya jika Anda membutuhkannnya.

8# Bersih bersih Widgets

Widget memang bagian penting dari Android, tapi yang patut jadi perhatian di sini adalah tidak semua widget diperlukan, penting bagi Anda untuk menggunakan widget pada hal hal penting saja.

9# Matikan GPS

Aktifkan fitur ini jika Anda benar benar membutuhkan. Karena memang sedikit kemungkinan dan sedikit alasan untuk menggunakan setiap waktu fitur ini. Selain itu usahakan untuk menggunakan pilihan deteksi lokasi hanya saat Anda menggunakan koneksi WiFi.

10# Matikan feedback fisik

Sederhananya, otak Anda sudah cukup mengerti saat tangan Anda menyentuh sesuatu atau tidak. Walaupun hanya sedikit getar atau suara setiap Anda menekan tombol tapi hal itu tetaplah mengurangi sumber daya perangkat, sehingga sudah wajar bagi Anda untuk tak menggunakan pilihan Haptic Feedback ini agar daya baterai bisa lebih efektif digunakan.

11# Buang aplikasi tak penting

Anda tidak akan pernah tahu secara pasti aplikasi apa yang sedang dijalankan di balik layar maka akan jauh lebih bijak jika dari awal Anda tidak menggunakan atau menghapus aplikasi yang jelas jelas tidak penting sehingga sumber daya perangkat Anda dapat lebih efisien.

Semua akan mati pada akhirnya. Tapi setidaknya Anda ingat dua hal berikut :

  • Smartphone dan baterai di dalamnya telah di desain lebih baik, lebih pintar dan menjaga Anda untuk tidak mudah merusaknya
  • Baterai punya batas waktu hidup. Tidak ada pemeliharaan spesial yang bisa menghindari Anda dari penurunan kinerja baterai untuk penggunaan hingga beberapa tahun ke depan.

About The Author

Reply

Pesan Anda