Tips dan Strategi yang Harus Anda Tahu Tentang Bisnis Rumahan

Tips dan Strategi yang Harus Anda Tahu Tentang Bisnis Rumahan

ilustrasi # Tips dan Strategi

Marketingjoss.com – Apakah Anda sedang mencari sebuah ide bisnis di bidang rumahan? Apakah sudah saatnya Anda menambah penghasilan sampingan melalui usaha berbisnis rumahan? Nah, melalui artikel kali ini kami mencoba mengulas bagaimana tips dan strateginya sebelum dan ketika sedang menjalani model peluang usaha tersebut.

Memang tidak mudah bagi sebagian kalangan untuk memulai bisnis dari rumah, memikirkan idenya saja mungkin tidak banyak yang melakukannya.

Akan tetapi saya rasa Anda mungkin bukan salah satu dari mereka, ketika Anda membaca artikel kali harapan kami segera bisa membuka sebuah usaha bisnis yang cukup bagus dan bisa dikerjakan dirumah tanpa mengganggu kegiatan utama Anda bahkan bisa jadi itu yang akan menjadi penghasilan utama nantinya ( Insya Allah) amin.

Peluang bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah relatif banyak, namun terkadang orang melupakan bagaimana strategi menjalankan bisnis rumahan tersebut. Bisa jadi bisnis baru berjalan sebentar saja sudah menyerah dan gulung tikar (tutup).

Pernah teman akrab saya bercerita dalam membangun bisnis usahanya yang ketika itu dia memilih banyak modal dan dia berkeinginan membangun sebuah bisnis rumahan yang bisa menjadi penyalur dari dana-dana yang sudah dia kumpulkan ketika bekerja.

Semua persiapan sudah jadi dan semua peralatan sudah siap dan langsung saja dia membuka sebuah usaha cofee shop karena area lokasinya dekat dengan kampus di salah satu universitas yang berada di Tarakan, Kalimantan Utara tersebut.

Namun apa yang terjadi, baru pagi buka perdana dan dalam sehari itu kondisi hujan gerimis jadi tidak ada konsumen satupun sampai sore maka yang lebih heboh lagi bahwa besok paginya cofee shop langsung tutup dan memutuskan untuk berhenti melanjutkan bisnisnya tersebut.

Kondisi seperti itu bisa saja terjadi bukan pada kawan saya, membangun usaha apalagi sebuah bisnis rumahan memang diperlukan tips dan strategi yang cukup baik dan tertata rapi untuk memulai sebuah bisnis. Lalu apa saja sih tips dan strategi dari #peluang bisnis rumahan ini? Lihat selengkapnya.

Baca : Cara Memulai Usaha Toko Online di Bidang Fashion Untung Besar

Pastikan Anda Suka Model Bisnisnya

Mengingat bahwa bisnis akan dijalankan di rumah, maka modal dasar adalah bisnis tersebut harus yang benar benar Anda sukai dan minati, ada pepatah mengatakan ” rumahku istanaku”, maka bisnis yang ada dirumah Anda tersebut sebaiknya memang sebuah bisnis usaha yang cukup menyenangkan dan tidak membosankan.

Anda suka internet marketing? Anda bisa saja membuka bisnis reseller, google publisher, dan beberapa jenis usaha online lainnya, Anda suka otomotif? Anda senang utak atik mesin kendaraan bermotor? Anda bisa membuka bengkel motor, Anda suka fashion? Anda bisa membuka bisnis pakaian dirumah. Intinya bisnis rumahan yang Anda akan ambil sebaiknya memang sebuah jenis peluang bisnis yang Anda sukai dan diminati.

Manajemen Modal dan Biaya Operasional

Jangan sekali-kali meremehkan pengaturan manajemen keuangan dalam bisnis rumahan ya? terkadang orang terlalu terlena dengan hal yang satu ini. Karena bisnis yang dilakukan dirumah maka terkadang keuangan perusahaan Anda tersebut menjadi campur aduk dengan keuangan rumah tangga Anda.

Jadi tipsnya yang kedua ini adalah pisahkan dan atur secara profesional arus kas keluar masuk, baik modal dan biaya operasional dari sebuah bisnis yang dilakukan dirumah.

Jangan sekali-kali menggampangkan/meremehkan karena bisa menjadi susah di kemudian hari nantinya. Apalagi jika modal tersebut bukanlah modal Anda sendiri atau bisa dibilang dari investor atau joinan Anda dan partner bisnis Anda. Jadi harus ekstra teliti dan hati-hati.

Baca : Jurus Jitu Untuk Menjadi Orang Sukses Tahun Ini

Strategi Promosi Marketing Bisnis Rumahan

Untuk masalah promosi sebuah bisnis rumahan tidak tergantung apakah dilakukan dari rumah atau bukan, promosi atau marketing sangatlah diperlukan. Harapan untuk produk kita dibeli atau dipakai oleh banyak konsumen jelas merupakan target dari sebuah bisnis usaha.

Untuk bisnis yang dijalankan dirumah Anda bisa melakukan marketing melalui media offline dan online tergantung apa saja model bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Media massa seperti iklan baris koran dan majalah lokal akan cukup membantu selain dari media online seperti media sosial dan iklan online lainnya.

Berikan nilai tambah yang menarik dalam mempromosikan bisnis Anda, sertakan bonus-bonus yang memungkinkan diterapkan ke bisnis Anda dan sebarkan di dalam promosi Anda tersebut.

Baca : Inilah Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Jaga Komunikasi Dengan Calon Konsumen

Untuk yang satu ini sangat penting juga yang harus Anda terapkan, mengingat konsumen adalah sumber dari dana keuangan/penghasilan Anda maka Anda harus menjaga komunikasi supaya berjalan dengan baik dan lancar dengan mereka.

Karena bisnis usaha Anda adalah bisnis rumahan maka jelas konsumen akan mengetahui alamat tempat dari bisnis tersebut, jadi jangan sampai membuat komunikasi yang akan membuat konsumen tidak tertarik dengan layanan Anda.

Mungkin produk Anda disukai oleh mereka, tapi ketika komunikasi Anda kurang baik dengan calon konsumen maka mereka bisa tidak jadi membeli produk Anda. Jadi berhati-hatilah dan tetap menjaga silahturahmi dengan para calon konsumen Anda.

Itulah sedikit tips dan strategi dalam menjalankan bisnis rumahan yang bisa kita jadikan referensi, semoga bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang sedang dan ingin memulai sebuah bisnis dan usaha yang dilakukan dari rumah. Terimakasih

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda