Tips Cerdas Searching Google

8 Tips Cerdas Searching Google

8 Tips Cerdas Searching Google

Berapa jam sehari anda menghabiskan waktu menggunakan internet dalam satu hari?  Di sini Anda akan mendapat apa yang bisa dilakukan agar pencarian dengan menggunakan mesin pencari bisa lebih cepat, jadilah cerdas untuk mempelajari beberap tips dan trik berikut untuk sedikit mempermudah hidup anda. Bagaimana tips cerdas agar pencarian Anda melalui Google Search dapat berhasil? Berikut ini ulasannya:

Berikut tips dan trik agar pencarian anda lebih ampuh :

1# Kata kunci tidak mengenal huruf besar dan kecil

Tidak mengenal adanya besar dan kecil kecuali menggunakan operator Boolean seperti (OR, AND ) dan kata bantu yang disediakan Google.

2# Urutan kata kunci menentukan hasil pencarian

Google akan memberikan bobot paling tinggi untuk kata pertama daripada kata kedua, kata kedua lebih tinggi daripada kata ketiga demikian seterusnya.

3# Gunakan quote (“ “).

Quote dapat digunakan untuk pencarian beberapa kata atau kalimat yang sama persis. Saat anda memasukkan beberapa kata diantara dua quote, maka Google akan menampilkan halaman web hasil pencarian yang mengandung kata kata tersebut dengan urutan yang sama persis seperti terlihat dalam kata kunci.

4# Gunakan tanda minus(-)

Jika saat anda menyusun kata kunci, anda berikan tanda minus di depan suatu kata tertentu, maka Google tidak akan menampilkan halaman situs hasil pencarian yang mengandung kata tersebut.

5# Gunakan asterik (*)

Saat anda menggunakannya di dalam kalimat ber-quote maka dalam pencarian Google akan menggantikannya dengan sesuatu karakter atau apapun kata variabel yang ditemui saat melakukan pencarian.

6# Pencarian kata kunci di dalam suatu situs web

Fungsi kata “site:” dalam kata kunci pencarian akan membatasi Google untuk mencari padanan kata hanya dari situs web tertentu saja.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan Google Plus untuk Bisnis Online

7# Pencarian halaman yang memiliki link ke situs tertentu.

Gunakan fungsi kata “link:” di depan nama situs tertentu, maka Google akan segera memberikan hasil pencarian tentang halaman web yang memiliki link ke situs dimaksud.

  • Pencarian situs yang mirip dengan situs tertentu
  • Pencarian berkas berita lama hingga pertengahan tahun 1880-an
  • Fitur Google News merupakan pilihan dari Google untuk mencari sesuatu dari berkas berita hingga 100 tahun yang lalu dari surat kabar di seluruh dunia.
  • Pencarian perbandingan antara sesuatu menggunakan “A vs B”
  • Google akan memberikan ulasan perbandingan tentang A dan B.
  • Gunakan Search Tool untuk menyaring hasil pencarian
  • Hasil pencarian yang sudah ditampilkan oleh Google dapat di saring kembali dengan menggunakan SearchTool sesuai dengan paramenter yang dipilih.
  • Gunakan “DEFINE:” untuk mengetahui arti dari suatu kata.
  • Google akan bantu mencarikan halaman web yang berisi definisi dari suatu kata yang disebut pada kata kunci.
  • Pencarian gambar dengan menggunakan gambar
  • Jika anda menyimpan gambar, kemudian melakukan pencarian menggunakan gambar tersebu melalui tombol Camera. Anda akan mengetahui dari mana asal gambar tersebut dan anda mengetahui berbagai gambaar serupa yang ada di web lain.

Pencarian dengan Google memang sudah dikenal ampuh. Menggunakan beberapa tips di atas anda akan jauh lebih mudah dan cepat mencari apapun di dunia maya. Carilah maka anda akan mendapatkan dan saat ini biarlah Google yang berusaha mencarinya untuk anda.

About The Author

Reply

Pesan Anda