Tips Investasi Saham Menguntungkan

Ilustrasi- Tips Investasi Saham yang Menguntungkan

Ilustrasi- Tips Investasi Saham yang Menguntungkan

Merupakan salah satu instrumen investasi yang tergolong baru, saham di Indonesia telah berkembang dengan cepat dibandingkan jenis investasi lainnya. Menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, saham dipercaya sebagai salah satu instrumen investasi yang memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Melalui investasi saham, peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dalam tempo waktu yang sangat singkat terbuka lebar.  Kunci investasi saham menguntungkan yaitu wajib menguasai strategi trading sehingga dapat memprediksi harga pasar saham.

Baca juga:  4 Cara Investasi Uang di Reksadana

Sebaiknya Anda memahami teknik bermain saham juga bagaimana melakukan analisa pasar. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya yang terangkum dalam 5 tips investasi saham menguntungka

1 #  Menghindari  pembelian hanya pada salah satu jenis saham

Hal ini dipicu dengan pertimbangan jika kondisi harga pasar saham turun. Jika Anda menempatkan seluruh dana pada saham yang sama, akibatnya resiko kerugiannya akan lebih besar. Agar investasi saham menguntungkan, sebaiknya Anda memilih 2-3 tiga jenis saham saja  lalu sama ratakan dana Anda pada masing-masing saham. Pilihlah saham yang memiliki siklus trend ke arah positif yaitu kondisi di mana marketnya mengalami kenaikan.

2 # Periksa likuiditas saham perusahaan yang akan dibeli

Sebaiknya periksalah likuiditas perusahaan yang sahamnya akan Anda beli sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi dengan membeli saham tertentu

3 # Selektif dalam Memilih Perusahaan Sekuritas atau Broker

Banyaknya pilihan perusahaan sekuritas membuat Anda harus lebih selektif. Pastikan saham yang Anda beli terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga ini bertanggungjawab atas kelegalan dan keabsahan perusahaan tersebut.

Sebaiknya Anda harus selektif dalam memilih perusahaan sekuritas. Memastikan saham yang Anda beli sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan hal yang penting dilakukan. Selain itu memeriksa likuiditas perusahaan broker sebagai Perantara Pedagang Efek atau  Penjamin Emisi Efek juga jangan sampai terlewatkan.

4 #  Depositkan modal Anda

Sesudah Anda memilih beberapa perusahaan sekuritas, selanjutnya tentukanlah berapa besar modal yang akan Anda investasikan. Agar investasi saham menguntungkan, sisihkanlah dana untuk keperluan modal awal, biarkan dana tersebut terus berkembang sejalan dengan keuntungan yang dihasilkan.

5 # Memilih metode trading yang sesuai

Proses jual beli saham dapat dilakukan lewat 2 cara, yaitu trading menggunakan jasa konsultan dan trading melalui perusahaan sekuritas secara online. Dengan jasa sales broker, Anda dapat melakukan transaksi saham via telepon untuk berkomunikasi dengan sales broker sedangkan online trading dapat dilakukan dengan sebuah aplikasi software yang diberikan oleh broker sebagai fasilitas trading Anda. Dengan PC, smartphone atau laptop pribadi yang tersambung internet, Anda sudah dapat melakukan online trading.

Demikianlah ulasan mengenai 5 tips investasi saham menguntungkan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menginspirasi Anda. Salam sukses.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda