Tips Jitu Buat Blog WordPress Bagian 1

Tips Jitu Buat Blog WordPress Bagian 1

Tips Jitu Buat Blog WordPress Bagian 1

Apakah Anda memulai blog WordPress di tahun 2017 ini ? Saya ucapkan Selamat ! Anda memulai perjalanan baru berbagi kata-kata kepada dunia. Perjalanan baru juga untuk belajar membuat blog dan dengan sukses tentunya.

Berikut beberapa tips sederhana membuat blog WordPress yang akan menjadikan Anda lebih kuat untuk memulainya :

1# Konsisten, dan Seringlah Ngeblog

Memang benar adanya, saat Anda memulai buat blog akan terasa begitu sulit mengikuti irama produksinya. Tapi walau bagaimanapun jika Anda bisa mengalokasikan jadwal rutin untuk blogging maka dipastikan itu semua lambat laun akan menjadi kebiasaan, kebiasaan yang menyenangkan malah. Di awal blogging, mungkin bisa dilakukan dua kali setiap minggu, kemudian akan terus bertambah seirama dengan kenyamanan Anda.

Cobalah luangkan waktu untuk membuat rencana, apa yang akan Anda unggah dalam satu waktu tertentu, dalam satu bulan mungkin awal yang baik. Gunakan Editorial Calendar, alat ini akan membimbing Anda untuk selalu berada pada jalur yang tepat dan bantu Anda mengatur topik topik yang  akan dibuat.

2# Buat Analisa Kata Kunci yang Sering Dicari

Kalau Anda perhatikan, sebagian besar orang akan blogging tentang segala macam topik dan apapun yang diharapkan mampu menarik perhatian orang. Tapi pada kenyataannya, jika tanpa menggunakan pemilihan konten dan strategi , layaknya Anda melemparkan sesuatu ke dinding dan berharap ada yang menempel di sana.

Pakar blogging pun sudah banyak yang bilang, untuk mendapatkan orang yang tepat untuk mengikuti blog Anda, lakukan penelitian kata kunci terlebih dahulu.

Penelitian atau analisa kata kunci ini akan memberikan Anda kesempatan fokus pada topik yang paling sering dicari orang di Google atau mesin pencari lainnya. alat seperti Yoast Suggest dan Google Trends tidak hanya akan membantu Anda mencari kata kunci, tapi tentu juga membuka peluang lebih besar untuk berada di urutan teratas trending di bidang yang Anda.

3# Permudah Pembaca Membagikan Artikel Anda

Membuat pembaca menyukai artikel Anda tentu buat Anda begitu bersemangat, tapi blogging tidak berhenti disitu, Anda harus membuatnya mudah untuk dibagikan oleh  siapapun yang membacanya. Letakkan suatu tombol pada blog yang dapat dengan mudah membagikannya ke media sosial adalah cara yang tepat. Pada WordPress, gunakan modul Jetpack’s Sosial Sharing atau bisa juga plugin seperti MashShare.

4# Pastikan Blog Mudah Dijelajah

Gunakan struktur navigasi yang sederhana, sehingga pendatang dapat mudah “berkeliling” blog Anda, tanpa perlu banyak berpikir atau bahkan mengingat tombol mana yang harus ditekan. Jadi, hindari bagian sub yang terlalu banyak pada menu dan pastikan mudah masuk kembali ke halaman muka.

Baca Juga: Tips Menggunakan Gambar atau Foto pada Artikel Blog

5# Pakai Visualisasi Terbaik yang Mendukung Artikel

Blogging hanya dengan tulisan saja itu jauh dari cukup. Tamu blog Anda butuh sesuatu yang mampu menjaga daya magis konten Anda. Karena kenyataan mengatakan, gambar yang disertakan pada suatu konten menjadi daya jual yang bisa memutuskan apakah pendatang akan terus melanjutkan untuk membaca atau sekedar melihat judul artikel.

Memang tidak semua orang mempunyai talenta untuk membuat gambar yang baik. Dan bisa menghabiskan banyak uang juga jika membelinya. Berikut sumber gambar yang bisa Anda gunakan, ada banyak stok gambar di sana, dan Anda bebas juga mengedit dan menyebarluaskannya bahkan tanpa membubuhkan kredit di dalamnya.

6# Pastikan Punya Newsleter

Fasilitas ini merupakan salah satu cara cerdas untuk menjaga orang untuk tetap berhubungan dengan blog yang Anda buat. Kemudahan mendapatkan artikel atau konten melalui jalan ini juga menunjukkan bahwa Anda aktif memperhatikan keberadaan mereka. Newsletter juga berikan kecepatan sebar untuk setiap artikel baru Anda, tanpa menunggu seseorang harus mampir ke blog Anda.

About The Author

Reply

Pesan Anda